WISATA | 01 APR 2024

7 Cara Mencegah Ngantuk Saat Puasa, Tetap Produktif Sepanjang Hari

Puasa jadi ibadah wajib yang harus dilakukan umat Muslim di bulan puasa. Tantangan selama berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus selama seharian, tetapi juga menahan rasa kantuk di tengah beraktivitas. Jika tidak diatasi, hal tersebut bisa sangat mengganggu lho! Bagaimana cara mencegah ngantuk saat berpuasa? Ini dia sejumlah tips sederhana yang bisa diterapkan:

Mengatasi Rasa Ngantuk di Bulan Puasa

  1. Atur waktu tidur di malam hari

Selama bulan Ramadhan, kebiasaan tidur akan banyak berubah. Anda harus bangun lebih awal untuk sahur, sehingga pola tidur normal bisa terganggu. Agar tetap segar saat beraktivitas, sebaiknya hindari begadang dan tidurlah lebih awal. Dengan demikian, Anda tidak akan merasakan lelah yang berlebihan meski harus bangun lebih pagi dari biasanya.

  1. Makan makanan yang sehat

Selain mengatur pola tidur yang tepat, jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur juga mempengaruhi energi tubuh saat berpuasa lho! Pastikan Anda memilih makanan yang kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pilih menu sahur seperti telur, gandum, kacang-kacangan, buah, dan sayur yang mengandung banyak lemak sehat, vitamin, dan mineral. Anda juga perlu minum air putih yang cukup untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan selama melakukan ibadah puasa.

Sementara itu, Anda sebaiknya juga menghindari makanan dengan kandungan lemak dan garam yang tinggi, serta gorengan. Mengonsumsi makanan tersebut bisa membuat tubuh terasa lebih lemas, sehingga Anda akan mudah mengantuk di siang hari.

  1. Mandi dengan air dingin

Ada salah satu cara jitu untuk membuat tubuh lebih segar sebelum memulai aktivitas, termasuk di bulan puasa, yaitu dengan mandi air dingin. Suhu air dingin akan melancarkan sirkulasi darah di pagi hari, sehingga memberikan suplai energi lebih untuk tubuh. Anda bisa memulai dengan cuci muka menggunakan air dingin sebelum makan sahur untuk menghilangkan rasa kantuk, kemudian lanjut dengan mandi air dingin sebelum memulai kegiatan.

  1. Lakukan olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti berhenti olahraga lho! Regangkan otot-otot tubuh Anda selama bulan Ramadhan dengan olahraga ringan seperti yoga atau sekedar berjalan kaki. Olahraga yang sederhana bisa melancarkan peredaran darah untuk menambah cadangan energi dalam tubuh dan melancarkan aktivitas harian.

Buat Anda yang sibuk dengan aktivitas di kantor, Anda bisa melakukan stretching atau peregangan ringan sambil duduk di atas kursi. Jika sudah terlalu lama duduk, Anda bisa berjalan-jalan sebentar sambil menghirup udara segar untuk menghilangkan rasa kantuk.

  1. Berjemur di pagi hari

Paparan sinar matahari bisa membantu meningkatkan energi dan mood sebelum Anda memulai hari yang sibuk. Luangkan waktu sekitar 10-15 menit di pagi hari setelah sahur untuk berjemur sambil melihat matahari terbit. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  1. Usahakan untuk tidak tidur setelah sahur

Datangnya rasa kantuk setelah sahur sangat sering terjadi, karena Anda harus bangun lebih awal. Namun kembali tidur setelah menyantap makanan sahur tidak akan membuat Anda jadi lebih segar. Tubuh malah terasa semakin lemas dan lebih mudah mengantuk di siang hari. Oleh karena itu, hindari tidur setelah sahur dan lawan rasa kantuk dengan aktivitas ringan seperti menonton televisi atau membaca.

  1. Berwudhu

Cara yang paling cepat untuk menghilangkan rasa ngantuk saat puasa di malam hari adalah dengan berwudhu menggunakan air keran yang dingin. Hal ini akan membuat tubuh terasa lebih segar, rileks, dan tidak mengantuk. Membasuh bagian tubuh seperti tangan dan kaki juga bisa membantu melancarkan peredaran darah untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Itu dia sejumlah tips mengatasi rasa ngantuk saat puasa. Dengan menerapkan aktivitas-aktivitas ringan tersebut, Anda bisa lebih produktif dan bersemangat dalam menjalani aktivitas.