WISATA | 24 AUG 2021

Oleh-Oleh Awet Surabaya: 7 Buah Tangan yang Tahan Lama untuk Dibawa Pulang Ke Rumah

Surabaya memiliki beragam kuliner nikmat yang melimpah ruah, baik yang berharga murah di kaki lima maupun dengan harga high class di restoran mahal. Berbicara tentang kuliner, tidak sedikit yang juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat. Kalau kamu mencari oleh-oleh awet Surabaya yang bisa tahan dalam jangka waktu yang lama, artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai oleh-oleh tahan lama yang bisa kamu beli saat berada di Surabaya.

1. Almond Crispy

almond crispy rasa green tea, almond crispy rasa cokelat
Almond Crispy (Sumber: Tribun Travel)

Kue khas Surabaya ini wajib untuk dibawa pulang sebagai pelengkap kehadiranmu di Surabaya. Kue ini berbentuk pipih dan krispi dengan parutan keju serta almond panggang di atasnya.

Berbagai pilihan rasa seperti original, coklat, dan green tea bisa kamu pesan sesuai dengan lidah kamu. Kabar baiknya, oleh-oleh ini bisa bertahan selama tiga bulan di luar kulkas. Selain renyah di mulut, kue ini juga bisa bertahan lama!

2. Siropen Talasih

siropen talasih di atas meja
Siropen Talasih (Sumber: Good News From Indonesia)

Siropen atau sirup Telasih adalah salah satu oleh-oleh dari Surabaya yang bertahan sejak tahun 1923. Bahkan bisa dibilang merupakan sirup pertama Indonesia, lho! Kamu bisa memilih antara Siropen Selasih atau Siropen Premium. Bedanya hanya pada botolnya; Siropen Premium memiliki desain seperti minuman keras sehingga menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Untuk varian rasa, kamu bisa memilih antara vanila, leci, melon, hingga mawar.  Rasanya sangat segar dengan gula berkualitas serta tanpa pengawet sedikitpun. Siropen Telasih merupakan oleh-oleh awet Surabaya karena bisa bertahan hingga tiga tahun. Cocok kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

3. Sambal Bu Rudy

sambal bu rudy di atas etalase
Sambal Bu Rudy (Sumber: Indotrading News)

Selain menjadi tujuan kuliner wajib saat di Surabaya, Bu Rudy juga menyediakan sambal kemasan yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Sambal Bu Rudy memiliki 3 varian rasa yang berbeda, yaitu bawang, hijau, dan bajak.

Rasa sambalnya begitu khas karena ada rasa udang di dalamnya. Soal kualitas, jangan ditanyakan lagi. Setiap masa liburan, para mahasiswa berderet antri memenuhi restoran untuk berbelanja sambal Bu Rudy sebagai oleh-oleh awet Surabaya. Sambal ini bisa bertahan hingga dua bulan, lho!

4. Suoklat Suroboyo

suoklat suroboyo di atas taplak merah dan putih
Suoklat Suroboyo (Sumber: Sehat Bersama Indonesia)

Siapa yang tidak suka cokelat? Mulai dari anak-anak hingga dewasa, cokelat masih menjadi primadona yang selalu nikmat untuk disantap. Jika kamu berada di Surabaya, kamu bisa membawa Suoklat sebagai oleh-oleh yang awet khas Surabaya.

Suoklat memiliki variasi produk cokelat seperti cokelat dengan isian mente, dark chocolate crispy, dark chocolate cookies, dark kurma mente, hingga cokelat jahe. Suoklat juga bisa bertahan lama, apalagi jika dimasukkan ke dalam kulkas. 

Kemasan Suoklat merupakan daur ulang kulit jagung, serbuk bambu, dan eceng gondok, lho. Jadi selain mendapatkan lezatnya cokelat, kamu juga berpartisipasi menyelematkan bumi.

5. Kaos Cak Cuk

store cak cuk surabaya
Kaos Cak Cuk (Sumber: eastjavatraveler.com)

“Cak” merupakan panggilan untuk lelaki yang lebih tua, sedangkan “Cuk” adalah ungkapan yang terdengar kasar namun sangat familier di hati warga Surabaya. Tidak ada niatan buruk, melainkan justru sapaan akrab.

Kaos Cak Cuk mengadaptasi ungkapan tersebut dan menawarkan kaos asli Surabaya dengan kata-kata yang unik serta informasi menarik seputar Surabaya yang dikemas dalam desain yang jenaka.

Selain oleh-oleh yang berbentuk makanan, oleh-oleh berbentuk kaos tentunya akan lebih awet karena bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dengan menggunakan bahasa Suroboyoan yang menggelitik, Kaos Cak Cuk merupakan buah tangan unik yang bisa kamu bawa pulang.

6. Kerupuk Ikan Kenjeran

etalase kerupuk ikan kenjeran
Kerupuk Ikan Kenjeran (Sumber: Brrrwisata.com)

Kalau kamu berjalan-jalan di kawasan Kenjeran, kamu tidak akan asing dengan pemandangan kerupuk ikan yang digantung di depan rumah warga.

Warga sekitar Kenjeran memang memiliki keahlian mengelola hasil laut menjadi kerupuk ikan dengan rasa yang gurih dan nikmat. Tidak hanya kerupuk ikan saja yang diolah mereka, namun udang, cumi, kerang, dan rumput laut pun disulap menjadi kerupuk yang lezat dijadikan cemilan maupun pendamping saat makan.

Kamu bisa menemukan oleh-oleh awet Surabaya ini dalam kemasan yang sudah siap santap atau masih mentah yang bisa kamu goreng sendiri nantinya.

7. Lapis Kukus Pahlawan

lapis kukus pahlawan rasa original
Lapis Kukus Surabaya

Ini adalah primadona oleh-oleh murah Surabaya yang sedang hits. Perpaduan lembut tepung terigu dan tepung singkong yang presisi menghasilkan rasa yang selalu dinanti-nanti. Dilengkapi oleh topping yang pas, rasanya langsung lumer di mulut. Tidak heran jika toko Lapis Kukus Surabaya Pahlawan sering kebanjiran pelanggan apalagi saat puncak liburan di Surabaya.

Kamu bisa memilih dari 6 varian rasa yang unik serta beragam ukuran, mulai dari minipack hingga family pack. Ketahanannya juga lama, lho, mulai dari 3 hari di suhu ruangan hingga 7 hari dalam kulkas. Mulai dari Rp15.000, kamu bisa membawa pulang kelezatan kue Lapis Kukus Surabaya Pahlawan.

Jika kamu kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk membeli semua oleh-oleh ini, kamu bisa mampir ke toko atau mitra resmi Lapis Kukus Surabaya Pahlawan. Tidak hanya kue lapis favorit warga Surabaya, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh murah Surabaya dalam satu tempat sehingga kamu tidak perlu lagi mengelilingi kota untuk membeli satu per satu. Mudah sekali, bukan?