WISATA | 21 MAY 2022

Jelang Idul Fitri, Ketahui Makna dan Hikmah Silaturahim

Salah satu tradisi umat muslim saat lebaran adalah mudik atau datang berkunjung ke rumah sanak saudara. 

Sesuai dengan anjuran bagi umat muslim untuk senantiasa menjalin tali silaturahim dengan kerabat, karena ada begitu banyak hikmah yang bisa Anda raih jika terus menjaga silaturahim. 

Apa saja makna dan hikmah silaturahim yang bisa Anda dapatkan? Simak selengkapnya di bawah ini. 


Baca juga: Tampil Cantik saat Idul Fitri dengan Korean Style

Kenali Makna Silaturahim

Foto oleh @hartantiariyuli


Anda perlu tahu apa makna silaturahim bagi umat muslim, di antaranya mendapat ridho dari Allah SWT, memperpanjang umur, dan melapangkan rezeki. 

Keutamaan dari amalan bersilaturahmi di antaranya dapat memperpanjang umur serta melapangkan rezeki. Terkait substansi silaturahmi, 

Muhammad Quraish Shihab dalam buku Membumikan Al-Qur’an pernah membahas tentang substansi silaturahim, yaitu peran dan Fungsi Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat mengungkapkan sabda Rasulullah SAW: 

“Bukanlah bersilaturahim orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang putus.” (HR Bukhari) 

Dari Sabda Nabi Muhammad tersebut, dapat diartikan bahwa silaturahim dapat menyambung apa yang telah putus dalam hubungan hablum minannas. Jadikan momen lebaran sebagai cara untuk kembali mempererat tali silaturahim Anda dengan sanak saudara. 

Inilah 10 Hikmah Silaturahim

Foto oleh @anggianggraini_kra


Dengan menjalankan silaturahim, berarti Anda telah menjalankan salah satu kebajikan yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, sehingga kebaikan-kebaikan akan datang menghampiri Anda dengan sendirinya. Berikut ini beberapa hikmah silaturahim yang mungkin akan Anda rasakan setelah mempraktikkannya:

  1. Mendapat ridho dari Allah SWT, karena dialah yang memerintahkan untuk bersilaturahim dengan sesama umat muslim. 

  2. Menyenangkan sanak saudara sekaligus mempererat tali silaturahim sesama anggota keluarga. 

  3. Menggembirakan Malaikat, karena mereka senang jika umatnya bersilaturahim dengan sesama umat muslim dengan menyambungkan kembali tali hubungan yang sudah putus. 

  4. Membuat iblis sulit untuk menggoda manusia, Rasulullah SAW bersabda: "Tak akan masuk surga pemutus tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim). 

  5. Menambah umur, sesuai dengan hadist yang berbunyi "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari – Muslim).

  6. Mendapat berkah yang melimpah dari Allah SWT, salah satunya berupa kelancaran rezeki. 

  7. Seorang muslim yang menjalin kembali tali silaturahmi maka akan dijauhkan dari neraka, ini dijelaskan dalam salah satu hadis "Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari dan Muslim). 

  8. Menggemberikan orang-orang yang sudah meninggal dunia jika Anda berziarah ke makamnya. 

  9. Mempererat tali persaudaraan dengan saling terkoneksi satu sama lain. 

  10. Menambah pahala setelah meninggal dunia, karena sanak saudara dan kerabat Anda akan selalu mendoakan setelah meninggal. 

Itu dia makna dan hikmah silaturahim dengan keluarga atau kerabat saat lebaran. Semoga Anda mendapat keberkahan yang melimpah dari Allah SWT. 

Saat datang bersilaturahim ke rumah sanak saudara, jangan lupa bawa Lapis Kukus Pahlawan sebagai buah tangan. 

Lapis Kukus Pahlawan adalah oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda beli langsung di gerainya atau secara online

Ada berbagai macam pilihan rasa yang tersedia, termasuk manis dan gurih. 

Cara masak kue lapis yang dikukus membuat kue ini punya cita rasa yang khas. Yuk, pesan sekarang!