WISATA | 24 AUG 2021

Wajib Dicoba, 5 Jajanan di Surabaya Ini Terkenal Enak dan Terjangkau!

Jajanan di Surabaya – Membahas tentang wisata kuliner di Surabaya memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, di kota ini juga memiliki beragam jajanan unik yang mungkin tidak bisa kamu temukan di kota lainnya.

Penasaran seperti apa? Ini dia, 5 jajanan di Surabaya yang terkenal enak dan murah serta layak untuk kamu coba! Dijamin, kamu akan terus ingin kembali ke kota pahlawan ini untuk mencicipi semua jajanan tersebut!

Pentol

Jajanan di Surabaya yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan bakso. Hanya saja pentol tidak dimakan dengan kuah. Di Surabaya, ada banyak pedagang pentol yang tersebar di penjuru kota. Salah satu pentol yang terkenal adalah Pentol Cempaka. Popularitas Pentol Cempaka ini bahkan menarik perhatian foodie lover dari kota lainnya untuk mencicipi jajanan ini.

Teksturnya yang kenyal membuat cemilan ini menjadi berbeda dibanding bakso karena lebih banyak mengandung tepung kanji. Selain itu, pentol juga bisa disajikan dengan tahu dan gorengan. Tambahkan saus tomat, sambal, dan kecap manis agar jajanan ini terasa lebih lezat. Makin ketagihan deh!

Klanting

Klanting termasuk jajanan Surabaya yang tidak boleh terlewatkan. Klanting merupakan jajanan tradisional yang tampilannya seperti cendol raksasa. Jajanan yang juga dikenal dengan nama cenil ini terbuat dari pati ketela pohon yang direbus lalu diberi pewarna makanan sesuai selera.

Untuk membuat rasa klanting semakin gurih, penjual akan menambahkan parutan kelapa dan gula merah cair di atasnya. Kalau sedang lapar, makan seporsi klanting bisa membuat perut terasa kenyang lho! Pasalnya, jajanan ini terbuat dari ketela yang merupakan sumber karbohidrat.

Kue Dollar

Cari cemilan yang renyah dan manis untuk menemani liburanmu selama berada di Surabaya? Kue Dollar solusinya! Kue Dollar merupakan kue kering berbentuk bundar dan sangat tipis. Bentuknya mirip dengan koin zaman dulu, sehingga dinamakan kue dollar.

Jika kamu berada di Surabaya, cobalah singgah di Pasar Atom untuk membeli kue ini. Meskipun sudah banyak penjual kue dollar yang tersebar di Surabaya, namun kue dollar termasuk salah satu jajanan di Surabaya yang paling dicari. Kue kering ini memiliki bermacam-macam rasa, mulai dari coklat, keju, wijen, vanilla, dan jahe.

Cakwe Peneleh

jajanan di surabaya

Jajanan legendaris satu ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu di Surabaya. Cakwe Peneleh merupakan salah satu cakwe yang menawarkan rasa lebih gurih, sedap, dan lezat.

Cakwe Peneleh yang asli hanya dijual di Pasar Atom. Selain cakwe biasa, cakwe isi udang juga menjadi jajanan favorit para konsumen. Cakwe udang ini bisa dinikmati bersama dengan saus asam manis yang membuat rasa jajanan ini menjadi semakin lezat. Jadi ngiler ya?

Spiku

Kue yang satu ini umumnya terdiri dari 3 lapis warna, yakni kuning-coklat-kuning. Namun, ada pula yang menjual spiku dengan 2 lapis warna saja, kuning dan coklat. Tekstur spiku sangat lembut dan hampir mirip dengan chiffon cake.

Rasanya manis dan pada bagian tengah antara lapisan warna terdapat selai dan kismis yang manis dan lezat! Kue spiku ini sangat mudah ditemukan di hampir semua toko kue di Surabaya. Bahkan, kamu juga bisa membeli spiku untuk dijadikan oleh-oleh.

Tidak hanya spiku, kue lezat dan nikmat yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah adalah Lapis Kukus Pahlawan. Rasanya yang nikmat dan lezat, ditambah dengan tekstur yang lembut membuat jajanan di Surabaya ini sangat menjadi favorit lho. Penasaran ? Jangan lupa dicoba ya!