WISATA | 24 AUG 2021

Deretan Festival Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungi Sepanjang Tahun

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, juga dikenal sebagai kota bersejarah di Tanah Air. Untuk menelusuri Kota Pahlawan lebih dalam, ini dia gelaran festival Surabaya yang paling meriah setiap tahunnya.

1. Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan

festival surabaya
Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan (Sumber: WartaTransparansi.com)

Jalan Tunjungan disebut-sebut sebagai titik komersial yang paling bersejarah di Kota Surabaya. Bagaimana tidak, keberadaan jalan ini sudah ada sejak tahun 1930. Perkembangannya pun sangat pesat sejak tahun itu, mulai dari dibukanya toko-toko yang menunjang ekonomi warga setempat hingga dibukanya gerai dealer mobil. Inilah yang membuat Jalan Tunjungan sebagai pusat perdagangan vital di Surabaya.

Selain dari segi ekonomi, Jalan Tunjungan juga memiliki nilai historikal yang tinggi bagi arek-arek Suroboyo. Pasalnya, di jalan ini dulunya pernah terjadi pertumpahan darah antara pemuda-pemudi Surabaya dan penjajah kolonial yang berjuang untuk memerdekakan Tanah Air. 

Dari sinilah popularitas Jalan Tunjungan menjadi daya tarik yang mendorong pemerintah daerah untuk mengalihfungsikan Jalan Tunjungan sebagai landmark ikonik Kota Surabaya.

Salah satu festival Surabaya yang paling populer di kalangan warga Surabaya maupun di mata wisatawan digelar di jalan ini, yaitu Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, yang berarti “jalan jalan di Tunjungan” kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

Festival ini dilaksanakan secara meriah dan melibatkan ratusan UKM dari seluruh penjuru Surabaya untuk berkumpul dan memperkenalkan produk-produk andalannya kepada pengunjung. Tidak kalah menariknya, pementasan seni dan budaya yang ada di festival ini menambah kemeriahan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. 

Kalau kamu ingin merasakan euforia festival Surabaya yang satu ini, Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan biasanya diadakan setiap satu bulan sekali. Kamu bisa menjajal berbagai jajaran kuliner khas Surabaya sampai produk-produk unik dan kreatif yang dijejalkan oleh ratusan UKM.

2. Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival

festival surabaya
Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival (Sumber: Radar Surabaya)

Masih di Jalan Tunjungan, festival Surabaya yang ini juga memilih landmark ikonik Kota Pahlawan menjadi titik utama dari parade budaya. Bagi kamu yang tertarik dengan keberagaman budaya dari berbagai penjuru dunia, wajib banget untuk datang memeriahkan festival satu ini!

Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival adalah festival budaya yang paling meriah dan diselenggarakan setiap tahun di Surabaya. Dalam acara ini, ada ratusan seniman dari penjuru Tanah Air maupun mancanegara yang berkumpul di Jalan Tunjungan dengan mengenakan busana daerah terbaik mereka untuk dipamerkan dalam pawai budaya.  

Negara yang berpartisipasi sangat beragam, mulai dari Thailand, Cina, Korea Selatan, Jerman, Polandia, Uzbekistan, Rusia, Meksiko, Rumania, hingga Selandia Baru. Partisipan dari dalam negeri juga tidak ketinggalan meriah, karena seniman dari Surabaya, Bone, Banjarmasin hingga Singkawang semua berkumpul dalam festival ini.

Ada banyak sekali warna-warni budaya yang bisa kamu saksikan di SCCIFAF. Partisipan dari setiap daerah silih berganti menampilkan busana dan tarian terbaik dari daerah mereka yang diiringi dengan musik tradisional daerah masing-masing. 

3. Festival Rujak Uleg

festival surabaya
Festival Rujak Uleg (Sumber: LensaIndonesia.com)

Tidak kalah unik dengan dua festival yang sudah disebutkan, Festival Rujak Uleg juga menjadi salah satu acara yang unik nan ikonik di Surabaya. Diselenggarakan sekitar bulan Mei, festival ini diadakan guna memeriahkan hari jadi Kota Surabaya.

Sejak pertama kali event ini diselenggarakan di tahun 2007, ada sekitar 1.000 orang berkumpul untuk berpartisipasi dalam acara ini. Rujak menjadi salah satu kuliner Jawa Timur yang paling populer, di acara ini pula kegiatan membuat rujak menjadi poin utama dari acara Festival Rujak Uleg.

Setiap tahunnya rangkaian acara dari Festival Rujak Uleg berubah-ubah seiring berkembangnya zaman. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas festival dan menarik lebih banyak pengunjung. Beberapa penampilan seni seperti barongsai, tari reog, dan tari tradisional lainnya menambah kemeriahan dari festival Surabaya ini.

4. Parade Juang

festival surabaya
Parade Juang (Sumber: Liputan 6 Surabaya)

Disebut sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki sebuah event yang rutin diadakan setiap bulan November untuk memperingati serta menghormati para pahlawan yang telah gugur saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Parade Juang dilaksanakan setiap 10 November. Ribuan orang dari berbagai umur dan kalangan berkumpul di kawasan Tugu Pahlawan untuk berpartisipasi di event ini. Yang membuat Parade Juang berbeda dari parade yang lain yaitu pertunjukan teater, musik, dan puisi yang ditampilkan oleh arek-arek Suroboyo.

Festival Surabaya ini tidak hanya sebagai ajang hiburan semata, namun diharapkan dapat memberi nilai-nilai nasionalisme dan membangun jiwa kepahlawanan bagi setiap orang yang berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini.