WISATA | 01 FEB 2023

7 Mall yang Ada di Surabaya yang Terkenal Akan Surga Belanja

Ada banyak sekali mall di Surabaya yang terkenal dan sangat besar. Dimana Mall di ibukota Jawa timur ini sering sekali dijadikan sebagai tempat mencari hiburan dan melepaskan penat. Selain dengan hal itu, pada beberapa Mall ini mereka juga menawarkan fasilitas yang sangat mumpuni dan lengkap. Terlebih lagi, Surabaya sendiri merupakan sebuah kota yang terkenal sebagai kota niaga.

Dimana karena hal ini pula, Mall di Surabaya jelas menjadi salah satu bentuk pendukung dari proses perniagaan tersebut. Di Surabaya, Mall mereka sudah berkembang sangat pesat sejak tahun 1980an. Dimana saat itu sudah berdiri mall prestisius yang sampai sekarang menjadi salah satu mall yang terbesar di Indonesia. Untuk Kamu yang ingin mengetahui rekomendasi pusat berbelanja di kota Surabaya ini, berikut adalah beberapa daftarnya.

Mall Di Surabaya Yang Terbesar Di Indonesia Pakuwon Mall

Pakuwon Mall (Sumber: Pakuwon Jati)

Salah satu Mall terbesar di Surabaya yang juga merupakan mall terbesar di Indonesia ini adalah Pakuwon Mall. Pakuwon Mall ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya lebih tepatnya di Babatan kecamatan Wiyung Surabaya. Mall ini merupakan sebuah mall yang terdiri dari 6 lantai dengan 3 lantai basement dan juga 1 lantai exhibition hall dengan luas lantai yang mencapai 200.000 meter persegi. Dimana Mall yang satu ini di desain dengan gaya yang elegan dan juga modern sehingga menambah kesan mewahnya.

Di Pakuwon Mall ini, mereka bukan hanya memiliki lantai yang luas dan kesan yang elegan, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai macam brand terkenal yang cukup lengkap. Mulai dari brand lokal sampai dengan brand internasional seperti SOGO Department Store, Zara, H&M, kemudian Lottemart, Watsons, dan juga lainnya. Selain dengan hal itu, di Pakuwon ini fasilitas yang dimiliki bisa dibilang cukup lengkap. Selain dengan tempat berbelanja, disini juga disediakan tempat untuk nonton film, Timezone, pertemuan, acara pernikahan, pameran, dan sebagainya yang biasanya diadakan di bagian exhibition hall.

Mall Di Surabaya Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza (Sumber: Detik)

Selain dengan Mall Pakuwon, Mall terbesar kedua yang ada di Surabaya ini adalah di Tunjungan Plaza. Dimana luas dari Mall yang satu ini adalah mencapai 170.000 meter persegi. Mall Tunjungan Plaza atau yang juga sering disebut sebagai TP ini memiliki 6 buah pusat perbelanjaan yang berbeda-beda. Dimulai dari Tunjungan Plaza 1 sampai dengan Tunjungan plaza 6.

Mall yang satu ini juga bisa dibilang sebagai Mall tertua di Surabaya yang sudah dibangun pada tahun 1985 dan mulai beroperasi pada tahun 1986. Di Tunjungan plaza ini mereka juga memiliki banyak sekali tenant yang tidak kalah lengkap dengan Pakuwon. Mulai dari SOGO, Matahari Department Store, kemudian Gramedia, Cinema XXI, ACE Hardware, dan juga Hero Supermarket, serta banyak lainnya. Mall Tunjungan Plaza ini berada di daerah Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur, lebih tepatnya di Jl. Jenderal Basuki Rachmat No.8-12.

Mall Di Surabaya Yang Artistik, Ciputra World

Ciputra World (Sumber: Puri Casablanca)

Salah satu rekomendasi Mall di Surabaya yang selanjutnya adalah dari Ciputra Group yaitu Ciputra World. Nama Ciputra di dunia perpropertian di Indonesia memang sudah tidak asing. Dimana mereka terkenal sebagai salah satu grup properti ini terkenal dengan desain artistiknya. Mall Ciputra ini dibangun seluas 90.000 meter persegi di lahan dengan luas mencapai 9 hektar.

Mall yang satu ini berlokasi di CBD Mayjen Sungkono Surabaya, dimana ia dibangun dengan konsep Superblok. Mall ini menjadi salah satu rekomendasi sebab menjadi Mall yang cukup lengkap dengan desain yang artistik. Sehingga Mall ini akan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi atau melepas penat.

Grand City Mall Di Surabaya

Grand City Mall (Sumber: Sindonews)

Grand City Mall ini merupakan sebuah mall yang sudah berdiri sejak tahun 2009 di Surabaya. Mall ini terletak di daerah Gubeng dan tidak jauh dengan stasiun Gubeng. Mall yang satu ini merupakan mall yang mengadopsi gaya Suntec Singapura, dimana mereka menawarkan konsep one stop football dan juga one stop MICE. Mall yang berada di bawah manajemen dari PT Hardayawidya Graha ini berdiri di lahan seluas 4,5 hektar, dimana lahan parkir di area ini bisa menampung banyak kendaraan sampai dengan 2.500 kendaraan.

Mall CITO (City of Tomorrow)

Mall CITO (Sumber: Swiss-belhotel)

Mall CITO ini merupakan sebuah Mall di Surabaya yang juga menjadi pusat perbelanjaan terkenal. Mall yang dikembangkan oleh PT. Lippo Karawaci ini berada dekat dengan Bandara udara Juanda. Dimana Mall ini merupakan Mall yang memiliki luas selebar 170 ribu meter persegi dan berdiri di atas tanah seluas 2,6 hektar. Mall ini menjadi salah satu rekomendasi sebab CITO merupakan surganya kuliner dimana gerai kuliner yang ada mencapai 213 buah.

Galaxy Mall

Galaxy Mall (Sumber: Wisata Surabaya)

Rekomendasi Mall selanjutnya di Surabaya adalah di galaxy mall. Mall ini adalah mall yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dan memiliki 5 lantai. Ada banyak sekali tenant terkenal yang berada di Mall galaxy ini seperti Uniqlo, Sushi Tei, Cinema XXI, Erafone, Sogo, Centro, dan banyak lainnya. Mall ini adalah Mall yang dibangun oleh PT Sinar Galaxy dan merupakan mall Superblok yang terdiri dari Mall 1, 2, dan juga 3 dengan luas Superblok sekitar 62.000 meter persegi.

Plaza Surabaya Atau Delta Plaza

Plaza Surabaya (Sumber: Jejakpiknik)

Rekomendasi Mall terbesar yang terakhir di Surabaya ink adalah dari Plaza Surabaya. Mall yang terkenal dengan sebutan sebagai Delta Plaza ini berada di jantung kota Surabaya yang bersebelahan dengan Monumen Kapal Selam Surabaya. Mall yang satu ini terdiri dari 6 lantai yang dilengkapi dengan fasilitas area parkir yang cukup luas. Di Mall ini, tenant yang disediakan juga cukup lengkap baik dari luar negeri ataupun dalam negeri sendiri.

Apabila berkunjung ke Surabaya, selain mengunjungi Mall-nya jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya kue lapis kukus pahlawan ya rek. Terbuat dari campuran tepung singkong dan tepung terigu, menciptakan cita rasa yang khas. Tekstur kuenya yang lembut dengan proses pembuatan dikukus, menjadikannya berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Telah terjamin standar dan kualitasnya.