WISATA | 24 AUG 2021

Sejarah Tahu Tek Surabaya yang Harus Kamu Tahu

Sejarah Tahu Tek Surabaya – Surabaya merupakan salah satu daerah yang memiliki beragam kuliner khas. Lezat dan terjangkau, makanan khas Surabaya bahkan sudah menyebar ke seluruh negeri. Sebut saja tahu tek, makanan camilan yang berbahan baku tahu ini memang bisa ditemui dimanapun.

Walaupun mungkin rasa yang ditawarkan bisa saja beda dengan tahu tek asli yang dijual di Surabaya. Lalu mengapa dinamakan tahu tek? berikut ini sejarah tahu tek Surabaya yang sudah melegenda. Keep scrolling!

Sejarah mengapa dinamakan tahu tek

Sejarah Tahu Tek Surabaya yang Harus Kamu Tahu
(sumber: linetoday)

Sudah sering menikmat tahu tek dan kepikiran asal mula dinamakan dengan nama tersebut? sejarah tahu tek dimulai saat hidangan ini dijajakan dengan gerobak. Untuk menarik perhatian pelanggan biasanya penjual memukul-mukul sesuatu.

Penjual tahu tek malah dikenal saat menggunting bahan-bahan. Jadilah tek.. tek.. tek.. bunyi ketika menggunting. Karena masyarakat sering menamakan sesuatu dengan sederhana dan mudah diingat, jadilah nama hidangan tersebut yakni tahu tek.

Bahan-bahan yang ada dalam tahu tek

Bahan-bahan tahu tek tidaklah begitu rumit. Berbahan dasar lontong sayur yakni beras yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan direbus sampai matang. Tak lupa tahu yang sudah digoreng, kentang, tauge dan juga irisan timun. Semuanya dicampur menjadi makanan tahu tek yang nikmat.

Proses pembuatan tahu tek

Sejarah Tahu Tek Surabaya yang Harus Kamu Tahu
(sumber: adeufi.com)

Jika tadi kita sudah membahas tentang sejarah tahu tek, maka kali ini akan diulas mengenai proses pembuatan tahu tek. Dari bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, penyajian bukan dengan cara diiris melainkan digunting.

Setelah semua bahan dipotong dan ditaruh di piring, kemudian ditambah siraman saus petis. Bahan saus ini adalah petis, kacang goreng, air, cabai dan bawang putih. 

Setelah disiram petis, kemudian diulek menggunakan cobek sampai sedikit hancur. Setelah itu tinggal disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk udang. Untuk yang pesan tahu telur, maka di atasnya ditambah telur goreng yang masih hangat. Wah jadi ngiler banget gak nih?

Rasa tahu tek

Bagi yang sudah sering jajan makanan khas Surabaya ini pasti sudah hafal betul dengan rasanya. Namun buat kamu yang belum memiliki kesempatan untuk mencicipi tahu tek, maka harus tahu bahwa rasa makanan ini sangat unik dan khas. 

Apalagi dengan saus petis yang tidak semua daerah memilikinya. Kamu masih bisa merasakan tekstur kacang karena dalam proses ulek tidak membutuhkan waktu lama.

Selain itu, rasa lontong, tauge, dan tahu yang sudah dicampur memberikan kombinasi yang gurih dan sedikit asin. Buat kamu yang sekedar ingin jajan, maka tahu tek ini merupakan hidangan sempurna untuk menghilangkan rasa laparmu!

Makanan pinggir jalan yang melegenda

Sejarah Tahu Tek Surabaya yang Harus Kamu Tahu
(sumber: travelingyuk.com)

Karena sejarah tahu tek yang awalnya dijual keliling, maka kebanyakan penjual tahu tek bisa ditemui di pinggir jalan. Biasanya yang sering membeli tahu tek merupakan warga asli Surabaya atau masyarakat yang masih tradisional. Jadi jika ingin merasakan makanan khas Surabaya yang otentik, cobain tahu tek, ya!

Bagaimana dengan sejarah tahu tek di atas? sudah memiliki sedikit gambaran atau makin penasaran dengan tahu tek? Kalau berkunjung ke Surabaya jangan lupa cobain jajanan yang satu ini, ya!

Selain tahu tek, ada juga makanan khas Surabaya yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berwisata. Apalagi kalau bukan Lapis Kukus Pahlawan.