WISATA | 25 AUG 2024

Mirip Map Mobile Legends, Gumuk Pecah Jadi Wisata Jatim Hits

Satu lagi wisata Jatim yang unik, indah, dan ternyata gratis! Gumuk Pecah namanya’ yang terletak di Kabupaten Jember.

Selain suasananya yang tenang dan asri, lanskap Gumuk Pecah juga sangat mirip dengan arena Mobile Legends. Penasaran? Yuk lihat ulasannya berikut ini.

Keunikan Gumuk Pecah yang Mirip Mobile Legends

Sumber: instagram.com/btvidofficial 


Gumuk Pecah mulai viral setelah diunggah oleh sebuah akun @SukaHunting di TikTok. Dari udara, penampakan lanskap kolam asri ini sangat mirip dengan Land of Dawn, arena pertarungan dalam game Mobile Legends.

Kemiripan inilah yang menjadikan Gumuk Pecah salah satu wisata viral Jawa Timur dan ramai dikunjungi. Selain kemiripan tersebut, ternyata suasana di objek wisata Jatim ini memang tenang, asri, dan cocok untuk healing. Sehingga makin banyak orang yang menyambangi tempat ini.

Sejarah Gumuk Pecah

Sumber: instagram.com/jarang_moto 


Ternyata, Gumuk Pecah sudah ada sejak zaman Belanda, lho. Tadinya kolam ini justru dijauhi masyarakat karena dianggap angker. Terlebih lokasinya dekat pemakaman umum dan suasana di sana selalu sepi.

Disebut Gumuk Pecah karena di tengah kolam ada dua gumuk (bukit) yang seperti terpecah dan dipisahkan oleh jalan setapak. 

Gumuk sebelah utara adalah yang sering dikunjungi wisatawan, sementara gumuk selatan cenderung sepi karena berbatasan dengan pemakaman. 

Setelah puluhan tahun dijauhi, di tahun 2019 warga desa Karangduren memutuskan untuk mengelola tempat ini, dengan membangun fasilitas dan memperbaiki penampilan Gumuk Pecah.

Rumput liar di sekitarnya dirapikan dan diberi beberapa ornamen serta tanaman yang cantik. Air kolam pun dibersihkan hingga cukup jernih.

Sebuah jembatan dari bambu dibangun warga dan diberi nama Dermaga kahiyangan, tepat di depan batu besar ikonik di tengah kolam. Kini, jembatan dan batu besar ini menjadi spot foto yang populer di kalangan wisatawan. 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Walaupun luas objek wisata viral Jawa Timur ini tidak seberapa besar, tetapi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di sini. Seperti:

Memancing

Banyak wisatawan yang memilih untuk memancing di sini. Sayangnya tidak ada tempat penyewaan alat pancing, jadi Anda harus membawa alat sendiri.

Berlayar dengan rakit

Salah satu aktivitas yang menantang adalah berlayar di tengah kolam menggunakan rakit. Suasana yang asri dengan semilir angin akan menambah sensasi berlayar yang menyenangkan.

Bersepeda

Sumber: instagram.com/diah.dey10 


Meskipun tidak banyak, tetapi ada beberapa hotel di sekitar Gumuk Pecah, dengan jarak sekitar 11 hingga 18 kilometer saja. Bagi Anda yang hobi gowes, bisa bersepeda di pagi hari ke Gumuk Pecah dari hotel.

Walaupun lumayan menguras tenaga, tetapi suasana yang asri dan angin sepoi-sepoi plus udara segar akan menghilangkan semua penat.

Ngopi santai

Di dekat pintu masuk ada warung kopi yang bisa Anda sambangi untuk ngopi santai dan bercengkrama dengan teman-teman. 

Ada juga beberapa warung nasi dan penjual jajanan di sekitar Gumuk Pecah jika Anda ingin sajian selain kopi,

Berburu spot foto 

Gumuk utara adalah spot foto yang bagus dan instagramable. Anda bisa berlatih fotografi dan mendapatkan objek alami yang indah. 


Rute Lokasi dan Jam Buka

Saat ini Gumuk Pecah buka mulai hari Rabu hingga Sabtu pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tidak ada harga tiket yang harus dibayar untuk masuk ke sini. 

Namun bila Anda makan, ngopi, maka harus membayar sesuai berat ikan dan jumlah makanan yang Anda santap. Begitupun jika ingin memancing, akan dikenakan biaya Rp5.000 saja. 

Lokasi Gumuk Pecah  berada di Krajan I, Desa Karangduren, Kec. Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68161. Jika dari Jember, Anda bisa mengambil rute ke Rambipuji terlebih dulu.

Lalu belok kiri ke Balung-Rambipuji/Jl. Airlangga/Jl. Lumajang dan masuk ke Jl. Rambipuji-Balung. Dari Balung, teruskan ke Jl. Bawean, lalu ke Jl. Karangduren. 

Setelah itu masuk ke Jl. Ahmad Yani, dan ikuti rutenya hingga melewati Kantor Kepala Desa Karangduren. Kemudian belok kiri ke Jl. Gambirono dan ikuti rute jalan hingga sekitar 1,5 km. Lokasi Gumuk Pecah ada di sebelah kanan.

Demikian ulasan mengenai Gumuk Pecah, objek wisata Jatim yang viral karena kemiripannya dengan map Mobile Legends. Tertarik untuk berakhir pekan ke sana?