WISATA | 06 JUN 2024

Air Terjun Coban Canggu, Destinasi Wisata Mojokerto yang Lagi Hits!

Satu lagi wisata Mojokerto yang hits, alami, dan menyegarkan. Cocok untuk healing sekeluarga atau treking bersama teman-teman. Air Terjun Coban Canggu namanya. Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini!


Daya Tarik

Sumber: instagram.com/hamidaah_08


Berada di lereng Gunung Welirang, Anda akan disambut oleh udara sejuk dan pemandangan hijau begitu tiba di Air Terjun Coban Canggu. Ditambah batuan lereng gunung yang menjulang dan persawahan, benar-benar memanjakan mata.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus berjalan kaki dengan mendaki sekitar 200 anak tangga. Jalan yang dilewati juga akan melintasi beberapa sungai.

Melelahkan, tetapi semua akan terbayar begitu tiba di lokasi. Bahkan baru mendengar deru air terjunnya saja sudah membuat hati berdebar. Tak heran jika objek wisata Mojokerto ini selalu ramai pengunjung.

Aktivitas Seru di Coban Canggu

Sumber: instagram.com/melangeliaaa


Di air terjun ini, pengunjung dapat bermain air dan mandi sepuasnya, selama tidak melewati batasan yang sudah ditentukan pengelola. Untuk anak-anak, ada wahana kolam renang khusus yang lengkap dengan perosotan dan ayunan. Lebih aman, sementara orang tua dapat mengawasi dari pinggiran.

Puas bermain air, Anda dan keluarga bisa memesan teh dan wedang jahe hangat dari beberapa penjaja kuliner di lokasi. Duduk-duduk di pondok sambil melihat monyet-monyet yang bergelantungan di pepohonan.

Lokasi dan Jam Buka

Lokasi Air Terjun Canggu Coban berada di Pacet, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61374. Untuk mencapai lokasinya, harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum.

Anda dapat berkunjung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari. Untuk rute tempuh, bisa berangkat dari Malang, Mojokerto, atau Sidoarjo.

Jika dari Malang, ambil rute ke Pandaan, lalu ke Prigen, lantas ke Pacet. Sementara kalau dari Mojokerto, melalui Dlangu sebelum ke Pacet. Jalur Mojokerto adalah yang paling pendek, 30 km dengan waktu tempuh 45-60 menit saja.

Bagaimana dengan tarif masuk? Cukup ekonomis, karena hanya Rp7.000 di hari kerja dan Rp10.000 di akhir pekan. Sementara biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Tips Berkunjung ke Coban Canggu

Sumber: instagram.com/buya_hafshah


Mengingat lokasi Coban Canggu yang cukup jauh, pastikan Anda mempersiapkan diri, keluarga dan kendaraan dengan baik sebelum berangkat. 

Terutama karena jalur masuk yang harus ditempuh dengan berjalan kaki cukup terjal dan melelahkan, tentu memerlukan stamina yang fit.

Udara yang dingin juga membuat anak-anak rentan kedinginan, masuk angin dan flu. Usahakan membawa minyak kayu putih, handuk ekstra dan baju ganti yang cukup hangat untuk mereka. Untuk mencegah dingin dan masuk angin, bisa membeli minuman hangat yang tersedia di warung-warung di sekitar lokasi.

Pengunjung juga wajib mematuhi protokol keamanan, kesehatan, dan kebersihan di sekitar air terjun. Misalnya, jangan mandi di kolam air terjun karena sangat dalam dan memiliki pusaran air yang kuat.

Dilarang juga membuang sampah dan buang air kecil sembarangan. Coban Canggu memiliki banyak kamar mandi dan toilet yang bersih dan cukup memadai. Yang terpenting, orang tua harus selalu mengawasi anak-anak mereka saat bermain air. Jangan merusak tanaman dan hewan di sekitar air terjun.

Menarik sekali bukan jika bisa berwisata ke Coban Canggu bersama keluarga dan teman-teman? Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen menyenangkan di sana. Yuk, jadwalkan kunjungan ke objek wisata Mojokerto yang sedang hits ini saat liburan nanti. Sampai jumpa di sana, ya!