WISATA | 24 AUG 2021

Mencegah Corona Dengan Mudah: Dimulai Dari 20 Detik Saja!

Bulan Maret ini Indonesia dikejutkan oleh wabah COVID-19 atau coronavirus disease 2019 yang menyebabkan banyak kebijakan diberlakukan, salah satunya adalah physical distancing atau jaga jarak fisik dengan orang lain. Bahkan kantor dan sekolah pun wajib untuk merumahkan karyawannya atau work from home. Di tengah pandemi (wabah mendunia) ini, kita perlu menyadari 2 hal: Apa itu corona dan bagaimana cara mencegah corona yang efektif?

Memahami apa itu COVID-19

COVID-19 adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan bersifat menular yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas. Beberapa orang juga mengalami sakit tenggorokan, pilek, atau bersin meskipun lebih jarang ditemukan. Pneumonia dan kegagalan multiorgan hanya terjadi pada penderita paling rentan, seperti penderita yang memiliki penyakit bawaan lain atau lansia.

Bagaimana COVID-19 menyebar?

Gambar tenaga medis kartun dengan masker biru saat corona
Ilustrasi tenaga kesehatan (Sumber: Iconfinder)

Penyakit ini menyebar melalui droplet atau tetesan dari saluran pernapasan saat bersin atau batuk. Ketika seseorang terinfeksi, gejala muncul sekitar 1-14 hari dari terinfeksi dengan rata-rata sekitar 5 hari.

Itulah mengapa saat ini pemerintah mewajibkan masyarakat Indonesia untuk berdiam diri di rumah minimal 14 hari. Selain untuk mengetahui apakah kamu terinfeksi, isolasi diri juga bertujuan untuk menghindari penyebaran virus ini.

Jika kamu terinfeksi, belum tentu kamu mengalami gejalanya, lho!

Ya, jika kamu terinfeksi, belum tentu kamu mengalami gejalanya. Ini disebabkan imun tubuh yang kuat sehingga virus COVID-19 tidak bereaksi atau menimbulkan gejala. Namun, kamu masih bisa menyebarkan virus ini ke orang lain.

Ada 3 kemungkinan jika kamu terinfeksi virus ini:

  1. Kamu tidak mengalami gejala apapun – sebaiknya tetap isolasi diri agar mencegah corona menyebar
  2. Kamu mengalami gejala ringan seperti flu biasa – kamu masih bisa sembuh, kok! Tetap di rumah, minum obat seperti flu biasa, dan makan hidangan sehat. Carilah dokter yang bisa melakukan konsultasi online.
  3. Kamu mengalami gejala berat seperti sesak nafas, demam tinggi – segera ke rumah sakit, gunakan masker, dan tutupi mulut saat batuk atau bersin.

Kenapa kamu tidak boleh ke rumah sakit jika belum positif/gejala berat?

Rumah sakit dipenuhi oleh orang sakit. Ketika kamu sakit, kamu belum tentu mengalami COVID-19, tetapi imun kamu melemah. Jika kamu memaksakan ke rumah sakit, sangat mungkin untuk tertular COVID-19 dan menjadikanmu positif.

Jadi tunda untuk ke rumah sakit sampai gejalanya semakin parah untuk mencegah corona, ya! Gunakan konsultasi dokter online.

Mencegah corona dengan mudah

Ilustrasi sikap, harus waspada tapi santai
Sikap yang sebaiknya ditunjukkan menghadapi Corona (Sumber: Wikipedia)

Daripada mengobati, lebih baik mencegah. Ternyata cara mencegah corona sangat mudah, lho!

1. Mencuci tangan minimal 20 detik

Virus COVID-19 ternyata bisa mati kok dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Ingat ya, sabun apapun sama efektifnya. Tidak perlu memborong sabun khusus cuci tangan, bahkan sabun mandi cair pun juga efektif!

Hand sanitizer hanya digunakan bila sedang tidak ada air mengalir, karena sebenarnya tidak membunuh virus dengan efektif. Tetap mencuci tangan dengan sabun bila sudah menemukan air.

2. Menghindari kerumunan dan keluar rumah

WHO dan Kementerian Kesehatan menyarankan untuk menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain, khususnya yang sedang sakit. Ini untuk mencegah corona menyebar ke badanmu.

Kalau bisa, hindari keluar rumah untuk hal yang tidak perlu, ya! Kalau kamu bisa menggunakan layanan online, sekaranglah saat yang tepat untuk mencoba! Seperti memesan layanan Lapis Kukus Pahlawan yang bisa kamu lakukan secara online.

3. Menggunakan masker saat bersin atau batuk saja

Banyak orang menimbun masker bedah atau medis. Hal ini sebenarnya tidak perlu, karena masker kain memiliki efektivitas yang sama hingga 70% mencegah virus. Bahkan, kamu bisa mencuci masker berulang kali setiap kali keluar rumah, sehingga kamu pun bisa dengan bebas menggunakannya tanpa khawatir perlu beli!

WHO sendiri menyarankan masker hanya digunakan kepada individu yang sakit untuk mencegah droplet keluar dan menyebar. Kalau masker medis habis, para tenaga kesehatan tidak bisa bekerja dan justru menghambat kinerja mereka.

Mencegah corona bersama-sama BUKAN sebuah persaingan!

Ilustrasi sikap yang seharusnya dilakukan saat menghadapi masalah
Bersama-sama menjaga kesehatan (Sumber: Wikipedia)

Perlu diingat kalau mencegah corona itu bukan soal siapa yang paling sehat, ya! Tapi bersama-sama kita berbagi kebaikan agar semua bisa sehat.

Ingat, kita perlu sehat bersama, bukan menjadi yang paling sehat!

Seperti Lapis Kukus Pahlawan yang memastikan kebersihan outlet serta menyediakan hand sanitizer yang bisa kamu gunakan saat membeli di outlet kami! Para pegawai pun juga memiliki kesehatan prima sehingga kamu tidak perlu khawatir.

https://www.instagram.com/p/B91G1OeBlN3/?utm_source=ig_web_copy_link

Eits, kalau buat kamu yang ingin #dirumahaja, boleh banget menggunakan layanan online kami melalui GoFood dan Grabfood! Masing-masing punya promo manis yang bisa kamu manfaatkan untuk melepas kangen dengan Lapis Kukus Pahlawan! Atau kalau kebetulan ngga bisa work from home, kami menyediakan layanan Drive Thru juga lho supaya tidak perlu melakukan kontak langsung.

Kata siapa mencegah corona itu ribet? Ternyata mudah kok, apalagi ditemani dengan lezatnya Lapis Kukus Pahlawan. Nah, sudah siap jadi pahlawan kesehatan di tengah pandemi?