WISATA | 25 JAN 2022

Gaya Hidup Sehat Menurut WHO - Tak Seperti Banyak Orang Kira

Gaya Hidup Sehat Menurut WHO - Tak Seperti Banyak Orang Kira

Sumber: freepik.com

Menerapkan pola hidup sehat tentunya memiliki banyak manfaat. Gaya hidup sehat akan menjaga kondisi tubuh agar senantiasa tetap bugar, sehingga dapat mengerjakan berbagai aktivitas dengan penuh semangat dan suasana yang positif.

Apa saja hal yang dapat dilakukan untuk menjaga gaya hidup sehat berdasarkan World Health Organization (WHO)? Yuk simak beberapa tips berikut!

Makan makanan yang sehat

Makan-makanan dengan kombinasi makanan yang berbeda, termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu gaya hidup sehat yang dapat diterapkan. Untuk orang dewasa, setidaknya porsi makan harus diatur sejumlah lima porsi (400g) buah dan sayuran per hari. 

Buah dan sayuran segar juga dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan makan untuk menggantikan snack yang memiliki kalori yang tinggi. Menerapkan pola makan sehat dapat membantu mengurangi berbagai resiko kesehatan, seperti kekurangan gizi dan penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker.

Kurangi konsumsi garam dan gula

Membatasi asupan garam dan gula merupakan salah satu upaya untuk menjaga hidup sehat. Sebaiknya, asupan garam harus dikurangi hingga 5g per hari, yang setara dengan satu sendok teh konsumsi per hari. 

Hal ini akan lebih mudah dilakukan dengan membatasi jumlah garam, kecap, kecap ikan, dan bumbu bernatrium tinggi lainnya saat menyiapkan makanan. Anda juga dapat menghilangkan garam, bumbu dan bumbu dari meja makan, menghindari cemilan asin, dan memilih produk rendah sodium.

Di sisi lain, konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kerusakan pada kesehatan gigi dan mulut serta kenaikan berat badan yang tidak sehat. WHO merekomendasikan untuk membatasi konsumsi gula hingga kurang dari 5% dari total asupan energi untuk manfaat kesehatan tambahan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan ringan manis, permen, dan minuman manis.

Jangan merokok

Merokok tembakau dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, PTM seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung dan stroke. Tembakau dapat menyebabkan kematian yang membunuh tidak hanya perokok aktif namun bahkan para perokok pasif. 

Jika Anda adalah seorang perokok, belum terlambat untuk berhenti dan merencanakan hidup bebas tanpa asap rokok. Setelah berhenti merokok, tentunya anda akan dapat merasakan manfaat kesehatan langsung dan jangka panjang, yaitu nafas yang lebih ringan, raut muka yang bersinar, dan tubuh yang lebih bugar. 

Jika Anda bukan perokok, maka pertahankan! Jangan mulai merokok dan jagalah hak diri sendiri dan orang lain untuk dapat terus menghirup udara bebas asap rokok.

Perbanyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan segala bentuk gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka. Beberapa contoh aktivitas tersebut diantaranya, olahraga ,bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan rekreasi. 

Jumlah aktivitas fisik yang dibutuhkan seseorang tergantung pada kelompok usia, namun orang dewasa berusia 18-64 tahun harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang sepanjang minggu. Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang menjadi 300 menit per minggu untuk manfaat kesehatan tambahan dan kesehatan fisik yang lebih paripurna.

Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin atau medical check up dapat membantu untuk mendeteksi masalah kesehatan dimulai. Sehingga hal ini merupakan langkah preventif yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat dan mempertahankan kesehatan. 

Dokter dan tenaga kesehatan dapat membantu menemukan dan mendiagnosa masalah kesehatan lebih awal, sehingga peluang untuk perawatan dan penyembuhan lebih baik apabila terdeteksi suatu penyakit dalam tubuh. Kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksa layanan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan yang dapat Anda akses, seperti puskesmas, klinik, maupun rumah sakit terdekat.

Kunci dari menjalankan gaya hidup sehat adalah menjalankan kebiasaan secara rutin setiap hari. Oleh karena itu, mulai hidup sehat dari sekarang agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan ya!