WISATA | 11 SEP 2022

10 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Anda

Sumber: Discover Magazine

Bangun lebih awal di pagi hari memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tidak hanya secara fisik, tapi juga mental. Sayangnya, tidak semua orang bisa bangun pagi.

Baca juga: 6 Wisata Surabaya Seperti Jepang yang Sebaiknya Tak Dilewatkan 

Apakah Anda salah satunya? Jika demikian, Anda wajib tahu berbagai manfaat bangun pagi untuk kesehatan. Simak sampai akhir ya!

Pola makan jadi lebih sehat

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungan antara pola makan sehat dan bangun pagi. Sebetulnya sederhana. Jika bangun pagi, Anda punya waktu untuk menyiapkan makanan Anda sendiri dan bisa memilih menu yang sehat. Sementara jika Anda bangun siang, Anda cenderung terburu-buru dan memilih makanan cepat saji yang tidak sehat.

Konsentrasi jadi lebih baik

Memulai hari lebih awal artinya Anda punya cukup waktu untuk fokus pada hal-hal yang ingin Anda capai pada hari itu. Anda bisa menyusun prioritas Anda, sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan. Apalagi suasana di pagi hari masih begitu tenang, jadi Anda bisa mendahulukan pekerjaan yang lebih penting.

Membuat Anda lebih aktif dan berenergi

Bangun pagi juga membuat Anda lebih aktif bergerak dan berenergi sepanjang hari. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2010, seseorang yang bangun pagi lebih proaktif dan memiliki keterampilan problem-solving yang baik.

Menjaga kecantikan kulit

Tidur larut malam bisa memicu munculnya tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, kantung mata pun akan membesar, serta wajah akan terlihat pucat dan lelah.

Jika Anda tidur cukup, kesehatan dan kecantikan kulit pun akan terjaga. Selama Anda tidur, kulit akan beregenerasi, menghasilkan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Punya lebih banyak waktu berolahraga

Olahraga adalah cara terbaik menjaga kebugaran dan kesehatan fisik. Namun jika Anda punya aktivitas padat sepanjang hari, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Sebelum memulai aktivitas, Anda bisa olahraga kecil seperti jalan-jalan, lari, atau yoga.

Ada waktu untuk sarapan

Sebaiknya Anda tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Apabila Anda bangun lebih awal di pagi hari, akan ada cukup waktu untuk menyiapkan sarapan sehat seperti roti panggang, telur, atau sayur.

Sarapan sehat di pagi hari membantu Anda punya tenaga lebih saat beraktivitas dan mencegah makan berlebihan di siang hari nanti. Hal ini mengurangi risiko kelebihan berat badan dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

Kualitas tidur lebih baik

Jika Anda bangun pagi, maka Anda juga harus tidur lebih awal. Pola tidur yang seperti ini dapat meningkatkan kualitas Anda, sehingga Anda bisa lebih segar di pagi hari. Tidur cukup selama 7-8 jam sehari punya banyak manfaat kesehatan seperti memperbaiki tekanan datang dan sistem imun, meningkatkan kerja otak, serta memberi waktu pada sel-sel di dalam tubuh untuk melakukan regenerasi.

Memperbaiki suasana hati

Sebuah penelitian yang dimuat di Cognitive Therapy and Research tahun 2014 menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal punya pikiran yang lebih positif dibandingkan mereka yang begadang sampai larut malam.

Dengan demikian, suasana hati mereka pun jauh lebih baik serta terhindar dari risiko kecemasan serta depresi.

Mengurangi stress

Bangun lebih pagi artinya punya lebih banyak waktu, termasuk untuk menyelesaikan semua pekerjaan lebih awal. Hal ini memberikan Anda ketenangan dan mencegah stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

Menjadikan Anda lebih produktif

Bangun pagi turut meningkatkan produktivitas Anda. Bayangkan saja, sebelum Anda mulai bekerja Anda sudah melakukan banyak aktivitas mulai dari olahraga sampai menyiapkan sarapan. Menjadi produktif dapat meningkatkan mood dan membuat Anda lebih bahagia.