WISATA | 24 AUG 2021

5 Jajanan Asli Surabaya Bisa Dijadikan Oleh – Oleh Untuk Keluarga di Rumah!

Jajanan Asli Surabaya – Puas menikmati makanan berat nan nikmat yang ada di kota Surabaya? Saatnya untuk berburu makanan penutup! Mulai dari cemilan berukuran kecil sampai kue lapis dengan resep kuno. Ada jajanan dengan rasa manis, gurih, dan pedas yang tak kalah enak dan nikmat serta layak untuk dicoba.

Jajanan ini terbilang mudah ditemukan di jalanan Surabaya juga lho! Seperti apa jajanan asli Surabaya tersebut? Yuk disimak!

Kue Bikang

Kue Bikang atau carabikang merupakan jajanan asli Surabaya yang terbuat dari tepung beras dengan bentuk bunga yang merekah beraneka warna. Kue Bikang menjadi jajanan pasar yang biasa disantap di pagi atau sore hari.

Salah satu penjual kue bikang yang terkenal adalah Kue Bikang Peneleh yang berada di Jl Peneleh No.32-34, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya. Kue Bikang juga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Surabaya.

Pentol Goli

jajanan asli surabaya
http://travelingyuk.com

Pentol Goli memiliki tekstur yang empuk dan kenyal, rasa khas dari daging sapi yang gurih sangat terasa saat dikunyah. Pentol ini memiliki dua varian mulai dari yang kasar dan halus. Untuk pentol yang kasar terdapat campuran urat dan lemak sapi, sehingga teksturnya lebih kenyal dan berserat.

Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa merapat ke Jalan Cempaka Surabaya di depan Mawar Sharon Christian School untuk mencoba pentol nikmat satu ini.

Kompyang

Kompia atau kompyang berbentuk bulat seperti roti penutup pada burger dan ditaburi biji wijen di atasnya. Kompyang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana yaitu tepung terigu, gula, garam, dan air.

Tekstur dari kompyang sendiri keras, bahkan disebut-sebut lebih keras dari roti gambang. Karena teksturnya yang keras, maka kompyang ini cocok dimakan dengan teh hangat, susu, atau kopi.

Cakwe Peneleh

jajanan asli surabaya
http://beritabaik.id

Cakwe merupakan salah satu jajanan yang banyak ditemui di Indonesia. Di Surabaya, ada salah satu cakwe legendaris bernama cakwe Peneleh. Yang membedakan Cakwe Peneleh dengan cakwe lain adalah adanya isiannya pada cakwe ini.

Cakwe Peneleh bisa berisi cacahan ayam, daging, hingga udang. Cacahan daging ayam ataupun udang dimasukkan ke dalam belahan cakwe kemudian digoreng sampai kering dan renyah. Dijamin suka!

Lentho

Lentho terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau. Di Surabaya, Lentho berukuran kecil sendiri selalu dijadikan sebagai salah satu racikan dari lontong balap. Bentuk lentho bulat memanjang menyerupai bentuk perkedel.

Namun, ada pula lentho yang berukuran besar. Lentho besar ini biasanya dijual di warung-warung dilengkapi dengan sambal petis atau dengan cabai. Bahkan, Lentho bisa digunakan sebagai lauk seperti halnya tempe.

Selain kelima jajanan asli Surabaya ini, kamu juga bisa mencoba salah satu cemilan nikmat dan lezat yang sering dijadikan teman pelengkap warga Surabaya dalam melakukan aktivitas yaitu Lapis Kukus Pahlawan. Selain enak, kue ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di mulut lho! Jangan lupa untuk menjadikan kudapan nikmat ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya!