WISATA | 01 FEB 2023

Fakta Menarik Bandara Juanda, Salah Satu Bandara Tersibuk di Indonesia

Bandara Juanda Internasional Juanda merupakan salah satu titik poin utama di jalur penerbangan di timur Indonesia. Kode dari Bandara Juanda adalah SUB, dengan landasan pacu yang dimiliki sepanjang 3 kilometer dan luas sebesar 51.500 meter persegi.

Berdasarkan salah satu penelitian, untuk cakupan dari Bandara Juanda adalah 4.849.080 penumpang dan 120.000 kargo. Selain itu hal tersebut juga ada beberapa hal fakta menarik lainnya. Untuk penjelasan lengkap mengenai Bandara Juanda bisa simak penjelasan dibawah ini.

Bandara Juanda (sumber: liputan6)

Mengenal Bandara Juanda

Bandara juanda  termasuk di dalam kategori bandara paling sibuk di Indonesia. Selain itu, di setiap hari ada kurang lebih 400 pesawat yang terbang maupun mendarat dengan rute domestik maupun internasional dari Bandara Juanda.

Kategori pesawat yang mendarat di Bandara Juanda adalah berbadan besar, sedang, kecil maupun militer. Pada setiap jamnya  setidaknya ada 34 pesawat yang melintas di Bandara Juanda.

Sedangkan untuk 27 diantaranya adalah pesawat reguler. 2 penerbangan ekstra dan 5 penerbangan militer. Untuk menangani lalu lintas penerbangan tersebut, pihak AirNav Indonesia  telah mempunyai tenaga pemandau lintas yang handal dan terus mengawasi pesawat selama 24 jam di setiap hari.

Fakta Menarik Bandara Juanda

1. Bandara Paling Tepat Waktu Se-Asia dan Pasifik

Kamu pasti sering mendengar kata-kata “waktu adalah uang”. Di dalam dunia penerbangan untuk selisih menit bisa saja mendatangkan rugi bagi maskapai serta pengelola bandara. Sebab setiap keterlambatan satu penerbangan bisa memberikan pengaruh terhadap jadwal penerbangan lainnya. Maka dari itu, untuk setiap pengelola bandara harus berupaya buat terus meningkatkan ketepatan waktu.

Untuk Bandara Juanda sudah berhasil menerapkan tepat waktu sejak tahun 2019 yang lalu. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan penyedia data perjalanan global, untuk AOG di April 2019 menunjukkan ketepatan waktu dari Bandara Juanda mencapai 93,5%. Angka persentase tersebut lebih tinggi daripada Bandara Changi Singapura, Bandara Narita Jepang, Bandara Soekarno Hatta Cengkareng dan masih banyak lainnya.

2. Bandara Tersebut di Indonesia

Sebagai main hub atau penghubung utama dari jalur penerbangan di bagian timur Indonesia. Tidak heran lagi, Bandara Juanda menduduki posisi bandara paling sibuk urutan kedua di Indonesia.

Sedangkan untuk peringkat pertama bandara paling sibuk di Indonesia adalah Soekarno Hatta, Cengkareng. Menurut data, setidaknya tersedia 400 pesawat yang melakukan lepas landas di Bandara Juanda dari dalam maupun luar negeri.

3. Mempunyai Navigasi Modern dan Canggih

Di tahun 2019, terminal Bandara Juanda mengalami pengembangan agar bisa menampung lebih banyak penumpang, Menurut salah satu penelitian hasil renovasi yang paling akhir bisa menumpang sampai dengan 13,6 juta penumpang.

Tidak hanya di bagian terminat saja, untuk Bandara Juanda juga dilengkapi dengan peralatan navigasi yang modern dan canggih di tahun yang sama. General manager dari AirNav cabang Surabaya juga menjelaskan bahwa perawatan Advanced Surface Movement Guidance and Control System mempunyai tujuan untuk mengamati pesawat yang akan melakukan lepas landas.

Bandara Juanda (sumber: Antara News)

Keuntungan Bepergian Menggunakan Pesawat

Bepergian dengan jarak jauh memang paling nyaman, ketika menggunakan pesawat. Apalagi, untuk sekarang hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai landasan pesawat atau bandara masing-masing.

Apalagi, ketika Kamu ingin bepergian yang rawan dengan macet pasti lebih memilih menggunakan pesawat dibandingkan harus menghabiskan banyak waktu. Ada beberapa keuntungan, apabila Kamu bepergian menggunakan pesawat sebagai berikut:

1. Bisa Menghemat Waktu

Perjalan menggunakan pesawat memang bisa mempersingkat waktu. Sehingga dengan hal ini juga bisa menghemat tenaga di dalam perjalanan. Ketika sudah sampai di tujuan juga bisa melakukan aktivitas tanpa harus merasa lelah.

2. Memilih Rute Lebih Banyak

Ada banyak pilihan jadwal penerbangan yang ditawarkan oleh beberapa maskapai. Pada hal ini bisa membuat Kamu memilih waktu penerbangan dengan mudah, mau itu pagi, siang, sore maupun malam.

Kamu juga tidak perlu khawatir kehabisan tiket pesawat, karena untuk kursi di pesawat ada banyak. Ketika dibandingkan bus, sehingga tiket yang tersedia oleh pihak maskapai juga semakin banyak.

3. Mempunyai Resiko Kecelakaan Lebih Mudah

Tidak ada yang dapat memprediksi terjadi kecelakaan di udara maupun di darat. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menghindari kejadian kecelakaan ini tidak diinginkan oleh masyarakat.

Pesawat terbang dianggap sebagai salah satu moda transportasi yang paling aman, ketika dibandingkan menggunakan motor, mobil dan bus. Berdasarkan komite nasional, untuk tingkat keselamatan transportasi menggunakan mobil atau motor sebesar 5%. Sedangkan persentase moda transportasi pesawat hanya mempunyai 0,76% saja.

4. Ekonomis

Sampai dengan saat ini banyak yang beranggapan, bahwa bepergian menggunakan pesawat terbang ini membutuhkan biaya lebih banyak. Faktanya untuk bepergian menggunakan pesawat justru bisa lebih menghemat.

Bagi Kamu yang ingin bepergian jauh sangat direkomendasikan menggunakan pesawat. Selain itu, Kamu juga tidak perlu memikirkan mengenai kondisi kendaraan di saat menggunakan pesawat terbang.

Apabila melakukan kunjungan ke Kota Surabaya, Kamu menemukan banyak sekali macam-macam jenis kuliner yang tidak boleh ditinggalkan. Selain itu, untuk beberapa orang terdekat pasti minta oleh-oleh di saat bepergian ke Kota Surabaya.

Ada satu oleh-oleh atau kuliner surabaya yang harus Kamu coba, yaitu Lapis Pahlawan. Mungkin untuk beberapa orang yang sudah sering berkunjung ke Kota Surabaya sudah tidak asing lagi dengan Lapis Pahlawan. Banyak sekali varian macam di Lapis Pahlawan yang bisa dipilih.

Rasanya yang enak membuat camilan ini menjadi lapis kukus pertama yang ada di Surabaya dan mendapat predikat The Best Oleh Oleh Surabaya di ajang Jawa Pos Culinary Awards tahun 2017 & 2018. Telah tersertifikasi BPOM dan Halal, semakin menjadikan lapis kukus ini sebagai pilihan istimewa dan terpercaya.

Sekian penjelasan mengenai Bandara Juanda dan semoga bisa memberikan informasi kepada Anda yang ingin berkunjung ke Kota Surabaya.