WISATA | 12 OCT 2023

10 Tempat Belanja Oleh-Oleh Surabaya Terkenal Lengkap dan Murah!

Tak lengkap rasanya bila tak membeli oleh-oleh saat berwisata. Hal itu juga berlaku kala kamu berwisata ke Surabaya. Surabaya sendiri punya sejumlah oleh-oleh khas yang bisa dibeli dari sejumlah tempat oleh-oleh di sana.



Toko Oleh - Oleh Surabaya (sumber: liputan6)


Kalau kamu mau beli oleh-oleh saat di Surabaya nanti, 10 tempat oleh-oleh di bawah ini sangat layak kamu kunjungi. Yuk, langsung saja simak rekomendasi tempat oleh-oleh khas kota pahlawan dari Keluyuran berikut ini.


  1. Toko Oleh-Oleh Panen Raya Surabaya

Ini adalah salah satu toko oleh-oleh yang ternama di Surabaya. Toko yang berada di Jalan Genteng Besar No. 77 A cocok untukmu yang ingin membeli banyak oleh-oleh khas Surabaya.


Mulai makanan ringan hingga yang berat, semua kamu beli di toko satu ini. Bahkan, di sini juga tersedia oleh-oleh khas daerah lain, seperti Banyuwangi, Madiun, Sidoarjo, dan juga Jogjakarta.


  1. Toko Bhek Putra

Ini adalah toko oleh-oleh lainnya yang ada di kota Surabaya. Sama seperti toko Panen Raya, toko ini juga menyediakan banyak varian oleh-oleh khas Surabaya. Di antara sejumlah oleh-oleh yang ada, para wisatawan biasanya membeli penganan ringan di sini sebagai buah tangan yang dibawa mereka nanti. Dodol, keripik, ikan asin, bahkan hingga terasi; tersedia di sini dan bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh nanti.


Menariknya, di sini kamu boleh mencoba dulu makanannya, sebelum anti kamu hendak membelinya. Hal ini berlaku bila kamu membeli oleh-oleh asli buatan toko ini. Misalnya: lorjuk goreng, kerupuk udang, dan kerupuk kulit. Bila makanan-makanan tersebut dirasa tidak enak, kamu diperbolehkan untuk mengembalikan atau tidak membeli makanan-makanan itu sama sekali.


Tertarik untuk  ke sini? Datang saja ke Jalan Genteng Besar No. 75, Surabaya!


  1. Toko Wisata Rasa

Berbeda dengan dua toko sebelumnya, toko ini punya satu oleh-oleh Surabaya yang menjadi gacoan mereka: Almond Crispy Cheese. Oleh-oleh tersebut merupakan makanan yang hits di Surabaya yang bentuknya tipis, renyah, dan punya perpaduan keju-almond yang lezat.


Toko Wisata Rasa letaknya ada di Jalan Raya Jemursari No. 164, Surabaya. Untuk membeli sekotak Almond Crispy Cheese di sini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sedalam 45 ribu rupiah saja. Lumayan terjangkau, bukan?


  1. Pasar Turi

Kalau tempat oleh-oleh satu ini dikenal sebagai salah satu pasar terkenal di Surabaya. Pasar yang ada di Jalan Pasar Turi ini dikenal sebagai pasar yang punya barang-barang murah di dalamnya. ini tentu cocok sekali buat kamu yang ingin beli oleh-oleh murah dari kota Surabaya.


Terdapat tiga lantai utama di pasar ini. Akan tetapi, kalau kamu membeli oleh-oleh di sini, sebaiknya kamu menyambangi lantai 1 dan 2 saja. Di lantai pertama, kamu bisa menemukan dan membeli sejumlah makanan serta minuman khas Surabaya.


Sementara itu, kamu bisa menemukan pelbagai jenis produk perkantoran, garmen, dan pakaian, bila kamu menyambangi lantai kedua pasar ini. Lantai ini sangat cocok buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh selain makanan di Surabaya.


  1. Pasar Atom

Jika Kamu mencari tempat oleh-oleh di Surabaya yang menawarkan berbagai barang murah, maka Pasar Atom adalah tempat yang tepat. Pasar ini terkenal dengan harga terjangkau dan beragam produknya.


Kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh mulai dari pakaian, aksesoris, mainan, hingga oleh-oleh makanan. Banyak pengunjung yang memilih untuk berbelanja oleh-oleh di Pasar Atom karena harganya yang bersaing dan banyak variasi produk yang ditawarkan.


Selain oleh-oleh, Kamu juga bisa menjelajahi lantai-lantai lainnya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau sekadar mencari barang unik lainnya.


  1. Jembatan Merah Plaza

Jembatan Merah Plaza adalah pusat perbelanjaan yang terletak di tengah kota Surabaya. Selain menjadi tempat berbelanja pakaian dan barang-barang lainnya, Jembatan Merah Plaza juga merupakan tempat yang bagus untuk mencari oleh-oleh khas Surabaya.


Kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh makanan, seperti keripik, makanan kering, dan camilan khas Surabaya lainnya di beberapa toko di dalam plaza. Selain itu, Kamu juga dapat mencari oleh-oleh berupa kerajinan tangan dan souvenir yang unik.


  1. Pasar Genteng Baru Surabaya

Mirip dengan Pasar Turi yang terkenal, Pasar Genteng Baru juga merupakan salah satu destinasi belanja oleh-oleh terkemuka di Surabaya. Seperti Pasar Turi, pasar ini menghadirkan beragam oleh-oleh khas Surabaya, terutama dalam hal makanan dan minuman.


Namun, yang membedakan Pasar Genteng Baru adalah kemampuannya untuk menampilkan oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Jawa Timur, selain dari Surabaya tentunya. Keistimewaan lainnya adalah pengunjung bisa mencicipi langsung beberapa oleh-oleh yang ditawarkan di area pasar ini, menjadikannya pengalaman berbelanja yang lebih berkesan.


  1. Toko oleh-oleh di Bandara Juanda

Jika Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja oleh-oleh di pusat kota, Kamu juga dapat mencari oleh-oleh di Bandara Juanda. Bandara ini memiliki beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai produk khas Surabaya.


Kamu dapat membeli oleh-oleh makanan seperti keripik, permen, dan makanan kering di toko-toko di bandara. Selain itu, Kamu juga dapat mencari souvenir dan produk-produk lain yang menggambarkan budaya Surabaya.


  1. Toko oleh-oleh di Stasiun Kereta Surabaya

Bagi Kamu yang ingin membeli oleh-oleh saat meninggalkan Surabaya, Kamu dapat mencari toko oleh-oleh di Stasiun Kereta Surabaya. Stasiun kereta ini memiliki beberapa toko yang menjual oleh-oleh khas Surabaya.


Kamu dapat membeli oleh-oleh makanan seperti keripik, lapis legit, dan camilan khas Surabaya di toko-toko ini. Ini adalah pilihan yang nyaman jika Kamu tidak memiliki waktu untuk berbelanja oleh-oleh di tempat lain.


  1. Lapis Kukus Pahlawan Surabaya

Jika Kamu berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk membeli Lapis Kukus Pahlawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.  Lapis Kukus Pahlawan adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling populer. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan halus, dengan berbagai macam varian rasa, seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan durian.


Lapis Kukus Pahlawan memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Lapis kukus ini juga tahan lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa membeli lapis kukus dalam jumlah yang cukup untuk dibagikan kepada teman atau keluarga. Selain Lapis Kukus Pahlawan, di toko ini Kamu juga dapat menemukan oleh oleh khas Surabaya lainnya loh rek seperti keripik, bolu, sambal dan masih banyak lainnya.


Dengan banyaknya pilihan tempat oleh-oleh di Surabaya, Kamu dapat dengan mudah menemukan oleh-oleh khas yang sesuai dengan selera dan anggaranmu. Jadi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh saat Kamu berkunjung ke kota pahlawan ini!