WISATA | 24 AUG 2021

10 Fakta Unik Surabaya Yang Perlu Kamu Tahu, Kepo Nggak?

Kota Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kamu berada di Jawa Timur. Ibukota provinsi ini memiliki beragam pesona mulai dari sejarah perjuangan hingga pemandangan pesisir laut yang indah. Surabaya juga menjadi surga belanja karena deretan mal dan pertokoan ternama yang siap menyambut wisatawan.

Nah, ternyata kota ini  juga memiliki deretan fakta unik Surabaya yang menakjubkan, lho. Apa saja fakta uniknya?

1. Menggelar banyak festival setiap tahunnya

Menyadari potensi besar wisatanya, Surabaya kerap menggelar banyak festival di setiap tahunnya. Ini menjadi fakta unik Surabaya yang menarik perhatian siapapun yang berada di Surabaya baik pengunjung maupun warga lokal.

Salah satu festival besar yang diadakan di Surabaya adalah Festival Rujak Cingur Terbesar Se-Indonesia.

2. Menjelang 10 November, selalu ada teatrikal perjuangan yang menggugah jiwa

arek-arek suroboyo memainkan teatrikal perjuangan di jalanan
Parade Juang (Sumber: Liputan6 Surabaya)

10 November menjadi hari yang bersejarah bagi arek-arek Suroboyo karena merupakan momen ketika warga Surabaya berhasil mengusir pergi para penjajah. Nah, pemerintah Surabaya ingin menjaga semangat ini agar terus berada di hati warganya, sehingga Surabaya pasti mengadakan teatrikal perjuangan 10 November.

Perayaan ini berupa arak-arakan perjuangan mulai dari satu titik hingga titik lainnya, umumnya mulai dari Tugu Pahlawan. Ini adalah momen yang tidak boleh kamu lewatkan!

3. Surga kuliner tradisional

Jika kamu pecinta kuliner, maka kamu pasti suka berada di Surabaya. Kamu bisa menikmati mulai dari rujak cingur, pecel semanggi, lontong balap, dan sebagainya. Harganya? Mulai dari kaki lima hingga bintang lima, kamu bisa memilih sesuai dengan budget kamu.

4. Suramadu menjadi jembatan terpanjang se-Indonesia

jembatan suramadu merupakan jembatan terpanjang se-Indonesia
Jembatan Suramadu (Sumber: Pesona Travel)

Ini bukan Golden Gate San Francisco, ya! Tapi Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Ini adalah jembatan terpanjang se-Indonesia dan merupakan kebanggan bagi warga Surabaya dan Madura. Jembatan ini bisa mempercepat mobilitas warga Madura yang kerap merantau ke Surabaya dan sebaliknya.

Saat malam hari, kamu wajib untuk berfoto di pantai sekitar Suramadu karena menawarkan view yang luar biasa!

5. Merebut banyak penghargaan termasuk kota terpopuler

Pada tahun 2018, Surabaya berhasil meraih penghargaan kota terpopuler yang diadakan oleh Guangzhou International Award 2018! Tidak tanggung-tanggung Surabaya mengalahkan lawan terberat seperti Yiwu di China dan Santa Fe di Argentina. Selain itu, Surabaya juga mendapatkan banyak penghargaan seperti Ideks Kota Cerdas Indonesia 2018, Adipura Kencana, dan masih banyak lagi.

6. Ada puluhan taman tersebar di seluruh kota yang Instagramable

Jika kamu menganggap bahwa Surabaya merupakan kota yang gersang dan panas, maka kamu perlu mengunjungi puluhan taman yang tersebar. Mulai dari Taman Lansia, Lalu Lintas, hingga Taman Bungkul yang memperoleh penghargaan The 2013 Asian Townscape Award sebagai taman terbaik se-Asia.

7. Keliling kota dengan Bus Suroboyo hanya dengan membayar botol sampah

suroboyo bus warna merah di depan kantor pemerintah kota surabaya
Suroboyo Bus (Sumber: Liputan6 Surabaya)

Kendaraan umum menjadi salah satu solusi mengatasi global warming, oleh karena itu Surabaya juga menawarkan Bus Suroboyo dengan rute tertentu. Uniknya, kamu hanya bisa membayar Bus Suroboyo dengan sampah botol plastik, lho. Selain itu kamu juga bisa mengetahui posisi Bus Suroboyo melalui aplikasi terkini yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

8. Jangan kaget bila mendengar kata “Jancuk” dengan keras, ya!

Ya, warga Surabaya termahsyur dengan peringai keras dan omongan kasar. Tapi tahukah kamu bahwa kata-kata “Jancuk” yang dianggap kasar merupakan sapaan akrab dan memiliki makna kekeluargaan? Warga Surabaya memiliki sifat saling tolong menolong dan menunjang keakraban yang tinggi, jadi jangan heran bila kamu mendengar kata tersebut, maka sebenarnya mereka menunjukkan keakraban!

9. Ada bola-bola di samping jalan yang berfungsi sebagai pengaman kecelakaan, lho!

Kalau kamu mampir ke Jalan Tunjungan, jangan heran bila kamu melihat banyak bola-bola raksasa di pinggir trotoar. Tahukah kamu bila bola-bola tersebut memiliki fungsi penyelamatan? Ya, menurut pidato Walikota Tri Rismaharini ternyata bola-bola itu berfungsi sebagai perlindungan dari kendaraan bermotor yang oleng atau masuk ke trotoar sehingga tidak sampai menyeruduk ke dalam trotoar. Ini menjadi salah satu fakta unik Surabaya yang lain!

10. Animasi Battle of Surabaya ternyata hasil karya arek Suroboyo!

poster animasi battle of surabaya
Animasi Battle of Surabaya (Sumber: Good News From Indonesia)

Siapa sangka animasi dengan kualitas studio Jepang ini merupakan karya pemuda Surabaya, lho! Film ini sudah memenangkan puluhan penghargaan bergengsi seperti Most People’s Choice Award di International Movie Trailer Festival, Best Animation di Hollywood International Motion Pictures Film Festival 2018, dan masih banyak lagi. Film ini sudah didistribusikan hingga mancanegara oleh Walt Disney Studios Motion Picture, lho. Benar-benar fakta unik Surabaya yang menggemparkan dunia internasional, ya!

Itulah 10 fakta unik Surabaya yang pasti membuatmu semakin kepo dengan Surabaya. Mampirlah, dan kamu akan merasakan langsung atmosfer kreativitas serta keramahan warga Surabaya dengan kuliner maupun budayanya. Jangan lupa mampir ke toko resmi Lapis Kukus Pahlawan sebagai bekal oleh-oleh saat kembali ke kampung halaman nanti. Sampai jumpa di Surabaya!