WISATA | 19 AUG 2021

7 Soto Terkenal di Surabaya yang Khas Banget

Soto Terkenal di Surabaya – Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur. Tidak heran jika banyak masyarakat yang selalu datang ke Surabaya untuk mencari nafkah atau sekedar berwisata. Sebagai kota besar, Surabaya masih mempertahankan sisi tradisionalnya. Hal itu terlihat dari kuliner khas yang ada di Kota Pahlawan ini.

Meskipun sudah banyak pendatang, namun makanan tradisional Surabaya tidak pernah berubah cita rasanya. Seperti halnya soto khas Surabaya. Soto ini terkenal akan kesegaran kuahnya dan rempah-rempahnya. Buat kamu yang lagi ada di Surabaya dan ingin mencicipi soto, berikut rekomendasi tempat makan soto terkenal Surabaya.

1. Soto Ambengan Pak Sadi

7 Soto Terkenal di Surabaya yang Khas Banget
(sumber: suara.com)

Salah satu soto terkenal di Surabaya yang legendaris banget. Soto Ambengan Pak Sadi terletak di Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat tempat makannya mudah dijumpai dan dijangkau.

Sotonya sederhana dengan kuah yang segar. Namun karena kesederhanaannya itulah soto ini begitu dicintai warga Surabaya. Rasanya tidak berubah dan bikin nostalgia banget.

2. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Sesuai namanya, soto khas lamongan ini termasuk soto terkenal di Surabaya. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati semangkuk soto yang lezatnya gak main-main. Soto ayam lamongan cak har terletak di Jl. Arief Rahman Hakim, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya. Buat kamu pecinta soto jangan lupa minta tetelan ayam, ya.

3. Soto Ayam Cak Pardi

7 Soto Terkenal di Surabaya yang Khas Banget
(sumber: budiono sukses)

Gak kalah dengan soto lainnya, Soto Ayam cak Pardi ini juga selalu ramai oleh pengunjung. Hidangan sotonya sangat menggugah selera. Apalagi kamu bisa menambah koya sepuasnya gratis, lho. Koya gurih memang menjadi salah satu buruan pecinta soto. Rumah makannya berada di Jl. Embong Malang No.20, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

4. Soto Tapak Siring

Kali ini buat kamu yang suka soto daging, Tapak Siring adalah jawabannya. Dagingnya royal, empuk dan sedap dengan kuah soto. Kedainya yang berada di Jl. Dharmahusada No.14C, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya ini selalu ramai dengan pengunjung.

Uniknya lagi, nasi yang dijadikan menu pelengkap tidak serta merta disajikan dengan piring melainkan dengan daun pisang. Jadi rasanya nasinya saja sudah khas banget.

5. Soto Ayam Cak To Undaan

Jika membicarakan soto terkenal di Surabaya gak lengkap jika tidak menyebut soto ayam cak To Undaan. Sesuai namanya, tempat makan ini berada di Jl. Undaan Wetan Jl. Ngemplak 1 No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Cocok banget buat kamu yang ingin makan soto ayam kampung. Pengunjung juga bisa memilih bagian daging ayam. Sepertin halnya dada, paha, sayap, atau kulit.

6. Soto Ayam Kampung Cak Mu’in

7 Soto Terkenal di Surabaya yang Khas Banget
(sumber: herwin saputera)

Soto ayam kampung memang memiliki rasa yang khas daripada ayam potong. Selain lebih sedap, soto ayam kampung dinilai lebih berkhasiat. Kedai Cak Mu’in terletak di Jl. Arief Rachman Hakim, Klampis Ngasem, Sukolilo, Surabaya. Porsi daging ayamnya yang melimpah membuat pelanggan selalu datang lagi dan lagi.

7. Soto Ayam Hartono

Soto terkenal di Surabaya berikutnya adalah soto ayam Hartono. Yang membuat unik adalah keripik kentangnya yang enak banget kalau dicampur kuah.  Tidak pelit koya dan daging ayamnya juga melimpah. Terletak di Jl. Mas Soenjoto No.1, Peneleh, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

Itudia rekomendasi soto terkenal di Surabaya yang wajib banget dicoba. Kalau lagi ada di Surabaya ada juga yang wajib dicoba selain soto yakni Lapis Kukus Pahlawan. Kue ini termasuk oleh-oleh khas yang jadi buruan para wisatawan. Rasanya yang lezat dengan banyak varian rasa, jadi cocok banget untuk buah tangan.