WISATA | 01 APR 2024

5 Cara Menjaga Pola Makan Selama Puasa

Puasa merupakan ibadah wajib umat Islam yang harus dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Selain menahan lapar dan haus, puasa juga menjadi momen untuk memberikan waktu istirahat pada organ pencernaan sekaligus menjaga pola makan. Menerapkan cara menjaga pola makan selama puasa sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan berenergi selama beraktivitas. 

Tips Pola Makan Sehat Saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga pola makan sehat saat berpuasa.

  1. Minum air putih yang cukup

Sangat penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa. Setelah berbuka hingga waktu sahur, pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih minimal 8 gelas. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh karena dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Makan makanan bergizi saat sahur

Sahur bukan sekedar mengisi perut sebelum waktu imsak, namun juga merupakan kunci untuk beraktivitas penuh energi selama berpuasa. Memilih makanan sehat saat sahur sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa lemas.

Pastikan kebutuhan gizi terpenuhi ketika Anda bersantap sahur. Misalnya dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, dan roti gandung. Kandungan protein yang ada dalam telur, ayam, dan ikan juga sangat penting. Selain itu, penuhi juga asupan serat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

  1. Tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis saat berbuka

Menyantap makanan manis saat berbuka puasa memang bagus untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh yang hilang saat puasa. Itulah mengapa takjil yang disantap saat berbuka kebanyakan punya rasa yang manis. Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis saat berbuka karena bisa menyebabkan rasa kantuk. Asupan gula melalui makanan manis bisa didapatkan dari buah seperti kurma.

  1. Makan secara bertahap

Di bulan Ramadhan, menjaga pola makan merupakan kunci untuk tetap sehat dan berenergi. Salah satunya adalah dengan makan secara bertahap dalam porsi kecil. Hindari makan dalam porsi yang terlalu besar sesaat setelah sahur atau berbuka puasa. Bagi porsi makana menjadi beberapa kali, misalnya saat sahur, berbuka, dan makan malam. Makan dalam frekuensi yang lebih sering bisa membantu kestabilan gula darah dan mencegah rasa lapar secara berlebihan.

  1. Lakukan olahraga ringan setiap hari

Berpuasa bukan berarti menghindari olahraga. Secara rutin melakukan olahraga ringan justru bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat lho! Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa adalah sebelum berbuka dan setelah makan malam. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang terlalu berat karena bisa menyebabkan dehidrasi dan kelelahan. Cukup dengan jalan kaki atau senam saja akan membuat tubuh jadi lebih sehat.

  1. Pastikan waktu tidur cukup

Menjaga pola tidur juga penting untuk dilakukan selama bulan puasa. Jika Anda harus menyiapkan makanan untuk sahur, maka usahakan untuk tidak tidur terlalu larut sehingga tubuh masih tetap segar saat beraktivitas. Hindari begadang saat puasa untuk mencegah penurunan kondisi badan.

Tips Tambahan Menjaga Pola Makan Saat Puasa

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menerapkan tips berikut ini untuk membuat ibadah puasa makin sehat dan lancar.

  • Jaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

  • Hindari merokok.

  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti diabetes atau hipertensi.

Dengan menerapkan berbagai cara menjaga pola makan di atas, Anda bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar dan nyaman. Tubuh juga tetap sehat, serta masih bisa produktif selama berpuasa.