WISATA | 21 MAY 2022

7 Rekomendasi Film Netflix yang Pas Ditonton Sambil Ngabuburit

Apa sih kegiatan yang paling Anda sukai saat ngabuburit? Ada yang memilih menghabiskan waktu di luar, ada yang mungkin masih dalam perjalanan pulang kerja, ada juga yang mengisi waktu sambil menonton film. Nah, apakah Anda yang terakhir?

Buat Anda yang hobi menonton film, dalam artikel ini ada rekomendasi Film Netflix yang pas banget nih ditonton saat ngabuburit.

Baca juga: 10 Fakta Unik Surabaya Yang Perlu Kamu Tahu, Kepo Nggak?


The Breadwinner

The Breadwinner adalah film animasi dengan kisah yang sangat menyentuh hati. Bercerita tentang seorang gadis yang nekat menyamar jadi laki-laki setelah ayahnya ditangkap. Ia harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Film ini boleh animasi, namun cerita yang digambarkan merupakan fakta yang sering kita temui di kehidupan nyata, terlebih lagi karena kisah ini menyoroti kehidupan perempuan Afghanistan di bawah kekuasaan Taliban.


The Book of Sun

Jika Anda ingin tontonan komedi yang ringan namun sarat makna, The Book of Sun bisa jadi tontonan yang Anda pilih. Film asal Arab Saudi ini menceritakan anak SMA yang mengajak teman-temannya membuat film sebagai kenang-kenangan sebelum mereka lulus.

Aspek yang diangkat dalam film ini cukup menarik, yaitu tentang lembaga sensor Arab Saudi dan hiburan lokal negara tersebut yang terkesan stagnan. Pesan moral yang tersimpan dalam film ini adalah bagaimana seorang pemuda harus memiliki semangat yang tinggi untuk terus berjuang mewujudkan mimpi mereka.


Banting

Masih dari kawasan Asia, kali ini ada film Banting asal Singapura. Film ini berkisah tentang seorang muslimah berhijab yang memiliki cita-cita menjadi seorang pegulat. Dalam film ini kita belajar bahwa hijab bukanlah alasan apalagi penghalang bagi seseorang untuk mengejar mimpinya.

Selain itu, Banting juga menyuguhkan konflik antara anak dengan orang tua yang dikemas secara ringan, sarat makna, dan tentu saja menghibur.


99 Nama Cinta

Dari judulnya saja Anda pasti sudah bisa menebak kalau ini adalah film dalam negeri. 99 Nama Cinta dibintangi oleh Acha Septriasa dan Deva Mahenra, bercerita tentang produser sebuah acara gosip yang bertemu lagi dengan teman masa kecilnya.

Sang teman yang diperankan oleh Deva Mahenra ternyata telah menjadi ustad di sebuah pesantren. Film ini tidak hanya menceritakan perjalanan cinta keduanya, tetapi juga mengenai bagaimana menemukan ketenangan hati, bertumbuh sebagai manusia, serta toleransi antar sesama.


The Mosque Next Door

Bukan film, namun ini adalah serial dokumenter sebanyak 3 episode yang menggambarkan kehidupan komunitas Islam di negara kanguru, Australia. Serial dokumenter ini berfokus pada bagaimana cara komunitas dalam menghadapi stigma negatif terhadap agama Islam, ancaman radikalisme, serta bagaimana muslim di Australia menjalani kehidupan sehari-hari.


Ali’s Wedding

Masih dari Australia, rekomendasi film Netflix berikutnya adalah Ali’s Wedding. Film dengan genre drama komedi ini menceritakan kehidupan Ali, pria keturunan Irak yang tinggal di Australia. Karena terkekang oleh tradisi, Ali pun berbohong tentang kehidupan cintanya.

Topik yang diangkat dalam film ini cukup menarik karena tidak hanya menampilkan kehidupan komunitas muslim Australia saja, tetapi juga menyoroti kisah cinta yang terhalang oleh perbedaan.


Latitude 6

Terakhir ada Latitude 6, film yang menyoroti fenomena yang terbilang langka: kehidupan muslim Thailand di Pattani. Alkisah seorang pria Bangkok pindah ke kawasan yang didominasi oleh muslim tersebut, kemudian jatuh cinta pada seorang wanita disana.

Film ini sangat menarik untuk ditonton karena komunitas muslim di Thailand sangat jarang diangkat ke dalam sebuah film, sehingga kita bisa melihat bagaimana mereka hidup berdampingan dengan kultur lain di negara tersebut.