WISATA | 19 AUG 2021

5 Museum Surabaya Untuk Pelajar yang Cocok jadi Wisata Edukatif

Apakah kamu sedang mencari museum Surabaya untuk pelajar? Jika iya, maka kamu perlu mencatat beberapa rekomendasi museum yang cocok untuk wisata edukasi. Bagi para pelajar, sangat penting untuk sesekali mengunjungi museum. Karena di sana akan banyak ilmu yang tidak dipelajari di buku sekolah. Selain itu, museum berisi bukti-bukti peristiwa masa lampau yang sudah menjadi sejarah.

Mengunjungi museum juga sangat bermanfaat untuk anak. Misalnya untuk mengajarkan sikap patriotisme dengan mempelajari perjuangan pahlawan di masa sebelum kemerdekaan. Untung saja, museum yang ada di Surabaya sangat bermacam-macam. Mulai dari museum kesehatan, museum penerbangan, sampai museum perjuangan. 

1. Museum Sepuluh Nopember

5 Museum Surabaya Untuk Pelajar yang Cocok jadi Wisata Edukatif
(sumber: travelingyuk

Sesuai dengan namanya, museum Surabaya ini berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan peristiwa 10 November 1945. Terletak di komplek Tugu Pahlawan yang berlokasi di Jl. Pahlawan. Museum ini berada di pusat Kota Surabaya dan dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. 

Museum Sepuluh Nopember cocok banget sebagai museum Surabaya untuk pelajar. Pasalnya di sana akan ditampilkan koleksi-koleksi yang menggambarkan suasana peperangan 10 November. Mulai dari patung pahlawan, foto-foto, lukisan, Singkatnya kamu bisa melihat kembali peristiwa tersebut melalui gambar-gambar yang ada.

2. Museum Kesehatan

Museum Kesehatan Surabaya, Dari Pengobatan Modern Sampai Tradisional
(sumber: kartikaratriii)

Museum Surabaya untuk pelajar yang satu ini juga cocok untuk wisata edukasi. Terlebih bagi yang tertarik dengan ilmu kesehatan. Museum yang diberi nama museum Kesehatan Dr. Adhyatama ini disahkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 14 September 2004. Berbagai informasi mengenai dunia medis Indonesia dari tradisional sampai modern ada di sini.

Ada juga perpustakaan khusus yang berisi buku, rekaman, majalah dan video tentang ilmu kesehatan. Jangan terkejut, ya karena di museum kesehatan ini juga terdapat alat-alat tradisional yang dulu digunakan untuk menyembuhkan orang. Misalnya klenik, dupa, jelangkung dan lainnya.

3. Museum Surabaya Siola

5 Museum Surabaya Untuk Pelajar yang Cocok jadi Wisata Edukatif
(sumber: ecobis)

Museum yang satu ini, lebih unik dari museum lainnya. Pasalnya, tidak hanya menjadi tempat barang-barang bersejarah, museum ini juga seringkali dijadikan spot foto yang hits banget. Gak salah kalau museum ini cocok menjadi museum untuk pelajar. Selain belajar, mereka juga bisa berfoto-foto.

Beberapa cuplikan benda-benda bersejarah yang ada di sana meliputi foto walikota Surabaya dari masa pemerintahan 1916 sampai sekarang. Ada pula barang-barang peninggalan pahlawan seperti biola Wage Rudolf Supratman, alat musik yang dipakai Gombloh sampai transportasi Surabaya masa lampau.

4. Museum W. R. Soepratman

Tidak banyak yang tahu, museum ini merupakan bekas rumah W.R Soepratman. Di sanalah generasi muda bisa lebih mengenal lebih dekat sang maestro Indonesia. Museum Surabaya untuk pelajar ini diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tepat di hari pahlawan.

Tujuan dibangunnya museum ini adalah sebagai tanda apresiasi bagi para pahlawan khususnya W.R Soepratman yang pernah mewarnai sejarah perjuangan bangsa diSoepratma.

5. Museum Pendidikan Surabaya.

Museum Pendidikan Surabaya ini dulunya merupakan bangunan sekolah Taman Siswa. Diresmikan oleh Ibu Tri Risma pada tanggal 25 November 2019 yang bertepatan dengan hari Guru Nasional. Gedung bernuansa putih ini dulunya adalah sekolah pertama bagi penduduk pribumi pada masa sebelum kemerdekaan.

Di sana terdapat koleksi patung yang menunjukkan kehidupan masyarakat pra aksara. Terdapat juga koleksi naskah kuno yang berisi informasi mengenai kehidupan masyarakat pra aksara.

Itulah museum Surabaya untuk pelajar yang cocok sebagai wisata edukatif. Jangan lupa usai wisata beli oleh-oleh  Lapis Kukus Pahlawan, ya. Nikmati kue khas Surabaya yang kekinian abis.