WISATA | 14 MAR 2023

10 Permainan Tradisional yang Dapat Dimainkan untuk Menunggu Buka Puasa

Bagi Kamu yang lahir di dekade 1990 hingga 2000-an awal, mungkin punya kenangan tersendiri dengan permainan tradisional seperti CakMin, saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.


Ketika sedang menunggu buka puasa, dulu CakMin dan teman-teman biasa memainkan beberapa permainan tradisional untuk menghilangkan kebosanan. Hitung-hitung ngabuburit gratis karena tidak perlu keluar biaya untuk jalan-jalan.


Permainan Tradisional Surabaya (sumber: goodnewsfromindonesia.id)


Apalagi saat dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Mungkin bernostalgia dengan memainkan berbagai permainan tradisional bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu saat sedang di rumah saja.


CakMin ingat, saat itu hampir di tiap halaman rumah, di teras tetangga, atau area bermain terbuka lainnya. Banyak sekali anak-anak yang dengan serunya memainkan sejumlah permainan tradisional seperti ludo, bola bekel, congklak, monopoli, ular tangga, atau permainan-permainan lainnya.


Kala itu tanpa perlu beli pulsa atau kuota internet anak-anak bisa tertawa, bersenda gurau bersama kawan-kawannya. Namun, sekarang ini, bisa dibilang permainan tradisional anak-anak tinggal kenangan. Hanya sedikit anak-anak yang masih bertahan memainkannya.


Munculnya beragam permainan modern seperti video game atau aplikasi berbasis ponsel pintar, telah mengubah semua kondisi tersebut. Persahabatan dan keseruan yang dulu dilakukan dengan bertatap muka atau berinteraksi langsung, bergeser ke dalam interaksi yang menggunakan sosial media.


Nah, untuk mengenang momen-momen indah saat masih kecil dulu. CakMin akan mengajak Kamu bernostalgia mengingat beberapa permainan tradisional yang dulu menjadi aktivitas anak-anak kala menunggu berbuka puasa.


Permainan Tradisional Surabaya (sumber: kompasiana)


Permainan Tradisional Surabaya yang Cocok untuk Menunggu Buka Puasa

Ada beberapa permainan tradisional yang cocok untuk dimainkan sambil menunggu waktu berbuka puasa, di antaranya:


  1. Congklak

Permainan yang dimainkan dengan sebuah papan dan biji-bijian kecil ini sangat cocok dimainkan saat menunggu waktu berbuka puasa. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan menghitung.


  1. Egrang

Egrang adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan alat berupa kayu yang diikatkan pada kaki pemain. Pemain kemudian berjalan atau melompat menggunakan alat tersebut, yang membantu pemain melangkah lebih tinggi.


  1. Gobak Sodor

Gobak Sodor adalah permainan yang dimainkan dengan dua kelompok pemain. Setiap kelompok berusaha menangkap pemain dari kelompok lawan dengan menggunakan bola. Pemain yang berhasil ditangkap akan bergabung dengan kelompok penangkap.


  1. Congklak

Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan papan berlubang dan biji-bijian kecil. Pemain harus memindahkan biji-bijian ke lubang yang berlawanan, dan mencoba untuk mengambil biji-bijian lawan.


  1. Dakon

Dakon adalah permainan tradisional yang juga dimainkan dengan papan berlubang dan biji-bijian kecil. Pemain harus memindahkan biji-bijian ke lubang yang berlawanan, dan mencoba untuk mengambil biji-bijian lawan.


  1. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan dua kelompok pemain. Setiap kelompok memiliki tugas untuk menemukan dan menangkap anggota kelompok lawan yang bersembunyi.


  1. Bakiak

Bakiak adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan alas kayu berpaku-paku dan tali sebagai penahan kaki. Pemain harus berjalan dengan alat tersebut di kaki, dan mencoba untuk menghindari paku-paku yang tajam.


  1. Bola Bekel

Permainan tradisional yang dimainkan dengan bola kecil ini juga sangat cocok dimainkan saat menunggu waktu berbuka puasa. Selain dapat membantu melatih keterampilan memainkan bola, permainan ini juga dapat membuat waktu menunggu terasa lebih cepat.


  1. Mainan Layang-Layang

Merakit dan memainkan layang-layang merupakan kegiatan yang seru dan bisa dimainkan di sore hari menjelang buka puasa. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membantu menghilangkan stres dan memberikan rasa kesenangan.


  1. Papan Seluncur

Permainan tradisional yang biasanya dimainkan di sawah ini bisa jadi pilihan lain saat menunggu waktu berbuka puasa. Caranya cukup mudah, yaitu peserta berlomba-lomba untuk berlari dan meluncur di atas papan kayu yang dilumuri sabun. Permainan ini bisa menjadi alternatif olahraga ringan dan juga membuat waktu menunggu terasa lebih cepat.