WISATA | 19 AUG 2021

5 Minuman Khas Surabaya: Segar dan Cocok Diminum Kapan Saja

Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaannya sendiri yang begitu berlimpah, terutama di bidang kuliner. Surabaya sendiri memiliki begitu banyak makanan dan minuman khas Surabaya yang begitu segar dan cocok sekali dinikmati kapan pun.

Minuman khas Surabaya ini tentu saja cocok untuk dinikmati ketika Surabaya sedang panas-panasnya. Masalahnya, kita semua tahu jika keadaan panas di Surabaya adalah setiap saat. Jadi, minuman ini memang selalu cocok untuk diminum kapan pun.

Yuk langsung simak saja minuman khas Surabaya yang bisa kita nikmati jika berkunjung ke Kota Pahlawan ini!

1. Es Sinom

minuman khas surabaya
es sinom/cookpad

Jika biasanya jamu memiliki cita rasa yang pahit, maka tidak dengan es sinom. Minuman khas Surabaya ini memang tergolong sebagai jamu dengan khasiat melancarkan pencernaan. Namun, jamu yang satu ini bercita rasa manis dan asam.

Es Sinom cocok sekali dinikmati ketika siang hari. Diberi es batu yang agak banyak dan rasanya tentu saja bertambah lezat. Karena khasiatnya yang tidak perlu diragukan lagi, minuman ini baik untuk dikonsumsi setiap hari loh.

2. Es Dawet Siwalan

Seperti namanya, es ini berbahan dari siwalan atau buah lontar yang kemudian dibentuk selayaknya es dawet. Maka dari itu, jika biasanya es dawet berwarna hijau, es dawet siwalan ini berwarna putih.

Dikarenakan es ini harus menggunakan buah siwalan, maka tidak jarang es ini susah ditemukan karena siwalan tidak tumbuh di sembarang tempat. Jadi, biasanya es ini hanya banyak dijual di sepanjang jalan raya Peciran yang memang memiliki tanah kering, cocok ditumbuhi siwalan.

3. Legen

minuman khas surabaya
legen/cookpad

Sama seperti es dawet siwalan, legen juga berbahan dasar buah siwalan. Bedanya, legen hanya menggunakan air yang keluar dari siwalan. Air ini ditampung selama semalaman penuh loh.

Rasa dari legen adalah percampuran dari manis, segar, dan asam. Ada dua legen yang terkenal, yaitu panceng dan hendrosari yang keduanya sama-sama menyegarkan jika diminum kapan saja.

4. Serbat

Minuman khas Surabaya ini terbuat dari bahan campuran kelapa muda, air kelapa, daun pandan, kayu manis, gula merah, dan jahe. Semua bahan tersebut direbus, kecuali kelapa muda yang nantinya akan ditambahkan di akhir agar tetap segar.

Karena mengandung jahet, minuman ini memang paling cocok dikonsumsi saat hawa sedang dingin. Namun, kamu juga bisa kok menyantapnya saat siang hari dengan menambahkan es batu supaya lebih segar.

5. Es Pisang Ijo

minuman khas surabaya
es pisang ijo/selerarasa.com

Minuman ini memang terdapat di semua daerah, tetapi Surabaya juga memiliki kekhasan dalam es pijang ijo ini. Terlebih, cuaca Surabaya yang selalu panas tentu saja sangat pas untuk menyantap minuman khas ini di saat siang hari.

Cita rasanya yang manis dan menyegarkan akan memberikan energi sehingga lebih semangat dalam menjalankan aktivitas.

Itulah minuman-minuman khas Surabaya yang bisa kita icip jika kita berlibur ke sana. Nah, jangan lupa juga nih ketika menikmati minuman juga menikmati camilan untuk mendampingi kelezatannya.

Cemilan lezat tentu saja pilihan jatuh kepada Lapis Kukus Pahlawan yang rasanya begitu legit. Porsinya yang besar juga bisa nih dibagi dengan kerabat dan teman untuk menemani waktu mengobrol sore atau malam.

Pilihan variasinya juga beragam sehingga tidak perlu bingung akan memilih yang mana. Yang pasti, harganya bersahabat sehingga bisa dibagi-bagi ke banyak orang dengan membelinya dalam jumlah banyak.