WISATA | 01 FEB 2023

Mengenal Crazy Rich Surabaya, Apa dan Siapa Saja Orangnya?

Crazy rich Surabaya adalah sekumpulan orang terkaya di Indonesia. Semua kekayaan yang melimpah ini bisa menjadi penyebab, kenapa mereka orang tersebut berada di dalam daftar tersebut.

Ada beberapa nama crazy rich Surabaya yang harus diketahui oleh masyarakat. Sedangkan untuk Kamu yang ingin tahu siapa saja daftar orang tersebut bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Daftar Crazy Rich Surabaya

1.     Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo (Sumber: Viva)

Susilo Wonowidjojo merupakan seorang crazy rich yang tidak asing lagi, khususnya masyarakat Surabaya.  Crazy rich Surabaya Susilo Wonowidjojo merupakan penerus dari bisnis Gudang Garam.

Sekarang Susilo Wonowidjojo berada di urutan ke 7 orang paling kaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki oleh Susilo Wonowidjojo di dalam bisnis rokok sudah mencapai Rp71,2 triliun.

Sebelum dipimpin oleh Susilo Wonowidjojo, Gudang Garam dikelolah oleh kakak kandungnya yaitu Rachman Halim sampai dengan tahun 2008. Sesudah kakaknya meninggal, Susilo Wonowidjojo diangkat menjadi seorang direktur dan adiknya Juni Setiawati menjadi komisaris.

2.     Wijono & Hermanto Tanoko

Wijono & Hermanto Tanoko (Sumber: Forbes)

Apabila membicarakan crazy rich Surabaya, untuk nama Wiyono & Hermanto Tanoko tidak boleh terlewatkan. Wiyono & Hermanto adalah pemilik dari PT. Avia Avian. Kini Wiyono & Hermanto kini menempati nomor ke 11 orang paling kaya di Indonesia.

Kekayaan yang dimiliki oleh Wiyono & Hermanto sudah mencapai Rp48,9 triliun. Kedua kakak dan beradik ini menjadi penerus dari bisnis cat paling besar kedua di Indonesia. Pertama kali bisnis cat ini didirikan oleh sang ayah.

Dibawah kepemimpinan dari Wiyono & Hermanto, perusahaan cat ini sudah berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia di tahun 2021 yang lalu. Di dalam website resminya, perusahaan cat ini sudah membawahi 8 perusahaan yang sudah bergerak di berbagai bidang lainnya.

3.     Tahir

Tahir (Sumber: Forbes)

Tahir menjadi orang terkaya di Surabaya yang selanjutnya. Tahir merupakan pendiri Mayapada Group dan berhasil menduduki di peringkat orang terkaya di Indonesia nomor 16. Pria ini lahir di Surabaya dan mempunyai kekayaan sampai dengan Rp35,6 triliun. Seperti yang diketahui, untuk Mayapada Group merupakan bisnis di sektor pelayanan, perbankan, properti dan kesehatan.

4.     Alexander Tedja

Alexander Tedja (Sumber: Forbes)

Nama Alexander Tedja tidak boleh dilewatkan dari list orang terkaya di Surabaya.Alexander Tedja merupakan seorang pengembang real estate dari Pakuwon Jati yang sudah berdiri sejak 1982 dan perusahaan ini go publik di tahun 1989.

Alexander Tedja kini dikenal sebagai orang pengembang mixed use yang telah menggabungkan perkantoran, hotel dan mall di beberapa kota besar. Alexander Tedja merupakan seseorang yang cinta dengan seni. Kekayaan yang dimiliki oleh Alexander Tedha adalah Rp16,3 triliun.

5.     Eddy William Katuari

Eddy William Katuari (Sumber: Akurat)

Eddy William Katuari merupakan pimpinan dari Wings Group. Eddy William Katuari mempunyai posisi ke 39 dari 50 orang yang paling kaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki oleh Eddy William Katuari adalah Rp16,3 triliun. Untuk kekayaan tersebut ditopang dari semua bisnis yang dimiliki. Eddy William Kartyari sudah menjadi pimpinan dari Wings Group sejak tahun 2004.

6.     Tom Liwafa

Tom Liwafa (Sumber: Kompas.com)

Tom Liwafa kini disebut sebagai crazy rich Surabaya yang mempunyai banyak bisnis kuliner, produksi sepatu handmade, furniture dan masih banyak lainnya lagi. Di dalam mengelola bisnis, Tom Liwafa dibantu oleh istrinya.

Salah satu bisnis dari Tom Liwafa yang memberikan banyak keuntungan adalah kuliner dengan nama Sei Sapiku. Sei Sapiku merupakan bisnis kuliner yang menyajikan hidangan khas Kupang.

Sampai dengan saat ini bisnis Sei Sapiku milik Tom Liwafa menjadi salah satu tempat makanan yang pertama hadir di Surabaya Tidak jarang, bisnis kuliner milik Tom Liwafa kini juga dijadikan sebagai aksi donasi dan kampanye.

7.     Christopher Sebastian

Christopher Sebastian (Sumber: Hipmi)

Christopher Sebastian pernah mengalami kehidupan yang tidak mudah dan terlibat di dalam kasus kepemilikan obat terlarang. Bahkan, Christopher Sebastian sempat direhabilitasi mengenai permasalahan tersebut.

Akan tetapi, dengan kerja keras yang tidak pernah menyerah ini membuktikan Christopher Sebastian bangkit dari jeratan dunia kelam. Pertama mengalami kariernya Christopher Sebastian menjadi salah satu seorang karyawan dari perusahaan industri tembakau.

Kini Christopher Sebastian menjadi seorang CEO dari Makko Group. Salah satu bisnis yang dijalankan oleh Christopher Sebastian dengan kolaborasi dengan artis Rizky Billar adalah Raja Se’i dan Ayam Bebek Angsa. Dengan membuka bisnis kuliner ini membuat Christopher Sebastian pernah berkolaborasi dengan Chef Juna.

8.     Melvin Tenggara

Melvin Tenggara (Sumber: Dream)

Melvin Tenggara merupakan anak muda kelahiran tahun 1998. Sosok Melvin Tenggara ini tidak hanya handal di dalam menjalankan bisnis, tapi juga mempunyai pendidikan yang begitu baik.

Bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan bisnis yang dilirik oleh Melvin Tenggara. Mulai dari restoran sampai dengan kedai makanan maupun minuman kekinian juga dikembangkan langsung oleh tangan dari Melvin Tenggara.

Melvin Tenggara kini tinggal di Surabaya dan telah berhasil membuka banyak gerai makanan dan minuman. Hampir di semua pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya tersedia cabang dari bisnis kuliner dari Melvin Tenggara.

Setidaknya, ada lima bisnis kuliner yang dimiliki crazy rich Surabaya Melvin Tenggara. Bahkan ada juga bisnis makanan yang menyajikan dengan nuansa Korean Street dan minuman boba kekinian.

Ketika membicarakan mengenai bisnis kuliner, tentunya sangat menjanjikan. Apalagi, untuk Kamu yang berkunjung di Kota Surabaya pasti sering sekali menemukan cabang dari Lapis Pahlawan.

Lapis Pahlawan merupakan bisnis kuliner yang menyajikan makanan jenis roti maupun bolu. Untuk Kamu yang ingin memberikan oleh-oleh dari Surabaya, Lapis Pahlawan menjadi pilihan paling tepat.

Itulah dia penjelasan mengenai 8 daftar orang crazy rich Surabaya. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan motivasi terhadap Kamu yang saat ini sedang mengelola bisnis.