WISATA | 24 AUG 2021

Ini Dia Band Asal Surabaya yang Berpengaruh!

Band Asal Surabaya – Sebagai salah satu kota metropolitan, Surabaya mempunyai beberapa hal yang terbilang cukup menarik dan unik. Tak hanya itu, kota yang dijuluki sebagai kota Pahlawan ini, ternyata mempunyai beberapa musisi dan band yang cukup terkenal, bahkan berpengaruh terhadap bagi masyarakat.

Surabaya mempunya mutiara terpendam yang mungkin jarang diketahui oleh orang. Band-banda jadul asal surabaya ini ternyata punya peran yang cukup besar di tengah kehidupan masyarakatnya. Apa saja ? Berikut ini adalah band asal Surabaya yang mempunyai pengaruh besar untuk musik dan masyarakat pada umumnya. Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini!

The Tielman Brothers

Meskipun bisa dikatakan tidak adil jika mengklaim band ini berasal dari surabaya, namun nyatanya, band yang Keluarga Indo-Belanda ini memang lahir dan menghabiskan masa kecil mereka di Kupang, Nusa Tenggara Barat hingga awal tahun 1940-an. Kemudian hijrah ke Surabaya dan mulai terkenal dengan lagu-lagunya.

Tak salah jika band ini mempunya pengaruh untuk industri musik di Indonesia khususnya Surabaya pada saat itu. Bagaimana tidak, embrio The Tielman Brothers yang dimulai di Surabaya sejak tahun 1945-an sudah mulai memainkan musik dengan padanan nada yang tidak umum waktu itu.

AKA

Salah satu pionir dalam band ini yang terkenal adalah Andalas Datoe Oloan Harahap atau orang-orang biasa memanggilnya dengan nama Ucok Harahap.

Dia merupakan anak dari Ismail Harahap,  yang merupakan seorang apoteker sukses dan memiliki bisnis apotek yang sangat sukses di kota Pahlawan ini yang terletak di Jl. Kaliasin saat itu.

Pada masa kejayaannya, band AKA berhasil menjadi salah satu yang produktif dengan mengelurkan 12 album sebelum akhirnya bubar pada tahun 1977.

Dara Puspita

Merupakan salah satu rocker legendaris asal Surabaya, ia adalah anak bimbingan dari Kose bersaudara. Bermodalkan metal khas Bonek Surabaya, band ini mulai melanglang buana ke berbagai wilayah di Indonesia, singgah sebentar di jakarta hingga berkeliling Eropa selama beberapa tahun.

Silampukau

Berbeda dengan band-band di atas yang bertajuk pada tahun 90 an. Silampukau didirikan pada tahun 2009 dengan mengeluarkan album  yang bertajuk ‘Dosa, Kota, dan Kenangan’ membuat publik dan pecinta musik se Nusantara terhenyak. Dengan lirik yang ditulis secara jujur namun maknanya sangat dalam, band ini berhasil menceritakan Surabaya dengan menarik dan bisa dinikmati serta disimak secara baik dan mengesankan.

Demkianlah informasi mengenai band asal Surabaya yang terkenal dan mempunyai pengaruh cukup besar dalam industri musik di Indonesia. Tak hanya musik, Surabaya juga punya makanan khas yang legendaris dan sudah sangat terkenal. Makanan ini cocok untuk dijadikan buah tangan saat kamu berkunjung ke Surabaya. Apalagi kalau bukan Lapis Kukus Pahlawan yang bisa dinikmati semua kalangan.