WISATA | 19 AUG 2021

5 Restoran Rawon Khas Surabaya, Daging Melimpah dan Bumbunya Sedap!

Rawon khas Surabaya – Kota Surabaya memiliki banyak sekali makanan khas. Mulai dari cemilan berupa kue manis, cemilan pedas, sampai makanan berat. Berciri khas kaya akan rempah-rempah, Surabaya memang surganya makanan tradisional. Salah satu yang harus dicoba ketika ke Kota Pahlawan ini adalah rawon khas.

Rawon merupakan makanan khas Indonesia yang berupa sup daging berkuah hitam. Bumbunya menggunakan kluwek. Biasa dihidangkan dengan sepiring nasi hangat, sambal, dan kerupuk. Jika kamu penasaran dengan rawon khas Surabaya, kamu bisa mengunjungi restoran berikut ini.

1. Rawon Setan Embong Malang

5 Restoran Rawon Khas Surabaya, Daging Melimpah dan Bumbunya Sedap!
(sumber: andreas elisafan)

Buat kamu pecinta rawon, wajib banget datang ke Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya . Lokasinya dekat dengan tunjungan Plaza. Berdasarkan kesaksian mereka yang sudah menikmati rawon khas Surabaya ini, Rawon Setan Embong Malang adalah yang paling recomended. Sesuai dengan namanya, cita rasa rawon ini adalah pedas. 

Namun, jika kamu tidak begitu menyukai rasa pedas, bisa memesan untuk tidak menyertakan sambal. Rasanya penuh rempah, potongan dagingnya sangat besar tapi empuk, lho.

2. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator adalah rawon khas Surabaya yang legendaris. Tempatnya berada Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya. Rawon ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Surabaya maupun wisatawan yang penasaran akan rasanya. 

Penyajiannya sama seperti rawon pada umumnya yakni dengan sepiring nasi dan tambahan lauk lain. Dinamakan Rawon Kalkulator karena di sana kamu akan disuguhi pemandangan pegawai yang sedang menghitung dengan kalkulator.

3. Rawon Pak Pangat Wonokromo

5 Restoran Rawon Khas Surabaya, Daging Melimpah dan Bumbunya Sedap!
(sumber: baskoro julia)

Rawon khas Surabaya yang satu ini berbeda dengan yang lain. Jika sebelumnya hanya disediakan satu menu, di Rawon Pak Pangat Wonokromo ini ada 3 jenis rawon yakni rawon suwir, krengsengan dan campur. Selain itu ada pula menu tambahan lain yang semakin membuat acara makan tambah nikmat.

Suasana menyantap semangkuk rawon panas ditemani lagu tradisional bakal bikin kamu tak akan pernah lupa dengan Surabaya. Ajak keluargamu juga ya di Rawon Pak Pangat Wonokromo yang terletak di Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya.

4. Rawon Nguling

Rawon Nguling adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang terkenal akan rasa rempah-rempahnya. Terletak di pinggir Jl. Raya Kendangsari Industri No.41B, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, membuat banyak pengunjung yang dengan mudah mampir ke kedai ini. 

Seperti halnya rawon pada umumnya, daging empalnya sangat empuk ditemani dengan perkedel yang tak kalah lezat. Buat kamu yang malas keluar namun ingin menikmati semangkuk rawon panas bisa pesan secara online di ojol, ya.

5. Rawon Pucang Moroseneng

5 Restoran Rawon Khas Surabaya, Daging Melimpah dan Bumbunya Sedap!
(sumber: prasetyo nugroho)

Yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka lapar tengah malam. Karena Rawon Pucang Moroseneng ini buka sampai pukul 03.00 pagi lho. Dengan Rp20.000 saja kamu bisa menikmati semangkuk rawon panas dan es teh. Lokasinya yang terletak di Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, membuatnya sering didatangi pekerja yang lagi pulang kantor.

Itu dia rekomendasi rawon khas Surabaya yang wajib banget kamu cobain satu-satu. Apalagi kalau kamu pecinta hidangan daging ini pasti akan jatuh cinta dengan salah satu rawon di atas.

Setelah makan berat, enaknya makan yang manis untuk pencuci mulut. Sekalian beli oleh-oleh, yuk cobain Lapis Kukus Pahlawan yang memiliki banyak varian rasa. Dinikmati sambil ngobrol dan ngopi bikin betah banget!