WISATA | 21 NOV 2022

7 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang masih banyak yang menganggap bahwa kesehatan fisik lebih penting dibandingkan dengan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sebab, kesehatan mental yang terganggu bisa dengan mudah berpengaruh pada keadaan fisik seseorang. 


Baca juga: Pantai Ria Kenjeran: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Info Lainnya 


Ada beberapa pilihan cara menjaga kesehatan mental yang dapat Anda lakukan. Hal ini mungkin bisa menjadi bentuk pertolongan diri sebelum memutuskan untuk berkonsultasi ke psikolog. Isu kesehatan mental ini sangatlah penting, karena dia bisa terjadi pada siapapun, dimanapun dan kapanpun. 

foto oleh Keenan Constance




Terdapat berbagai cara menjaga kesehatan mental, diantaranya adalah: 


  1. Bercerita dengan orang terdekat

Hal yang pertama bisa Anda lakukan adalah berbicara kepada orang terdekat jika Anda sedang tidak baik-baik saja. Dengan itu, Anda bisa dengan mudah mengerti dan mengelola emosi Anda sendiri saat tengah mengalami kesulitan. Melakukan interaksi sosial  juga dapat menjadi cara menjaga kesehatan mental paling efektif untuk menenangkan sistem saraf Anda agar terhindar dari stress.


  1. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik 

Selain itu,  Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental. Anda bisa melakukan aktivitas ringan di rumah seperti menyapu, mengepel, ataupun mencuci pakaian. Selain dapat menyehatkan badan, Anda juga bisa fokus melakukan hal lain demi menjaga kesejahteraan mental.


  1. Melakukan relaksasi dan latihan meditasi

Foto oleh Prasanth

Beberapa cara menjaga kesehatan mental yang dapat Anda lakukan adalah melakukan relaksasi dan latihan meditasi. Aktivitas ini dinilai dapat meringankan beban kesehatan mental yang tengah Anda alami. Selain itu, Anda juga dapat melatih pikiran yang fokus dengan cara menyadari teknik pernapasan. Beberapa aktivitas relaksasi yang dapat Anda lakukan adalah Yoga, Mindfulness, dan meditasi untuk membantu mengurangi tingkat stress.


  1. Mengkonsumsi asupan makanan bergizi tinggi

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki gizi tinggi. Otak sebagai saraf utama dalam tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Karena salah satu organ yang paling banyak dialami oleh orang yang memiliki gangguan kesehatan mental adalah lambung. Biasanya, orang yang tengah mengalami gangguan kesehatan mental akan makan berlebihan, makan berbagai makanan yang terlalu pedas dan manis, bahkan hingga tidak makan karena kehilangan nafsu makan. 


  1. Mengurangi konsumsi kafein

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kopi dan teh dalam jumlah berlebihan, sebaiknya mulai dikurangi mulai sekarang. Perlu Anda ketahui, kedua minuman  berkafein tersebut merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kecemasan. Setiap tubuh memiliki batas toleransi konsumsi kafein. Jadi, dengan mengurangi konsumsi kafein tentu dapat menjadi cara menjaga kesehatan mental diri. 


  1. Menulis jurnal

foto oleh Negative Space



Cara menjaga kesehatan mental yang dapat Anda lakukan adalah melakukan aktivitas menyenangkan seperti menulis. Dengan bercerita lewat tulisan di buku ataupun jurnal, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab stres dan kecemasan dalam diri Anda. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencoba mencari solusi atas permasalahan tersebut sehingga tidak menjadi berlarut-larut. 


  1. Meminta bantuan profesional

Poin terakhir yang bisa menjadi cara menjaga kesehatan mental diri Anda adalah meminta bantuan psikolog ataupun orang profesional dalam mengatasi kesehatan mental. Jika segala cara pertolongan diri telah Anda lakukan tetapi tidak berhasil juga mungkin inilah waktu yang tepat untuk meminta bantuan ke psikolog untuk mengatasinya. 


Demikian adalah 7 cara menjaga kesehatan mental yang dapat Anda lakukan. Jangan takut meminta bantuan kepada orang sekitar dan profesional demi menjaga kesehatan mental Anda.