WISATA | 21 MAY 2022

Cara Cegah Rambut Lepek, Meski Sering Pakai Hijab

Rambut lepek merupakan kondisi rambut yang lebih berminyak dari biasanya. Keadaan rambut yang menipis disebabkan oleh beban akar rambut yang melemah akibat keberatan minyak atau sebum. 

Penggunaan hijab menjadi salah satu penyebab rambut jadi semakin lepek, karena suhu kepala perempuan berhijab di Indonesia lebih panas dari perempuan yang tidak berhijab. Hal ini membuat perawatan rambut perempuan berhijab berbeda sama dengan perempuan yang tidak berhijab. 

Nah, di sini kami akan membagikan tips cegah rambut lepek untuk perempuan berhijab. Yuk, simak dari yang pertama!


Baca juga: Cari Kosmetik di Surabaya? Langsung Kunjungi Toko Ini!

1. Banyak konsumsi protein

Foto oleh @lowcarb_anna


Rambut rusak seperti patah dan lepek dapat disebabkan kekurangan protein. Protein punya peran penting dalam pembentukan jaringan rambut, karena rambut terdiri dari 95% protein dan keratin. Mengonsumsi protein yang cukup atau memenuhi kecukupan gizi seimbang dapat membuat rambut Anda jadi lebih lembap dan sehat. 

2. Mengeringkan rambut sebelum pakai hijab

Foto oleh @alya_yaya125 


Mengenakan hijab saat keadaan basah dapat menyebabkan rambut lepek. Pastikan rambut Anda sudah dalam keadaan kering sebelum memakai hijab. Rambut perlu diberi waktu untuk kering dengan sendirinya atau bisa juga mengeringkan dengan hair dryer

Jika Anda memakai hijab dalam keadaan basah, udara tak bisa bersirkulasi dengan baik akibat tertutup hijab. Inilah yang membuat rambut Anda lembap, lepek, mudah rapuh, dan bau apek. Sebaiknya sebelum dan setelah mengenakan hijab, Anda selalu menyisir rambut menggunakan sisir yang bergigi renggang untuk menghindari kerusakan rambut. 

3. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Foto oleh @hairbyanishanagpal


Perempuan berhijab disarankan tidak mengikat rambut terlalu kuat atau renggang. Disarankan pula untuk tidak menggunakan ikatan rambut yang terbuat dari karet atau jepit, karena bisa menimbulkan kerusakan akibat gesekan. Sebab itu, gunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan kain.

4. Pakai bahan inner dan hijab yang sesuai

Foto oleh @novita_vitata12


Tips cegah rambut lepek yang berikutnya adalah dengan memilih jenis bahan hijab dan inner hijab. Disarankan untuk memilih inner hijab yang membuat rambut Anda mampu bersirkulasi. Hijab berbahan katun dan kaos menjadi pilihan yang tepat saat cuaca terik, karena bahan ini memiliki pori-pori besar yang mendukung sirkulasi udara. 

Hindari pula penggunaan hijab dengan cara ditumpuk berlapis-lapis, karena dapat menyumbat sirkulasi udara ke rambut. 

5. Perawatan rambut

Foto oleh @helloglowblog 


Polusi dan cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan rambut lebih lepek. Anda dapat mengatasinya dengan merawat rambut sebaik mungkin, seperti mencuci rambut atau berkeramas. Merawat rambut menjadi hal yang penting menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. 

Tak hanya sampo, merawat rambut juga bisa dilakukan dengan masker rambut, serum, dan kondisioner untuk membuat rambut Anda lebih sehat dan terjaga kelembapannya.

6. Tidak terlalu sering mencuci rambut 

Foto oleh @naililmunaa._


Terlalu sering keramas tidak disarankan, karena dapat membuat kulit kepala Anda menghasilkan lebih banyak sebum dan menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Namun, Anda tetap harus keramas demi menjaga kebersihan rambut dengan maksimal tidak keramas selama 3 hari. 

7. Ketahui jenis rambut

Foto oleh @anissaaziza


Mengetahui jenis rambut juga menjadi hal yang penting untuk mengetahui penyebab rambut lepek. Umumnya, rambut lurus lebih mudah lepek daripada rambut keriting dan bergelombang, karena minyak lebih mudah menempel di rambut lurus dan berkumpul di kulit kepala.

Itu dia tips mencegah rambut lepek untuk perempuan berhijab yang bisa Anda coba. Jadi lebih percaya diri saat bersilaturahmi dengan teman atau keluarga deh. Berbicara tentang silaturahmi, jangan lupa bawa kue Lapis Kukus Pahlawan sebagai buah tangan. 

Lapis Kukus Pahlawan merupakan kue lapis khas Surabaya yang terkenal akan rasanya yang lezat dan varian rasa kekinian. Cukup dengan membayar sekitar 30 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati lembutnya potongan kue Lapis Kukus Pahlawan. Yuk, pesan sekarang!