WISATA | 21 FEB 2023

Daftar 7 Fakultas dan Jurusan di UPN Surabaya, Serta Biayanya

UPN Veteran Jawa Timur atau dikenal sebagai UPN Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Surabaya. Universitas ini memiliki sejumlah fakultas dan jurusan yang tersebar di beberapa kampus di Surabaya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap daftar fakultas dan jurusan serta biaya kuliah di UPN Veteran Jawa Timur, simak artikel ini sampai tuntas.

UPN Surabaya (sumber: mamikos)

Fakultas, Jurusan dan Biaya Kuliah di UPN Surabaya

Di bawah ini merupakan pembahasan yang dapat membantu Anda dalam memilih fakultas, jurusan, dan menghitung biaya kuliah yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia perkuliahan di UPN Veteran Jawa Timur yang berlokasi di Surabaya:

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah salah satu fakultas di UPN Veteran Jawa Timur yang fokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi dan bisnis.

Di fakultas ini, para mahasiswa akan belajar mengenai teori ekonomi, manajemen, akuntansi, dan keuangan yang dapat diaplikasikan dalam dunia bisnis.

Selain itu, para mahasiswa juga akan diajarkan mengenai keterampilan praktis seperti analisis data, pengambilan keputusan, serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan diberikan materi kuliah yang didukung oleh buku teks, jurnal, dan materi online yang disediakan oleh universitas.

Adapun pilihan jurusan yang tersedia di fakultas ini antara lain Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Kewirausahaan (S1).

  1. Fakultas Teknik

Jurusan Teknik di UPN Surabaya merupakan jurusan yang mempelajari tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam merancang, membangun, dan memelihara berbagai jenis sistem dan perangkat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mulanya nama fakultas ini di UPN Veteran Jawa Timur adalah Fakultas Teknologi Industri. Akan tetapi, berganti nama menjadi Fakultas Teknik di tahun 2015. Jurusan atau prodi yang ada di fakultas ini antara lain Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknologi Pangan, Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan.

Semua jurusan yang tersedia di fakultas ini merupakan jurusan untuk jenjang Pendidikan S1. 

  1. Fakultas Ilmu Komputer

Perkuliahan di fakultas ilmu komputer juga melibatkan berbagai kegiatan dan praktikum seperti pengembangan aplikasi, pemrograman, analisis data, dan pemecahan masalah.

Mahasiswa juga biasanya diminta untuk melakukan proyek akhir atau magang di perusahaan teknologi untuk mendapatkan pengalaman praktis dan keterampilan kerja yang dibutuhkan di dunia industri.

Adapun beberapa pilihan jurusan dari fakultas ini adalah Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Sains Data yang mana ketiganya tersedia untuk jenjang S1.

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di UPN Surabaya menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat selain Fakultas Teknik. Salah satu jurusannya yakni Administrasi Bisnis berhasil mendapatkankan akreditasi internasional dari FIBAA.

Perkuliahan di FISIP biasanya menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, seperti diskusi, presentasi, penugasan individu atau kelompok, dan penelitian lapangan.

Jurusan-jurusan yang tersedia adalah tingkat pendidikan S1 Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Pariwisata.

  1. Fakultas Arsitektur dan Desain

Fakultas ini merupakan pecahan dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, di mana fakultas ini gabungan antara program studi Arsitek dan Desain Komunikasi Visual.

Ada beberapa jurusan yang ditawarkan yakni Arsitektur, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior untuk tingkat pendidikan S1.

  1. Fakultas Pertanian

Ada dua pilihan program studi di Fakultas Pertanian yakni Agroteknologi dan Agribisnis yang keduanya untuk jenjang pendidikan S1.

  1. Fakultas Hukum

Hanya satu program studi yang ditawarkan yakni Ilmu Hukum untuk jenjang pendidikan S1. Mahasiswa yang memilih perkuliahan di fakultas ini membutuhkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan memahami berbagai aspek hukum dan regulasi.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain juga diperlukan.

Besarnya biaya yang dibebankan untuk perkuliahan di UPN Surabaya tergantung pada tiap fakultas dan jurusan yang dipilih. Adapun range biaya kuliah di sana adalah mulai dari Rp500.000,- hingga Rp8.000.000,-.

Informasi lainnya, bagi yang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya, yaitu Lapis Kukus Pahlawan. Rasanya yang lezat dan khas membuatnya menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang.

Demikianlah daftar fakultas dan jurusan di UPN Surabaya beserta biayanya. Terdapat berbagai pilihan jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing calon mahasiswa.