WISATA | 11 MAR 2024

Berkunjung ke Jalan Tunjungan, Tempat Wisata Malam Surabaya yang Populer

Ibarat kota yang tidak pernah tidur, Surabaya selalu punya tempat yang dikunjungi ketika hari sudah gelap. Jalan Tunjungan menjadi salah satu tempat wisata malam yang populer di Surabaya, bahkan disebut sebagai Malioboro-nya Surabaya. Apa Anda penasaran dan ingin mlaku-mlaku nang Tunjungan? Ini dia berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat malam hari di Jalan Tunjungan!

Daya Tarik Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan berada di pusat kota Surabaya, sehingga sangat mudah diakses dengan berbagai moda transportasi, baik kendaraan pribadi maupun umum. Namun tentu saja itu bukan daya tarik utama yang dimiliki oleh tempat ini. Di sepanjang jalan Anda bisa melihat deretan bangunan bersejarah hingga bangunan-bangunan model lawas yang masih berdiri kokoh dan digunakan hingga saat ini.

Sumber: instagram.com/8ogi

Sejumlah bangunan yang ada di Jalan Tunjungan antara lain adalah Gedung Siola yang kini menjadi Museum Surabaya. Kemudian ada juga Hotel Yamato, yang menjadi tempat perobekan bendera Belanda ketika Pertempuran 10 November 1945. Kini namanya sudah berubah menjadi Hotel Majapahit, namun model bangunannya masih dipertahankan.

Jalan Tunjungan juga punya trotoar dengan ukuran lebar, sementara jalan rayanya yang merupakan jalur searah tidak terlalu besar, sehingga sangat nyaman untuk Anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar kawasan ini.

Aktivitas Seru di Jalan Tunjungan

Surabaya merupakan kota metropolitan yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi. Namun ketika masuk ke area Jalan Tunjungan, Anda bisa merasakan nuansa jadul kota ini dengan bangunan-bangunan lama yang ada di kedua sisinya. Hal ini bahkan sudah menjadi keunikan tersendiri yang menarik minat pengunjung, baik itu warga Surabaya sendiri maupun mereka yang datang dari luar kota.

Sumber: instagram.com/8ogi

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di Jalan Tunjungan adalah berburu foto yang estetik dan instagramable dengan latar belakang berbagai bangunan tua tersebut. Anda yang punya hobi fotografi bisa menemukan banyak spot menarik untuk diabadikan dalam kamera, baik itu di siang maupun malam hari. Jalur pedestrian yang lebar dan bersih dengan sejumlah kursi-kursi yang tersedia juga menjadi tempat para pejalan kaki yang ingin bersantai sambil menikmati lalu lalang kendaraan.

Jalan Tunjungan juga telah menjelma menjadi sentra kuliner di Kota Pahlawan. Jika Anda sedang mencari destinasi wisata kuliner malam di Surabaya, berbagai gerai yang ada di sini akan membangkitkan selera! Jenis makanan yang dijajakan pun beragam, mulai dari makanan Jawa, Makassar, Korea, Jepang, hingga kedai kopi yang berderet rapi di sepanjang jalan.

Sebagai jalan yang terletak di jantung kota, area ini memang tidak pernah sepi. Namun Jalan Tunjungan jauh lebih ramai di malam hari, terutama di akhir pekan, dipenuhi para pengunjung yang ingin bersantai, berburu kuliner, hingga berburu foto. Anda juga bisa merasakan keseruan yang sama ketika berkunjung ke tempat ini!

Tips Berwisata Malam di Jalan Tunjungan Surabaya

Sumber: instagram.com/pokrolgrafi

Agar petualangan Anda di Jalan Tunjungan makin menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan kaki di Jalan Tunjungan. Jadi jangan sampai kaki Anda terasa pegal sebelum Anda puas berjalan-jalan ya!

  • Area parkir di Jalan Tunjungan cukup terbatas. Terlebih jika Anda berkunjung di malam hari saat akhir pekan, maka Anda bisa kesulitan mencari tempat parkir. Usahakan untuk datang lebih awal.

  • Banyak cafe dan resto yang bisa Anda temukan di kawasan ini, sehingga jangan lupa untuk cari rekomendasi dulu sebelum datang.

Berwisata malam di Surabaya, khususnya di Jalan Tunjungan akan menjadi pengalaman tak terlupakan dengan berbagai aktivitas yang ditawarkan.