WISATA | 19 AUG 2021

3 Penyanyi dan Band Surabaya 90-an yang Bikin Nostalgia

Band Surabaya 90-an – Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki banyak pesona. Mulai dari kebudayaan, makanan tradisional, objek wisata bahkan kenangan. Banyak tempat-tempat di Jawa Timur yang memiliki makna di hati orang-orang yang pernah mengunjunginya. Berbicara tentang kenangan, ada beberapa hal yang memancing memori untuk mengingat masa lalu. Salah satunya adalah lagu.

Tahukah kamu? kalau lagu-lagu 90-an yang menemani masa remaja berasal dari Surabaya, lho. Familiar dengan lagu Kangen? Kasih Tak Sampai? Jika kamu tahu judul-judul tersebut berarti kamu adalah penggemar salah satu band Surabaya 90-an berikut ini.

1. Dewa 19

3 Penyanyi dan Band Surabaya 90-an yang Bikin Nostalgia
(sumber: yaahowu.id)

Siapa yang tidak kenal dengan Dewa 19? lagunya sudah melegenda dan dikenal dari berbagai generasi. Dewa sebuah grup musik rock yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya, Indonesia. Band ini booming mulai tahun 90-an. Sehingga bisa dikatakan Dewa 19 merupakan band Surabaya 90-an.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel. Pada tahun 2011 anggota yang tercatat adalah Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal utama), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). 

Di awal kemunculannya, Dewa 19 tampil panggung-panggung festival hingga akhir era 1980-an. Semakin terkenal, band ini kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992. Kemampuan kedua vokalisnya, Ari Lasso dan Once Mekel tidak bisa diragukan lagi. Keduanya sukses membuat lagu-lagu band Surabaya 90-an ini semakin masuk ke hati.

Pada tahun 2008, Dewa 19 berhasil masuk ke dalam daftar “The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa” oleh majalah Rolling Stone.

2. Padi

3 Penyanyi dan Band Surabaya 90-an yang Bikin Nostalgia
(sumber: dapur informasi)

Grup band Padi, kini berganti nama menjadi Padi Reborn. Masih aktif sampai sekarang, tak disangka Padi merupakan band Surabaya 90-an yang sering menemani hari-hari anak SMA dahulu. Grup musik pop rock ini anggotanya terdiri dari Ari Tri Sosianto (gitar, efek musik, vokal latar), Andi Fadly Arifuddin (vokal, gitar), Surendro Prasetyo atau Yoyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bas), dan Satriyo Yudi Wahono atau Piyu (gitar, vokal latar). 

Memulai debut di penghujung tahun 1990-an, Padi mengeluarkan singel Sobat dalam album kompilasi Indie Ten. Semakin dikenal, Padi kemudian mengeluarkan album Lain Dunia paea tahun 1999.

3. Maia Estianty

3 Penyanyi dan Band Surabaya 90-an yang Bikin Nostalgia
(sumber: voi.id)

Maia Estianty lahir di Surabaya pada 27 Januari 1976. Meski ia dikenal sebagai mantan istri Ahmad Dhani, namun secara karir ia juga merupakan penyanyi yang sukses. Maia pernah membentuk duo bersama Pinkan Mambo. Lagunya yang berjudul “Jangan Bilang Siapa-Siapa” langsung melejit dipasaran. 

Namun tak lama, Pinkan keluar dari Duo Ratu dan digantikan oleh Mulan Jameela. Keduanya berhasil menyanyikan lagu ‘Teman Tapi Mesra’. Lagu yang viral kala itu. Disamping skandalnya yang membuat duo ini terpisah, namun tak dapat dielakkan bahwa Maia Estianty termasuk penyanyi dan band Surabaya 90-an yang berpengaruh di Indonesia.

Saat ini Maia masih aktif di dunia entertainment dan menjadi juri di Indonesian Idol. Meski jarang merilis lagu, namun karir penyanyinya masih awet sampai sekarang.

Surabaya memang memiliki banyak pesona. Selain band Surabaya 90-an yang tenar ada pula wisata dan kuliner yang tak kalah hits. Misalnya saja Lapis Kukus Pahlawan sebagai ikon kuliner kue di Surabaya yang tak diragukan lagi.

Kue ini sering diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Varian rasanya yang beragam sehingga pelanggan gak pernah bosan menikmati kuenya yang lezat.