WISATA | 06 JUN 2024

Boon Pring Malang: Destinasi Wisata yang Cocok untuk Healing

Bosan berwisata ke mall, taman bermain, atau kebun binatang? Yuk coba ke objek wisata Malang yang berada di Desa Sanankerto ini. Hutan bambu Boon Pring namanya. Objek wisata ini dikelola perangkat desa sejak tahun 2017 dan hingga kini menjadi salah satu favorit di Kabupaten Malang. Penasaran? Yuk kita lihat keunikannya.

Aktivitas Seru di Boon Pring

Walaupun objek wisata Malang yang satu ini terletak di hutan bambu, bukan berarti tidak ada aktivitas seru. Sebaliknya, dijamin Anda dan keluarga akan menikmati beraneka kegiatan menyenangkan di sini.

1. Bersantai menikmati pemandangan atau berperahu kayuh

Sumber: instagram.com/yoiki_malang


Boon Pring adalah tempat tepat untuk healing dan membebaskan diri dari hiruk pikuk kota besar. Ada dua telaga jernih dengan ratusan ikan warna-warni di dalamnya. Anda bisa duduk dan bersantai di pondokan tepi telaga sambil memberi makan ikan. Nikmati juga pesona hutan bambu yang mengelilinginya. Jika bosan duduk santai, mari menjelajahi telaga dengan berperahu kayuh ditingkahi semilir angin dan suara gesekan daun bambu yang menenangkan.

2. Flying fox dan balon air

Suka dengan kegiatan yang lebih fun dan menantang? Ada permainan flying fox juga di Boon Pring. Anda juga bisa mencoba permainan balon air dan sepeda air bersama keluarga. Dijamin stress Anda bakal hilang!

3. Mempelajari jenis-jenis bambu

Boon Pring dikelilingi oleh hutan bambu yang luas, sejuk, dan beragam. Tercatat ada 115 jenis bambu di sini, dan 5 diantaranya adalah bambu langka. Para pengunjung dapat mencoba ekowisata sekaligus wisata edukasi dengan mengunjungi arboretum atau hutan botani. Ada juga museum bambu tempat Anda dapat mempelajari bambu beserta jenis-jenisnya. Kunjungan ini pasti cocok untuk anak-anak karena dapat menambah pengetahuan mereka.

4. Berenang di kolam renang 

Sumber: instagram.com/boonpringandeman


Jika di telaga bisa bersampan, maka di kolam renang pengunjung dapat berenang dan bermain air. Suasana yang sejuk akan bertambah segar setelah berenang.

5. Wisata kuliner dan budaya

Asyik berwisata, perut jadi lapar. Jangan khawatir karena di lokasi ini juga terdapat penjaja makanan yang menyajikan beragam menu tradisional serta minuman hangat.  Puas mengisi perut, saatnya berburu aneka kerajinan tangan dan oleh-oleh. Di Desa Sanankerto ini terdapat penjual aneka produk fashion tradisional, kuliner, dan kerajinan tangan. 

Anda bisa membeli berbagai jamu organik, aneka kerupuk, batik tulis, wayang, dan tentu saja souvenir dari bambu. Jika ingin melihat pertunjukan tradisional, di desa wisata ini juga ada pertunjukan musik dan tari tradisional. Sebut saja Dengkrok, Cucuk Lampah, Gejog Lesung, dan tari topeng.

Rute Lokasi

Boon Pring dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Malang. Ambil arah ke Kecamatan Turen sejauh 40 km, lalu masuk ke Wisata Boon Pring yang jaraknya 8 km. 

Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau bus bersama rombongan. Walaupun akses jalan sangat memadai, tetapi belum ada kendaraan umum yang melintasi lokasi ini.

Harga Tiket dan Jam Buka

Destinasi wisata di Kabupaten Malang ini buka setiap hari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiketnya sangat ekonomis, yaitu Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak hingga usia 12 tahun.

Jika ingin mencoba wahana bermain, ada tiket tambahan Rp10.000-Rp20.000. Lalu parkir kendaraan dikenakan Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

Fasilitas

Sumber: instagram.com/boonpringandeman


Sebagai wisata edukasi, alam, wisata budaya, kuliner dan wisata air, lokasi ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari fasilitas dasar seperti kamar mandi dan toilet, area parkir luas, mushola, food court, dan wahana bermain.

Boon Pring Malang juga memiliki pasar rakyat, pemandu lokal dan sarana transportasi (dengan pemesanan sebelumnya), serta area camping. Fasilitas, jadwal pertunjukan tradisional, serta informasi lainnya dapat diakses melalui situs www.ecobamboonesia.com atau ke Instagram pengelola @boonpringademan. 

Dengan fasilitas lengkap, rute transportasi memadai dan pemandangan luar biasa, lokasi wisata Malang ini pasti memberikan pengalaman indah pada Anda dan keluarga. Yuk, coba berwisata ke hutan bambu ini. Sampai jumpa di sana, ya!