WISATA | 24 AUG 2021

6 Makanan Kaki Lima Surabaya yang Wajib Dicoba Turis

Berwisata di kota Pahlawan gak bakal lengkap kalau belum nyobain makanan kaki lima Surabaya. Apalagi setelah seharian berkeliling di berbagai tempat wisata, bercengkrama sambil menikmati kuliner pinggir jalan membuat liburanmu makin sempurna. 

Supaya tidak bingung, berikut rekomendasi tempat-tempat warung kaki lima yang sudah terkenal di kalangan warga Surabaya. Daftar ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi jika ingin berwisata kuliner.

Penasaran dengan makanan kaki lima Surabaya yang gak hanya enak tapi juga murah? 

Sop Kaki Sapi Haji Munir

6 Makanan Kaki Lima Surabaya yang Wajib Dicoba Turis
sumber: wisato.id

Tempat makan ini sangat terkenal dikalangan warga Surabaya. Buka mulai pukul 18.00, Sop Kaki Sapi Haji Munir cocok untuk yang ingin wisata kuliner malam. Sop yang hangat ditambah dengan gurihnya kikil dan babat bakal bikin ketagihan. 

Yang belum puas hanya dengan sop, di sana juga tersedia menu sate. Sop Kaki Sapi Haji Munir terletak di sekitar Jl. Raya Kupang Indah, Surabaya (pinggir jalan tol).

Bebek Tugu Pahlawan

6 Makanan Kaki Lima Surabaya yang Wajib Dicoba Turis
(sumber: travelingyuk.com)

Siapa yang tidak tahu Tugu Pahlawan? monumen asal Surabaya ini sering dijadikan tempat wisata dan nongkrong warga Surabaya. Di sana juga ada makanan kaki lima Surabaya yang wajib kamu coba yakni Bebek Tugu Pahlawan.

Saking enaknya, dijam-jam tertentu sudah banyak yang antri lho. Bebek yang disajikan empuk dan kaya akan rempah. Selain itu sambalnya juga primadona. Bagi yang tertarik mencobanya, Bebek Tugu Pahlawan buka dari jam 18.00 WIB.

Tahu Campur Cak Kahar

6 Makanan Kaki Lima Surabaya yang Wajib Dicoba Turis
(sumber: travelingyuk.com)

Mencoba makanan kaki lima Surabaya gak lengkap kalau tidak mencicipi makanan tradisionalnya bukan? Tahu Campur merupakan makanan khas surabaya yang wajib dicoba. Di Tahu Campur Cak Kahar juga ada menu tahu tek. 

Bergaya street food, tempat makan ini selalu ramai dengan wisatawan maupun warga lokal. Lokasinya berada di Jln. Embong Malang (Tepat disebrang JW Marriot).

Rawon Kalkulator

Rawon juga merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Di daerah Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, terdapat tempat makan rawon yang enak nan unik yakni Rawon Kalkulator.

Diberi nama Kalkulator karena di sana kamu bakal disuguhi pemandangan pelayan kasir yang menghitung cepat menggunakan kalkulator.

Warung Nasi Cumi-Cumi

Siapa yang lagi pengen cumi? yuk datang ke Warung Nasi Cumi Pasar Atom yang terletak di Jalan Waspada, Pabean, sekitar Pasar Atom. Kalau kamu sedang lapar tengah malam, warung ini bisa juga menjadi solusi. 

Buka 24 jam, warung nasi cumi selalu ramai pengunjung. Selain cumi ada juga mi goreng, babat, usus, tahu, telur dan peyek.

Tahu Tek Pak Jayen

Makanan kaki lima berikutnya yang wajib dicoba turis adalah Tahu Tek Pak Jayen. Makanan khas ini memang menjadi yang selalu diburu oleh wisatawan saat ke Surabaya. Terdiri dari tahu, toge, lontong dengan siraman saus petis, tahu tek selalu menjadi primadona.

Apalagi jika dinikmati di pinggir jalan sambil melihat pemandangan hiruk pikuk jalan Surabaya. Ajak juga temanmu biar seru ya.

Itulah makanan kaki lima Surabaya yang bisa menjadi referensi kamu bila datang ke Kota Pahlawan ini. Sesudah berwisata kuliner di Surabaya, sekarang saatnya untuk mencari oleh-oleh untuk yang di rumah. 

Bicara soal oleh-oleh, Lapis Kukus Pahlawan merupakan kue yang pas untuk dijadikan hadiah buat yang terkasih. Rasanya yang enak dengan banyak varian rasa akan menemani perjalanan kamu!