WISATA | 01 APR 2024

7 Takjil Sehat Buat Menu Buka Puasa Anda

Ketika tiba waktunya berbuka puasa, pilihan takjil sehat dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Sebagai makanan pertama yang masuk ke dalam perut setelah menahan lapar seharian, tentunya Anda tidak boleh sembarangan memilih bukan? Berikut ini rekomendasi menu takjil yang lezat dan sehat untuk Anda.

Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

  1. Kurma

Kurma merupakan jenis takjil yang sangat direkomendasikan untuk berbuka. Di dalam buah berwarna coklat ini kaya akan kandungan serat, magnesium, potasium, hingga gula. Kandungan gula di dalam kurma dapat membantu mengisi energi tubuh dalam waktu singkat. Selain itu, kurma juga bisa mengatur kadar gula darah agar tetap stabil setelah berpuasa seharian.

  1. Kolak tanpa santan

Kolak kayak disebut sebagai salah satu hidangan wajib yang harus ada saat berbuka. Namun bagi Anda yang tidak suka dengan santan yang ada di dalam kolak, Anda bisa menggantinya dengan bahan lain dan membuat kolak yang lebih sehat. Misalnya dengan menambahkan susu atau krimer nabati sebagai ganti santan sebagai kuah kolak. Anda bisa memilih susu rendah lemak atau susu skim, serta mengganti gula merah dengan pemanis lain yang lebih rendah kalori.

  1. Puding buah

Bosan makan buah-buahan saat berbuka puasa? Anda bisa mengolahnya menjadi puding yang lezat dan menggugah selera. Akan tetapi, untuk memastikan puding buah tidak terlalu manis, hindari menambahkan gula yang terlalu berlebihan ketika membuat puding. Gunakan bubuk agar-agar tawar, lalu rebus hingga mendidih. Tata buah yang sudah dipotong-potong pada wadah atau loyang, kemudian siramkan agar-agar di atasnya dan diamkan selama beberapa saat. Siram puding dengan vla sebelum disajikan untuk berbuka. Agar vla yang Anda konsumsi lebih sehat, Anda bisa membuatnya sendiri dari kuning telur, susu rendah lemak, dan vanili.

  1. Salad sayur dan buah

Pilihan menu takjil sehat berikutnya adalah salad sayur dan buah. Sepiring sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda, sekaligus ramah untuk lambung yang sudah kosong selama seharian. Sayur dan buah dicerna secara perlahan oleh usus, sehingga Anda pun bisa kenyang lebih lama, serta menghindari makan dalam porsi yang berlebihan. Untuk saus salad, hindari terlalu banyak garam, gula, dan lemak jenuh seperti mayonnaise dan keju.

  1. Smoothies

Smoothies bisa jadi pilihan takjil yang sehat dan segar, sekaligus mengisi kembali cairan tubuh yang hilang. Adan bisa memilih buah-buahan favorit untuk diolah menjadi smoothie. Buah seperti mangga, pisang, dan stroberi yang kaya akan kandungan serat dan vitamin sangat cocok untuk dinikmati ketika berbuka. Campurkan dengan yogurt atau susu untuk memberikan tekstur creamy pada smoothie. Hindari menambahkan gula 

  1. Air kelapa

Untuk meredakan dahaga saat berbuka, air kelapa bisa menjadi pilihan yang tepat. Cairan yang satu ini akan langsung menghidrasi tubuh dan membuat Anda merasa segar kembali. Di dalam air kelapa juga terdapat kandungan seperti natrium, kalium, dan magnesium. Agar makin nikmat, Anda bisa menambahkan mentimun, daun mint, atau chia seed.

  1. Bubur kacang hijau

Terakhir ada bubur kacang hijau, menu takjil yang menyehatkan dan mengandung banyak nutrisi. Di dalam bubur kacang hijau terdapat berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zinc, potasium, folat, mangan, hingga magnesium. Kacang juga menjadi sumber protein nabati, serat, karbohidrat kompleks, dan masih banyak lagi. Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Bubur kacang hijau biasanya mengandung santan. Oleh karena itu, pastikan komposisi santan yang digunakan dalam bubur dan porsi yang Anda santap saat berbuka tetap seimbang.

Itu dia beberapa rekomendasi menu takjil sehat untuk menemani puasa Anda. Meski mengonsumsi takjil yang tergolong sehat, pastikan porsinya tidak berlebihan ya. Makan hingga terlalu kenyang saat berbuka akan membuat perut terasa tidak nyaman.