WISATA | 01 JUN 2022

Melakukan Perawatan Wajah dengan Bahan Alami

Munculnya masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, atau flek hitam memang sangat mengganggu. Atasi masalah kulit tersebut dengan perawatan wajah alami yang bisa Anda buat dan lakukan sendiri di rumah. Bahan alami ini memiliki manfaatnya masing-masing untuk kulit wajah Anda. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Simak di bawah ini. 

Baca juga: Cari Kosmetik di Surabaya? Langsung Kunjungi Toko Ini!

Tomat

Tomat mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu merangsang produksi kolagen. Ketika dioleskan ke kulit, kandungan senyawa pada tomat dapat membantu meringankan rasa sakit akibat iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. Vitamin C pada tomat juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit Anda terasa lebih kencang. 

Pertama-tama potong tomat menjadi dua bagian dan gosok pada seluruh wajah Anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit untuk hasil maksimal. Setelah itu bilas sampai bersih. 

Kunyit

Foto oleh @panacea_health_and_beauty


Kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi yang dapat memberikan efek glowing skin. Kunyit juga dapat membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang timbul. Komponen anti-inflamasi akan mengecilkan pori-pori dan menenangkan kulit Anda. 

Jika Anda ingin mencoba masker kunyit di rumah, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit yogurt dan madu, lalu oleskan ke wajah Anda. Diamkan masker selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Lemon

Foto oleh @aesthetics_atmosphere_


Perawatan wajah alami menggunakan lemon adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan manfaat dari vitamin C. Jus lemon memiliki kualitas astringent karena tingkat asamnya. Bahan dengan tingkat pH rendah dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak yang menyebabkan pembentukan jerawat.

Bahan-bahan citrus seperti lemon juga dapat bekerja dengan baik untuk mencerahkan bintik-bintik penuaan atau bekas jerawat, serta rambut halus di wajah Anda.

Jangan langsung oleskan air lemon di wajah, karena asam dari lemon dapat mengiritasi kulit wajah Anda. Buatlah pasta dengan campuran satu sendok makan air lemon dan madu, lalu oleskan di wajah selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. 

Madu

Foto oleh @fatereh.notebook


Komponen alami madu bermanfaat untuk kulit Anda, terutama jika Anda memiliki jerawat atau kondisi kulit autoimun seperti eksim atau psoriasis. Bahkan pertumbuhan Candida berlebih dapat dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit Anda. Selain itu, madu juga membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, sehingga bagus digunakan untuk mengatasi jerawat.

Cara perawatan wajah alami dengan madu yaitu siapkan madu asli dan oleskan ke seluruh kulit wajah Anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 

Timun

Foto oleh @xoxotsumi


Timun mampu membantu mengurangi pembengkakan pada kulit. Ini mungkin sangat membantu jika Anda kurang tidur dan memiliki bengkak dan lingkaran gelap di bawah mata. Timun bersifat astringen ringan, sehingga dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Ini dapat membantu mengurangi kulit berjerawat.

DIY masker timun sangat mudah, yakni kupas dan parut timun untuk digunakan sebagai masker wajah. Setelah diaplikasikan ke wajah, biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum dibilas dengan air. 

Pilih bahan perawatan wajah alami yang sesuai dengan kondisi kulit. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa bahan untuk merasakan efek positif lainnya. 

Sambil perawatan wajah paling enak kalau ditemani dengan camilan sehat. Lapis Kukus Pahlawan merupakan kue lapis khas Surabaya. Selain rasanya enak, kue lapis kukus yang satu ini juga rendah kalori lho. 

Harga satu kotak kue lapis kukus khas Surabaya ini cukup murah, yakni 30 ribuan saja. Anda bisa memesannya di toko online atau langsung datang ke gerai yang tersebar di Kota Surabaya.