WISATA | 26 OCT 2021

Mengenal Ciri Khas Lapis Surabaya Lewat Resep Lezat Berikut Ini!

Ciri Khas Lapis Surabaya - Siapa yang tidak kenal dengan Lapis Surabaya? Yap, panganan manis dengan rasa yang lezat ini menjadi salah satu kudapan yang disukai semua usia. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang otentik, membuat camilan ini selalu berada di hati para pecinta kuliner.

Lapis Surabaya dulunya dibuat oleh seorang warga Belanda yang berada di Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, oleh warga setempat resep dari kue nikmat ini mulai disesuaikan dengan bahan lokal yang ada di negara Indonesia. Selain itu, kudapan nikmat ini juga disesuaikan dengan selera dan lidah warga Indonesia.  

Ciri khas Lapis Surabaya sendiri bisa dengan mudah kamu temukan, salah satunya di mana kue ini terdiri atas 2 atau 3 lapisan dengan warna kuning dan juga coklat. Bahkan dengan seiring perkembangannya zaman, banyak ciri khas Lapis Surabaya tersebut mulai dibuat dalam berbagai varian warna dan pastinya memiliki rasa yang nikmat.

Tidak perlu ke Surabaya kok untuk mendapatkan Lapis Surabaya ini, karena kamu tetap bisa mendapatkannya dengan mengikuti resep simpel berikut ini!


Bahan-Bahan:

  1. Lapisan Kuning:

- 12 butir kuning telur omega

- 90 gr gula pasir halus (Caster sugar)

- 40 gr tepung terigu Segitiga

- 10 gr tepung maizena

- 10 gr susu bubuk

- 120 gr butter (Golden Churn)

- 1 sdm susu kental manis (SKM)

  1. Lapisan Coklat:

- 12 butir kuning telur omega

- 100 gr gula pasir halus (Caster sugar)

- 35 gr tepung terigu segitiga

- 15 gr bubuk coklat (Bensdrop)

- 10 gr tepung maizena

- 10 gr susu bubuk

- 120 gr butter (Golden Churn)

- 1 sdm susu kental manis (SKM)

- 1 sdm pasta coklat

Cara Membuat Lapis Surabaya:

1. Karena mau bikin 3 lapis, jadi bahan butter kalikan 3 di-mixer jadi satu dulu (360 gr butter dan 3 sdm SKM di-mixer dengan kecepatan sedang sampai pucat, ringan dan mengembang. Sisihkan).

2. Mixer 12 kuning telur dan gula halus sampai kental berjejak, kemudian ayak bahan tepung terigu maizena dan susu mixer sampai rata. Matikan mixer.

4. Campur bahan butter 125 gr yang sudah di-mixer ke adonan dan aduk sampai rata dengan spatula.

5. Alasi loyang dengan kertas dan jangan lupa panaskan oven 180 derajat Celcius api atas bawah selama 10-15 menit.

6. Panggang suhu sama 180 derajat Celcius api atas bawah selama 25 menit atau sampai matang.

7. Lakukan sampai 3 loyang dan setelah dingin olesi selai stroberi secara tipis.

8. Kemudian tumpuk jadi satu dan dipotong.

9. Lapis Surabaya siap untuk disajikan untuk keluarga!

Selain terkenal dengan Lapis Surabayanya yang lezat, Kota Pahlawan juga dikenal dengan salah satu kudapan legendarisnya yang juga disukai semua kalangan yaitu Lapis Kukus Pahlawan. Camilan bertekstur lembut ini sudah tidak asing lagi di kalangan para wisatawan yang senang berkunjung ke kota Surabaya. Ditambah dengan berbagai pilihan rasa yang lengkap, membuat Lapis Kukus Pahlawan sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan untuk dibawa ke kota asal.

Penasaran ingin mencicipi sekotak Lapis Kukus Pahlawan ini? Kamu bisa mendapatkannya langsung secara delivery online di sini