WISATA | 30 JUL 2021

4 Jajanan Pasar di Surabaya yang Legendaris Ini Wajib untuk Dicoba!

Jajanan pasar di Surabaya – Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik, Surabaya juga memiliki berbagai jenis makanan serta jajanan enak yang layak dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari jajanan manis, asin dan gurih semuanya bisa kamu temukan bahkan ketika mampir di Pasar sekalipun

Penasaran seperti apa menariknya jajanan pasar yang layak untuk kamu coba? Berikut 4 jajanan pasar di Surabaya yang terkenal dan paling legendaris yang bisa menjadi salah satu referensi untuk berwisata kuliner kali ini. Dijamin enak!

Kompyang

jajanan pasar di surabaya

Kompia atau kompyang merupakan salah satu jajanan pasar di Surabaya yang paling legendaris dengan bentuk bulat seperti roti penutup pada burger dan ditaburi biji wijen di atasnya. Kompyang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana yaitu tepung terigu, gula, garam, dan air.

Meskipun memiliki tekstur yang keras, jajanan satu ini dapat menjadi teman pelengkap yang pas saat kamu bersantai sambil menikmati teh hangat, susu, atau kopi.

Kue Bikang

Kue Bikang atau carabikang merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan bentuk bunga yang merekah beraneka warna. Kue Bikang menjadi jajanan pasar di Surabaya yang biasa disantap di pagi atau sore hari.

Salah satu penjual kue bikang yang terkenal bisa kamu temui di Jl Peneleh No.32-34, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya. Kue Bikang juga banyak kamu temukan saat berkelana di pasar-pasar tradisional Surabaya.

Lentho

jajanan pasar di surabaya
http://masakmasak.com

Lentho terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau. Di Surabaya, Lentho berukuran kecil sendiri selalu dijadikan sebagai salah satu racikan dari lontong balap. Bentuk lentho bulat memanjang menyerupai bentuk perkedel.

Namun, ada pula lentho yang berukuran besar. Lentho besar ini biasanya dijual di warung-warung dilengkapi dengan sambal petis atau dengan cabai. Bahkan, Lentho bisa digunakan sebagai lauk seperti halnya tempe.

Kue Tok

Kue Tok atau Kue Ku merupakan kue tradisional yang dipengaruhi oleh kuliner Tionghoa. Kue ini memiliki warna merah dengan bentuk oval menyerupai cangkang kura-kura. Kini banyak Kue Tok dengan berbagai bentuk seperti bentuk buah.

Kulit Kue Tok terbuat dari tepung ketan sedangkan isinya biasanya berupa kacang hijau atau ubi yang dicampur dengan gula. Kue Tok memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Dijamin kamu bakalan suka dengan cemilan satu ini!

Selain keempat jajanan pasar di Surabaya yang unik dan legendaris ini, cemilan lainnya yang bisa kamu coba dan juga menjadi salah satu favorit warga Surabaya adalah Lapis Kukus Pahlawan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat, bisa dijadikan cemilan untuk bersantap di pagi hari sebelum memulai aktifitas. Penasaran dengan rasanya seperti apa? Jangan lupa dicoba ya!