WISATA | 24 AUG 2021

Ciri Khas Orang Surabaya yang Sangat Mencolok daripada Daerah Jawa Lainnya

Menjadi negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi sudah pasti memiliki banyak ciri khas untuk setiap daerahnya. Mulai dari ujung Aceh hingga ujung Papua, bisa dibedakan. Nah, begitu pula dengan ciri khas orang Surabaya dong, sangat kentara.

Kalau kamu orang Surabaya atau teman kamu orang Surabaya, pasti kamu sudah terbiasa dengan beberapa ciri khas orang Surabaya berikut ini. Yuk langsung cek apakah ciri khas orang Surabaya berikut benar atau bahkan relate sekali dengan kamu yang orang Surabaya?

1. Supel, Bisa Bergaul dengan Siapa Saja

Setiap daerah memang banyak terjadi kasus kriminal, begitu pula dengan Surabaya yang banyak dikenal dengan kriminalitasnya. Banyak preman hingga mantan napi berkeliaran dengan penampilan yang mencolok.

Namun, sebenarnya mereka yang berpenampilan mencolok tidak akan berbuat jahat jika tidak diganggu loh. Bahkan jika kamu baik dengan mereka, mereka bisa jauh lebih baik ke kamu. Orang Surabaya sudah biasa dengan pemandangan begitu dan bahkan banyak yang bergaul dengan mereka.

Bahkan, tidak sedikit sosok yang dikenal sebagai pemuka agama juga memiliki kenalan seperti mereka. Yang pasti, harus saling menghargai dan berbuat baik ya.

2. Sifat Orangnya Keras

ciri khas orang surabaya
surabaya/google.com

Jika kamu orang asli Yogyakarta, Solo, atau bahkan Jawa Tengah lalu memiliki teman dari Surabaya, pasti kamu kaget dengan mereka yang sifatnya keras. Banyak juga orang Surabaya yang selalu dibilang begitu.

Hal tersebut pasti karena lingkungan ya. Atau mungkin ada alasan lain seperti demografi atau geografi yang membuat sifat tersebut menjadi ciri khas orang Surabaya.

Eh, maksudnya, keras di sini adalah tegas yang langsung menolak jika tidak mau ya, bukan ke arah negatif. Kalo iya, iya. Enggak, enggak. Gitu deh!

3. Misuh karena Akrab

Ciri khas orang Surabaya yang satu ini masih berkaitan dengan yang nomor dua. Kalian pernah dengar kata misuh, bukan? Misuh merupakan bahasa jawa dari mengumpat. Nah, banyak sekali nih orang Surabaya yang memang sudah terbiasa mengumpat.

Cara mengumpat mereka memang dilontarkan dengan nada sangat keras dan terdengar kasar, tetapi dengan melakukan itu mereka justru merasa akrab loh dengan lawan biacaranya. Terkadang mereka bahkan menjuluki teman akrabnya dengan panggilan pisuhan yang jika terdengar orang yang tak bisa mengumpat akan aneh.

4. Cara Bicara

ciri khas orang surabaya
bahasa surabaya/hipwee.com

Jawa Timur memang masih masuk ke dalam wilayah yang berada di Pulau Jawa bahkan menggunakan bahasa Jawa seperti halnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Akan tetapi, perbedaan bahasa Jawa yang digunakan penduduk Jawa Timur, terutama Surabaya, sangat berbeda dengan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Logat mereka sangat khas, terlebih ketika sedang menekankan suatu hal yang menurut mereka begitu luar biasa. Mereka akan membuat kalimat mereka begitu hiperbola dengan menambahkan huruf “u” dalam jumlah banyak di depan kata yang mereka ucapkan dan huruf “iy” di tengah kata.

Contohnya ketika mereka menemukan suatu barang yang bagus, mereka pasti akan bercerita dengan kalimat, “Klambi mau uuuapik tenan loh. Sayang larang biyanget!” Kata “uapik” dan “biyanget” mengalami penekanan.

Itulah ciri khas orang Surabaya yang secara garis besar ditemukan oleh mereka yang besar atau bahkan lahir di Surabaya. Bagi kamu yang dari luar Surabaya, bisa saja bingung dengan ciri khas tersebut, tetapi seru sekali dong jika kita bisa paham bagaimana mereka tumbuh di lingkungan mereka sebagaimana kita tumbuh di lingkungan kita?

Yang pasti sih, Surabaya menjadi kota besar yang selalu dikunjungi oleh wisatawan. Kamu juga ingin ke Surabaya? Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ya jika ke berlibur ke kota ini. Lapis Kukus Pahlawan menjadi pilihan yang pas sih. Harga murah tetapi kualitas tidak murahan. Bisa awet sehingga baik dikirim ke luar kota juga loh.