WISATA | 19 AUG 2021

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini Rekomendasi 5 Universitas Terakreditasi A

Kuliah di Surabaya mungkin menjadi cita-cita bagi banyak pelajar di seluruh Indonesia. Pasalnya, Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Di sana banyak universitas-universitas yang reputasinya tidak kalah bagus dari universitas di Jakarta. Selain itu, karena di kota besar, akses kemanapun lebih mudah.

Untuk memilih cikal bakal universitas, tentunya ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya akreditasi, jurusan, akses, biaya, dan lain-lain. Untuk menambah referensi kuliah di Surabaya, berikut universitas dengan akreditasi A.

1. Universitas Negeri Surabaya

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini Rekomendasi 5 Universitas Terakreditasi A
(sumber: zonamahasiswa.id)

Ingin kuliah di UNESA? kamu harus tahu informasi mengenai universitas ini terlebih dahulu. Universitas Negeri Surabaya menempati peringkat ke-19 dalam klasterisasi pemeringkatan perguruan tinggi 2020 oleh Kemendikbud. 

UNESA memiliki 7 fakultas diantaranya  4 fakultas berada di kompleks Kampus Ketintang: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ilmu Sosial. Sementara 3 fakultas berada di kompleks Kampus Lidah Wetan: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Untuk informasi pendaftaran, silahkan kunjungi website resminya di unesa.ac.id.

2. Universitas Surabaya (UBAYA)

Apakah kamu tahu, Universita Surabaya merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966? Nah, namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada tahun 1968.

Universitas ini memiliki tiga kampus, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut, dan kampus 3 berada di Trawas. Kampus 1 lebih difokuskan untuk rektorat dan politeknik, kampus 2 untuk pendidikan S1 dan pascasarjana, serta kampus 3 untuk kegiatan pembelajaran outdoor.

Jika kamu ingin kuliah di Surabaya jenjang S-2, Di UBAYA juga menyediakan pendidikan pascasarjana. Untuk informasi pendaftaran baik S-1 atau S-2 tertera di halaman website resmi ubaya.ac.id.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini Rekomendasi 5 Universitas Terakreditasi A
(sumber: its.ac.id)

Universitas yang satu ini, cocok sekali untuk kamu yang ingin kuliah di Surabaya dengan jurusan teknik. Karena di sini menyediakan program sarjana dengan berbagai jurusan teknik.

Misalnya Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil dan lain-lain. Ada juga beberapa program ilmu murni di Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD / SCIENTICS).

Fasilitas yang terdapat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini sangat lah lengkap. Tidak heran jika ITS mendapat berbagai penghargaan salah satunya Young Scientist Award (YSA), Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA), Best Research Award, Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA), Juara Umum Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI).

Informasi mengenai jurusan, cara mendaftar dan lain-lain tertera di laman resmi its.ac.id

4. Universitas Islam Negeri Ampel Kalijaga

Universitas ini menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan paradigma keilmuan model menara kembar tersambung (integrated twin-towers). Yakni dengan menerapkan Islamisasi nalar yang dibutuhkan demi terciptanya tata keilmuan yang saling melengkapi antara ilmu-ilmu keislaman, sosial-humaniora, serta sains dan teknologi. 

Sunan Ampel merupakan nama salah seorang Walisongo, tokoh penyebar Islam di Indonesia. Nah, universitas ini cocok untuk kamu yang ingin kuliah di Surabaya berbasis agama Islam. Informasi selengkapnya, bisa lihat di w3.uinsby.ac.id.

5. Universitas Airlangga

Satu lagi universitas di Surabaya yang memiliki akreditasi A yakni Universitas Airlangga. Dalam sejarahnya, universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. 

Universitas Airlangga sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliah di Surabaya dengan bidang ilmu kesehatan. Karena di sini lengkap dengan fakultas kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat dan lain-lain.

Itulah beberapa rekomendasi universitas terakreditasi A bagi kamu yang ingin kuliah di Surabaya. Untuk yang berada di luar kota, bisa survei dulu lokasinya sambil berwisata di Surabaya. Pulangnya bawa oleh-oleh Lapis Kukus Pahlawan untuk yang di rumah. Semoga sukses dengan pilihan universitasmu, ya!