WISATA | 09 NOV 2023

Menikmati Pesona Tanjung Perak Melalui Taman Barunawati

Halo Rek, kali ini CakMin ingin memberikan pilihan rekreasi singkat tanpa ribet dan pastinya murah meriah. Taman ini adalah Taman Barunawati yang berlokasi di area Pelabuhan Tanjung Perak. Tanjung Perak merupakan sebuah pelabuhan nomor dua terpadat di Nusantara. Taman Barunawati dibangun untuk meninggalkan stigma seram dan kurang ramah yang selama ini disematkan masyarakat terhadap kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. 


Resmi dibuka pada tanggal 9 Oktober 2019, Taman Barunawati adalah salah satu gebrakan dari Pelindo III (Persero). Pelindo III (Persero) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk melukis wajah pelabuhan ini agar tampak lebih indah. Taman Barunawati digunakan sebagai fasilitas umum yang menunjang gerbang Tanjung Perak dengan posisi bersebelahan. Pihak Pelindo III mengklaim bahwa Tanjung Perak adalah pelabuhan terbaik di Indonesia karena mempunyai banyak taman. Tidak melulu terdapat bangunan gedung tinggi, keberadaan taman sangat bermanfaat tidak hanya untuk pencitraan perusahaan, namun lebih utamanya bagi masyarakat sekitar.


Selamat datang di Taman Barunawati Surabaya, tempat rekreasi keluarga yang nyaman dan aman! Siapa yang tidak suka berlibur bersama keluarga? Jika Kamu mencari destinasi mudah dan murah untuk dijangkau, Taman Barunawati Pelabuhan Tanjung Perak adalah pilihan yang ideal. Berikut informasi lengkap hasil penelusuran CakMin.

Daya Tarik Taman Barunawati

Sumber: Larismanis.com


  • Ruang Terbuka yang Ikonik

Jika sebelumnya menjadi taman yang terlihat seram, kini tampil dengan wajah baru yang menawan. Memiliki tiga bulatan yang ikonik, yang juga menjadi lambang dari Pelindo III. Desain yang cantik dan suasana yang asri karena hadirnya air mancur yang cocok untuk sekedar melepas penat. 


Kamu juga bisa menghabiskan sore hari bersama keluarga disini. Mulai dari pukul 3 sore, taman ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati sore hari yang cukup sejuk dan indah. Mobil-mobil tronton besar meski tetap lalu lalang melintas, seakan tidak menjadi masalah. 


Saat akhir pekan di pagi hari, Taman Barunawati biasanya dijadikan tempat pemberhentian untuk para komunitas olahraga bersepeda. Sambil bersantai melepas lelah, Mereka bisa menikmati hidangan makanan dan minuman cafe yang terletak di area taman. Dengan berbagai macam aneka camilan dan minuman, harga yang ditawarkan juga termasuk ramah di kantong.


  • Pancaran Lampu Yang Indah di Malam Hari

Sumber: Tiktikomapost


Terdapat pencahayaan yang terkonsep di Taman Barunawati ini. Lampu-lampu menari dengan indah sejak pukul 17.00 hingga 00.00 WIB. Kamu bisa menambah koleksi foto-foto pribadi karena terdapat banyak spot yang menarik di taman ini. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-teman.


  • Area Playground Yang Ramah Untuk Anak-Anak

Sumber: Larismanis.com 


Taman kota ini layaknya hutan kota homogen, dominan pohon jenis sono. Selain membuat suasana menjadi teduh, juga terlihat lebih lapang. Di antara pohon-pohon yang cukup rindang, terdapat pula area playground. Area playground yang merupakan fasilitas wajib bagi sebuah taman aktif terletak dekat pintu masuk dan patung kuda. Anak bisa langsung menikmati permainan begitu masuk taman. Tidak perlu menjelajahi beberapa area tertentu sebelum tiba di area playground.


Orang tua tetap bisa mengawasi tumbuh kembang anak-anak yang sedang bermain. Pilihan permainan yang tersedia juga bisa dibilang cukup, seperti; perosotan, jungkat-jungkit, tiang gantung, dll. Playground ini beralaskan pasir, jadi aman bagi anak-anak jika secara tidak sengaja terjatuh. Dengan bermain secara aktif akan mampu membuat anak lebih sehat dari segi fisik dan mental serta mampu meningkatkan fokus belajar dan mengasah kepercayaan pada diri.


  • Jalur Jogging Track dan Refleksi Kaki

Bagi yang berusia paruh baya atau masuk usia senja, Taman Barunawati menyediakan fasilitas jalur jogging track dan refleksi kaki. Kamu bisa berolahraga ringan dan sekedar mencari keringat disinari matahari pagi. Lintasan jalur refleksi kaki di taman ini berbentuk huruf o, mengelilingi`pohon. Dipadu dengan warna lintasan berwarna-warni.

Hal - Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Berkunjung ke Taman Barunawati


  • Arus Lalu Lintas Padat dan Kendaraan Tronton Besar

Kamu harus selalu berhati-hati saat menuju Taman Barunawati, terutama di saat jam kerja. Dikarenakan masuk area Pelabuhan Tanjung Perak, jalur ini sangat padat dengan keberadaan truk-truk tronton besar. 


Arus lalu lintas seperti terjadi setiap hari, bahkan di akhir pekan. Terlebih lokasi Taman Barunawati dekat dengan pertigaan antara Jl. Laksda. M. Husin, Jl. Tanjung Priok, dan Jl. Perak Barat. Lebih tepatnya taman ini persis bersebelahan dengan 2 gapura Pelabuhan Tanjung Perak dan Komplek Pendidikan Barunawati.


Walaupun, jarak antara rumah dan lokasi taman cukup dekat, pastikan Kamu selalu menaati standar keamanan. Selalu menaati rambu-rambu lalu lintas. Menggunakan helm dan penunjang keselamatan lainnya. Dan yang pasti, selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara.


  • Keamanan dan Keselamatan

Dikarenakan Taman Barunawati merupakan ruang terbuka umum, pastikan selalu keamanan dan keselamatan keluargamu. Pertama, pantau selalu pergerakan si buah hati. Mereka bebas bergerak dan bermain dimana saja. Namun, orang tua harus tetap memantau agar bebas dari hal-hal yang berbahaya.

Kedua, CakMin menyarankan agar selalu memastikan barang bawaan tetap pada kondisi aman. Segala potensi kegiatan pencurian bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Pencurian sering terjadi karena faktor kelalaian dari pemilik. Dan yang terakhir, jika terjadi potensi pelecehan baik seksual atau bukan, langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib.


  • Kebersihan dan Hindari Pengrusakan

Pihak Pelindo III memberikan akses dan fasilitas gratis yaitu Taman Barunawati, demi kebaikan masyarakat. Peningkatan kualitas hidup warga Surabaya sebagai salah satu prioritas mereka. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika pengunjung juga turut menjaga semua fasilitas yang ada. Laporkan segera ke pihak berwajib jika melihat pengunjung yang melakukan kegiatan vandalisme.

Orang tua juga bisa mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu menjaga kebersihan. Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah bentuk kegiatan edukasi yang baik bagi si kecil. Bagi yang mempunyai kegiatan merokok, pastikan jauh dari anak kecil. Dan yang lebih penting lagi adalah dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.


Jadi, jika Kamu mencari tempat rekreasi keluarga yang singkat dan terjangkau, Taman Barunawati Surabaya adalah pilihan yang bijak. Dengan berbagai jenis fasilitas yang ditawarkan, Kamu akan mendapatkan rekreasi yang menyenangkan. Seusai bersantai, jangan lupa untuk mencicipi Lapis Kukus Pahlawan yo Rek! Camilan lezat ini sangat mudah dibeli baik secara online atau dengan mengunjungi outlet secara langsung.