WISATA | 12 MAR 2024

Soto Ayam Pak Sadi Asli, Rekomendasi Kuliner Surabaya Otentik

Dari sekian banyak rekomendasi kuliner Surabaya yang bisa Anda temukan, Soto Ayam Pak Sadi termasuk salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner legendaris yang satu ini punya beberapa cabang di Surabaya dan menjadi destinasi wajib para pengunjung yang datang ke Kota Pahlawan. Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Yuk, simak bersama!

Sejarah Soto Ayam Pak Sadi

Sesuai dengan namanya, warung soto ayam ini didirikan oleh Pak Sadi yang sudah memulai usaha soto dengan pikulan sejak awal tahun 1960-an. Awalnya, Pak Sadi menjajakan soto racikannya dengan cara keliling, hingga akhirnya membuka sebuah warung sederhana di pojok Jalan Ambengan, Surabaya, pada akhir tahun 1971.

Dari sinilah cikal bakal terbentuknya kuliner legendaris ini dimulai. Nama “Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli)” merupakan gabungan dari nama pendirinya dan lokasi pertama tempat soto tersebut berjualan secara tetap. Soto buatan Pak Sadi terus berkembang hingga menjadi salah satu kuliner yang paling diminati di Surabaya.

Puncaknya di tahun 2013 ketika Soto Ayam Ambengan Pak Sadi dinobatkan sebagai street food paling populer di dunia dalam ajang World Street Food Congress Food tahun 2013 sebagai Master of the Year. Kini soto ayam yang satu ini sudah punya cabang di beberapa kota, termasuk Jakarta.

Cita Rasa yang Tidak Pernah Berubah

Sumber: instagram.com/myfoodfavourite

Apa yang membuat Soto Ayam Ambengan Pak Sadi masih tetap diminati selama puluhan tahun lamanya? Rahasianya ada pada cita rasa yang terus dijaga agar tetap konsisten di semua cabang. Hingga saat ini Pak Sadi mengawasi setiap cabang yang dimiliki untuk memastikan kualitas bahan dasar dan rasa soto sama dengan racikannya sendiri. Itulah mengapa di cabang mana saja Anda menyantap semangkuk soto lezat ini, rasanya tidak berubah.

Rempah yang digunakan dalam resep soto ayam buatan Pak Sadi menciptakan rasa yang unik sejak suapan pertama. Dalam kuah soto yang bening akan terasa lengkuas, serai, dan kunyit yang bercampur sempurna dan seimbang. 

Menu Kuliner Surabaya Lain di Soto Ayam Pak Sadi

Sumber: instagram.com/kokokuliner


Menu andalan dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi adalah Soto Ayam Biasa. Dalam seporsi menu ini, Anda bisa menikmati soto berisi irisan daging ayam kampung melimpah, suun, potongan telur rebus, dan taburan seledri. Siraman kuah bening dengan warna yang sedikit kuning, dilengkapi taburan koya dari kerupuk udang yang gurih membuat rasa soto ini semakin nikmat di lidah.

Selain soto ayam, warung Pak Sadi juga menyajikan beberapa menu khas Jawa Timur lain yang tidak kalah enaknya. Antara lain adalah tahu campur, rujak cingur, soto Madura, dan soto ayam jeroan. Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati masakan Cina seperti ang sio tahu dan fu yung hai.

Lokasi dan Jam Buka

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi memiliki sejumlah cabang yang tersebar di Jakarta dan Surabaya. Di Surabaya sendiri cabangnya ada di Jalan Mayjen HR Muhammad, Paradahkalikendal, dan Mall Surabaya Town Square. Umumnya warung soto ini buka mulai jam 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Bagi Anda yang mencari rekomendasi kuliner Surabaya, pastikan untuk mampir dan mencicipi soto ayam yang satu ini. Cita rasa yang gurih dan khas tidak hanya membuat perut semakin kenyang, tetapi juga bikin Anda ketagihan untuk mencoba lagi. Selamat menikmati!