WISATA | 21 MAY 2022

Inilah Hikmah Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang spesial, karena pahala akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sebab itu, banyak orang berbondong-bondong melakukan kebaikan untuk menambah pahala dan menghapus dosa. Inilah yang dinamakan hikmah dari berpuasa.


Apa saja hikmah puasa Ramadan yang bisa Anda dapatkan setelah menahan hawa nafsu satu bulan penuh? Simak daftarnya berikut ini.


Baca juga: Keutamaan Melaksanakan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid


Meningkatkan ketakwaan

Secara bahasa, takwa adalah istilah dalam islam yang merujuk pada sikap percaya akan adanya Allah SWT, membenarkan, dan takut akan larangannya. Meningkatnya derajat ketakwaan seseorang merupakan salah satu hikmah puasa Ramadan. 


Sikap takwa  tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).


Ayat tersebut  menunjukkan bahwa takwa merupakan kenikmatan hikmah bagi yang melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhkan diri dari setiap larangan-Nya.


Lebih qanaah

Puasa mengajarkan manusia untuk tidak serakah atau qanaah dengan mengontrol nafsu untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT saat berpuasa, seperti makan, minum, dan berhubungan seksual.. Sebab itu, puasa dapat menghasilkan manusia yang nafsunya sudah terlatih dalam menghadapi nikmat duniawi.


Puasa juga melatih manusia untuk bersabar dalam menghadapi godaan dari setan yang terkutuk. Rasulullah SAW menyebut bahwa puasa bagaikan perisai yang mampu menangkis berbagai hal negatif yang hanya akan memberikan mudarat.


Mengendalikan hawa nafsu

Saat sedang berpuasa, sebaiknya isi waktu Anda dengan mengerjakan hal-hal positif yang dapat mengarahkan Anda pada kebaikan dan kebahagiaan dunia akhirat, seperti shalat lima waktu dan membaca Al-quran.


Salah satu hikmah puasa Ramadan adalah melatih kemampuan manusia untuk mengendalikan hawa nafsu. Seseorang yang mampu mengendalikan hawa nafsu akan diangkat derajatnya ke level yang lebih tinggi, bahkan setara dengan level malaikat. 


Untuk memiliki kemampuan ini, setiap perbuatan yang Anda lakukan di dunia harus dituntun oleh akal yang jernih, bukan dikendalikan oleh hawa nafsu saja.


Melatih ketabahan

Tabah adalah ketika Anda selalu sabar dalam menghadapi berbagai cobaan hidup. Berpuasa di bulan Ramadan melatih Anda untuk lebih tabah dari sebelumnya dengan menahan kebiasaan buruk dan tidak melakukannya, seperti menahan amarah dan tidak berburuk sangka kepada orang lain.


Contoh sikap tabah yakni ketika ada seseorang yang dengan sengaja memfitnah Anda, tetapi Anda tetap sabar dan menghadapinya dengan akal yang jernih.


Saling berbagi dan beramal

Pahala akan berlipat ganda selama bulan Ramadan. Sebab itu, jangan lupa untuk berbagi dengan kaum Muslim yang sama-sama sedang berpuasa atau membutuhkan bantuan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka sambil beramal, yakni sesederhana membagikan hidangan berbuka puasa.


Hal ini juga disampaikan oleh Rasulullah SAW bahwa: “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikit pun  mengurangi pahalanya.” (HR. At-Tirmidzi).


Apakah Anda sudah merasakan hikmah puasa Ramadan? Tetap semangat meskipun lapar dan haus menerjang. Supaya makin semangat, Anda dapat menyisipkan hidangan manis untuk berbuka puasa. Apalagi kalau berbuka dengan yang manis seperti Lapis Kukus Pahlawan.


Kue lapis kukus khas Surabaya ini wajib Anda beli saat berkunjung ke Surabaya atau bisa Anda beli di toko online. Produk makanan ini dibanderol dengan harga terjangkau dan memiliki tekstur kue yang lembut setelah diproses menggunakan mesin canggih. Perpaduan bahan bakunya membuat kue Lapis Kukus Pahlawan punya cita rasa yang spesial. Pesan sekarang sebelum adzan maghrib berkumandang.