WISATA | 21 MAY 2022

Keutamaan Melaksanakan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

Di bulan Ramadan, ada satu ibadah yang istimewa yang tidak dapat dilakukan di hari-hari biasa. Selain puasa, shalat tarawih di malam hari adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak keistimewaan. Dianjurkan shalat tarawih dilakukan di masjid secara berjamaah. 

Baca juga: Inilah Hikmah Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan


Sumber: Freepik

Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

Ini dia berbagai keutamaan tarawih berjamaah di masjid selama Ramadan.

Memperoleh pahala berjalan ke masjid

Bukan hanya ibadah shalat itu sendiri saja yang mendapat pahala, berjalan ke masjid juga merupakan ibadah tersendiri. Jika seseorang berjalan ke masjid untuk shalat tarawih, maka ia akan mendapatkan pahala. Menurut hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, pahala yang diterima sangat besar.

Mempererat silaturahmi

Ketika shalat tarawih berjamaah di masjid, kita akan bertemu dengan tetangga, teman, dan saudara. Melalui pertemuan ini, kita sama saja dengan menjalin tali silaturahmi antar saudara sesama muslim. Inilah salah satu keutamaan shalat tarawih yang hanya bisa didapatkan di bulan suci Ramadan.

Mendapat pahala semalam penuh

Seorang muslim yang melaksanakan shalat tarawih akan mendapatkan pahala setara dengan pahala shalat semalam penuh. Hal ini tercantum dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi.

Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang shalat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Ampunan dosa di masa lalu

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan, sehingga setiap ibadah dan amalan tidak hanya mendapatkan pahala saja tetapi juga ampunan dosa bagi siapa saja yang melakukan.

Begitu juga dengan ibadah shalat tarawih berjamaah. Hal ini diriwayatkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni.”

Sarana pembelajaran

Shalat tarawih juga bisa menjadi media pembelajaran ketika imam memberikan siraman rohani bagi semua jamaahnya. Isi dari ceramah tersebut adalah ilmu bagi semua yang mendengarkan.

Memupuk rasa cinta pada masjid

Terbiasa mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid akan menumbuhkan rasa cinta kita pada rumah Allah. Sehingga ketika bulan Ramadan sudah selesai, maka kita sudah menjadi terbiasa dan akan tertanam kerinduan untuk selalu mengunjungi masjid.

Sehat jasmani dan rohani

Shalat tarawih juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Gerakan dalam shalat sama seperti olahraga ringan untuk melatih fisik, sementara siraman rohani yang didapatkan dalam ceramah dapat mendamaikan hati dan jiwa.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Tarawih

Berikut ini cara melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah.

Niat shalat tarawih

Dalam shalat berjamaah ada imam dan makmum. Niat yang harus dibaca pun berbeda.

Niat shalat tarawih untuk imam

“Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.”

Artinya: Aku menyengaja shalat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah Ta’ala.

Niat shalat tarawih untuk makmum

“Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.”

Artinya: Aku menyengaja shalat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

Rakaat dalam shalat tarawih

Jumlah rakaat dalam tarawih berbeda-beda, minimal adalah 8 rakaat hingga yang terbanyak adalah 20 rakaat ditambah dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat. Berapapun jumlah rakaat yang dilaksanakan sama-sama sah karena didasarkan pada dalil yang shahih.

Itu dia berbagai keutamaan melaksanakan shalat tarawih di masjid. Untuk menambah tabungan pahala di bulan Ramadan, mari kita amalkan ibadah ini hingga hari kemenangan tiba.