WISATA | 13 MAR 2024

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Surabaya, Anda Wajib Mampir!

Berwisata ke Kota Pahlawan tentu tidak boleh melewatkan berbagai macam sajian lezat yang ada di sana. Mulai dari rujak cingur yang lezat hingga lontong balap yang khas, ada banyak rekomendasi kuliner legendaris Surabaya yang wajib Anda coba.

Daftar Kuliner Legendaris Surabaya

Berikut ini berbagai kuliner populer yang melegenda di Surabaya:

Pecel Rawon Warung Pojok Moroseneng

Sumber: instagram.com/abahraos

Pernahkah Anda menikmati sepiring nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon hitam pekat? Makanan unik ini bisa Anda cicipi di Warung Pojok Moroseneng. Tempat ini sudah sejak lama jadi favorit warga Surabaya, terutama mereka yang suka berburu kuliner di malam hari. Selain menu pecel rawon yang dicampur, Anda juga bisa memesan menu rawon saja atau pecel saja.

  • Alamat: Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Surabaya

  • Jam buka: Setiap hari pukul 21.15-03.30 WIB.


Rujak Cingur Ahmad Jais

Sumber: instagram.com/kentaschecter

Mendengar kata kuliner khas Surabaya, mungkin rujak cingur langsung terlintas di pikiran Anda. Makanan khas yang dilengkapi dengan hidung sapi ini memang selalu jadi tujuan utama wisatawan yang pergi ke Surabaya. Rujak Cingur Ahmad Jais adalah tempat legendaris yang sudah berjualan sejak tahun 1970. Keunikan rujak cingur yang disuguhkan di sini ada pada campuran kacang mede pada bumbu siramnya, menciptakan rasa yang unik dan berbeda.

  • Alamat: Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 12.00-17.00 WIB.


Nasi Babat Pegirian

Sumber: instagram.com/cecekuliner

Kuliner lain yang wajib dicicipi di Kota Pahlawan adalah Nasi Babat di Pasar Pegirian. Sepiring nasi hangat disajikan bersama dengan babat dan paru sapi yang dimasak dengan bumbu khas Madura ini sangat diminati oleh warga Surabaya. Uniknya lagi, nasi yang digunakan adalah nasi jagung untuk menciptakan kesan jadul, tapi tidak mengurangi kelezatannya.

  • Alamat: Pasar Pegirian, Jl. Nyamplungan No.236, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 17.00-02.00 WIB.


Rawon Setan Embong Malang

Sumber: instagram.com/amazingindonesiafood

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang selalu bikin kangen. Jika Anda ingin merasakan sensasi makan rawon yang berbeda, mampir saja ke Rawon Setan di Jalan Embong Malang. Sesuai dengan namanya, rawon yang disajikan di tempat ini dikenal punya rasa pedas yang nendang, namun tetap bikin ketagihan.

  • Alamat: Jl. Embong Malang, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.


Tahu Telor Pak Jayen

Sumber: instagram.com/koh_aming

Makanan khas lain yang bisa Anda temui di Surabaya adalah Tahu Telor Pak Jayen, kuliner legendaris yang berjualan sejak tahun 1989. Perpaduan tahu dan telur yang disiram dengan bumbu petis ini sangat menggoda selera sekaligus mengenyangkan. Tahu Telor Pak Jayen punya sejumlah cabang, namun kedai pusat yang hanya buka di sore hingga malam hari biasanya jadi favorit para pelanggan.

  • Alamat: Jl. Dharmahusada Indah I Blok C No.2, Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 17.00-23.00 WIB.


Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Sumber: instagram.com/kbd.luwe

Satu lagi kuliner khas Surabaya yang sudah melegenda, yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1958 dan masih ramai oleh pengunjung sampai saat ini, baik warga Surabaya sendiri maupun pelanggan dari luar kota. Di sini Anda bisa mencicipi lontong balap yang diracik dengan resep otentik untuk memanjakan lidah dengan cita rasa khas yang masih dipertahankan.

  • Alamat: Jl. Embong Malang No.38, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00-23.00 WIB.


Sego Sambel Mak Yeye

Sumber: instagram.com/surabayafoodies

Terakhir ada Sego Sambel Mak Yeye sebagai rekomendasi kuliner legendaris Surabaya. Warung nasi yang sudah ada sejak tahun 1982 ini tidak punya cabang, baik di kota Surabaya maupun di di luar kota. Oleh karena itu, jika Anda penasaran dengan pedasnya sambal di warung ini, bersiaplah untuk mengantri di malam hari ya! Selain itu, jangan lupa untuk datang lebih awal karena makanan di Sego Sambel Mak Yeye biasanya cepat habis sebelum jam tutupnya.

  • Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari pukul 21.00-04.00 WIB.