WISATA | 06 AUG 2023

10 Daftar Komunitas untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kreativitas di Surabaya

Apakah kamu mencari komunitas yang ada di Surabaya? Jangan khawatir, CakMin akan memberitahumu tentang berbagai komunitas yang ada di Ibu Kota Jawa Timur ini.


Mungkin terkadang kamu merasa bingung setelah menyelesaikan semua pekerjaan. Ingin bersantai saja, tetapi akhirnya merasa bosan. Ingin nongkrong dengan teman, tetapi khawatir uang terlalu banyak terpakai. Nah, jika kamu ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak menghabiskan banyak uang, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minatmu.


Inilah sebabnya mengapa kamu perlu mengetahui berbagai komunitas yang ada di Surabaya. Untuk kamu yang merasa bingung, kali ini CakMin akan memberikan rekomendasi komunitas yang mungkin cocok untukmu.



Komunitas di Surabaya (sumber: cnbc)


Apa Saja Komunitas di Surabaya yang Bisa Kamu Ikuti?

Berikut adalah rekomendasi dari 10 komunitas di Surabaya versi CakMin. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan hobi atau hal yang ingin kamu pelajari. Bacalah sampai akhir, siapa tahu ada komunitas yang selama ini kamu cari.


  1. Indorunners Surabaya

Lari bukan hanya sekadar olahraga atau hobi, tetapi juga telah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama bagi orang di perkotaan. Apakah kamu salah satu yang menyukai lari? Jika iya, maka Indorunners Surabaya adalah tempat yang tepat.


Komunitas ini merupakan cabang dari Indorunners yang berpusat di Jakarta. Di Surabaya, komunitas ini memiliki anggota yang cukup banyak. Dengan bergabung, kamu bisa menemukan banyak teman untuk berlari. Ini akan semakin memotivasimu untuk lebih aktif berolahraga.


  1. Freeletics Surabaya

Apakah kamu menyukai olahraga freeletics? Kamu bisa bergabung dengan komunitas ini. Freeletics Surabaya terdiri dari berbagai macam anggota, mulai dari pemula hingga ahli. Jadi, jika kamu masih pemula, jangan malu untuk tertarik menjadi bagian dari Freeletics Surabaya.



  1. KISMIS (Komunitas Seni & Musik Indie Surabaya)

KISMIS adalah singkatan dari Komunitas Seni & Musik Indie Surabaya. Komunitas ini berfokus pada dunia seni dan musik indie. Didirikan karena banyaknya peminta musik dan musisi musik indie di Surabaya, KISMIS menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang menyukai dan tertarik dengan dunia musik. Bergabung dengan KISMIS akan memberimu kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang musik indie dan menjalin hubungan dengan sesama pecinta musik.


  1. Fusion Jazz Community

Komunitas Fusion Jazz Community aktif dalam menyebarkan kecintaan terhadap musik jazz di Surabaya. Komunitas ini ingin mengenalkan lebih banyak anak muda tentang dunia musik, khususnya dalam genre jazz. Di kalangan pecinta musik muda, Fusion Jazz Community sudah cukup populer. Komunitas ini didirikan karena adanya kekurangan wadah belajar dan pengenalan mengenai fusion jazz, meskipun event-event jazz besar sudah mulai berkembang pesat di kota ini. Dengan terbentuknya Fusion Jazz Community, kini ada ruang bagi semua golongan untuk bergabung dan belajar lebih dalam tentang jazz.


  1. Shuffle Dance

Jika kamu tertarik dengan modern dance, Shuffle Dance bisa menjadi pilihan komunitas untukmu. Komunitas ini merupakan kelompok modern dance di Indonesia yang telah memiliki banyak anggota dari berbagai usia, mulai dari senior hingga junior. Biasanya, komunitas ini sering mengadakan pertemuan dan latihan setiap akhir pekan. Bergabung dengan Shuffle Dance akan memberimu kesempatan untuk belajar gerakan-gerakan modern dance yang kreatif dan dinamis, serta bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa.


  1. KARSA (Komunitas Arek Surabaya)

KARSA merupakan singkatan dari Komunitas Arek Surabaya, sebuah wadah kreatif yang diisi oleh anak muda aktif di bidang sosial. Komunitas ini didirikan pada tahun 2015 dengan tujuan membangun wadah kreatif untuk para anak muda di Surabaya. KARSA bukan hanya sebuah komunitas, melainkan juga menjadi tempat berkumpulnya generasi millennial yang peduli dengan aksi amal dan membantu sesama dengan membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan.


Dalam KARSA, terdapat banyak kegiatan yang diisi oleh para anak muda, seperti menggelar aksi amal, kegiatan sosial, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Bergabung dengan KARSA akan memberikan kesempatan untuk berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.


  1. Tangan di Atas (TDA)

TDA adalah komunitas yang terdiri dari para wirausaha muda dan individu yang tertarik dalam dunia kewirausahaan. Komunitas ini tidak hanya ada di Surabaya, tetapi juga tersebar di berbagai kota di Indonesia. TDA memiliki misi yang jelas, yaitu menumbuhkan semangat kewirausahaan, membentuk pengusaha yang tangguh, menciptakan sinergi antar anggota dengan prinsip high trust community, serta menumbuhkan jiwa sosial dan menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.


Bergabung dengan TDA akan memberikan kesempatan untuk belajar dari sesama wirausaha muda, berbagi pengalaman, dan memperluas jejaring bisnis. Dalam komunitas ini, kamu akan menemukan inspirasi dan dukungan untuk berkembang dalam dunia kewirausahaan.


  1. Surabaya Hash House Harriers (SH3)

Komunitas lari pertama yang pantas disebut adalah Surabaya Hash House Harriers (SH3). SH3 telah berdiri sejak tahun 1984 dan merupakan bagian dari komunitas lari internasional yang dikenal dengan nama Hash House Harriers. Aktivitas lari dilakukan biasanya pada sore atau malam hari, dengan rute yang beragam seperti jalan aspal, jalan setapak, hutan, atau area terbuka lainnya.


Tak hanya sekadar lari, SH3 juga sering mengadakan kegiatan sosial dan aktivitas positif lainnya. Kegiatan ini dijadwalkan pada akhir pekan atau saat liburan panjang. Bergabung dengan SH3 akan memberikan kesempatan bagi para anggota untuk berolahraga sambil menjalin persahabatan yang erat dengan sesama pecinta lari.


  1. Surabaya Running Club (SRC)

Surabaya Running Club (SRC) adalah komunitas lari yang berdiri sejak tahun 2014 dan didirikan oleh sekelompok pecinta lari di Surabaya dan sekitarnya. Moto mereka adalah "Run Together, Fun Together," yang menekankan pada semangat kebersamaan dan kebahagiaan saat berlari bersama.


Komunitas SRC rutin mengadakan berbagai kegiatan seperti latihan rutin, fun run, charity run, dan lomba lari. SRC juga menyediakan program pelatihan khusus bagi para pelari yang ingin meningkatkan kemampuan dan kinerja mereka dalam lari.


  1. Kumpulan Lari Pagi Surabaya (KLPS)

Komunitas lari selanjutnya yang patut diperhatikan adalah Kumpulan Lari Pagi Surabaya (KLPS). KLPS didirikan oleh para pecinta lari pada tahun 2010 dengan tujuan menjadi wadah bagi para pecinta lari untuk meningkatkan kemampuan dan performa mereka.


Setiap minggu, KLPS mengadakan berbagai kegiatan lari dengan berbagai rute, mulai dari 5 km hingga 21 km. Selain kegiatan lari rutin, KLPS juga mengadakan lari amal, kampanye gaya hidup sehat, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan olahraga lari.


Dari Komunitas di Surabaya di atas mana nih yang jadi pilihanmu? Sekarang waktunya kamu kunjungi social media atau website komunitas yang kamu pilih untuk informasi lebih lanjut. Ikuti kegiatannya. Dengan mengikuti komunitas di atas, dijamin deh kamu gak akan menemukan rasa bosan.


Setelah berkomunitas, Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya sebagai tanda terima kasih kepada teman-teman komunitasmu. Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Surabaya adalah Lapis Kukus Pahlawan. Kue ini memiliki rasa yang manis dan lembut. Lapis Kukus Pahlawan bisa dibeli di toko-toko kue yang ada di Surabaya.


Lapis Kukus Pahlawan Surabaya dapat ditemukan di beberapa tempat di Surabaya, termasuk restoran dan toko online seperti Tokopedia dan Shopee. Banyak orang yang merekomendasikan Lapis Kukus Pahlawan sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang patut dicoba.