WISATA | 09 NOV 2023

Taman Pelangi Surabaya: Fasilitas, Lokasi, Harga Tiket dan Jam Buka

Ada lagi satu destinasi wisata taman bersama keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Sekarang Kamu warga Surabaya tidak perlu gundah gulana mencari tempat wisata dengan konsep taman. Taman Pelangi Surabaya hadir untuk Kamu yang membutuhkan liburan singkat bersama keluarga tercinta. 


Taman Pelangi Surabaya memiliki konsep yang unik, di siang hari menjadi penyejuk dan ruang terbuka hijau. Sementara di malam hari, taman hijau ini berubah menjadi berwarna-warni karena cahaya lampu. Air mancur juga mengguyur dengan indah di sekitarnya, menari-nari berhiaskan cahaya warna-warni. Taman ini akan ramai saat akhir pekan atau liburan. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai wisata favorit mereka.


Penasaran kan seperti apa Taman Pelangi kebanggaan warga Surabaya ini dan fasilitas apa saja yang disuguhkan? Berikut informasi lengkap hasil penelusuran CakMin.

Mengenal Taman Pelangi Surabaya

Sumber: bappedalitbang.surabaya


Taman Pelangi Surabaya berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235. Lokasi taman ini sangat strategis karena berada di pusat kota. Kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan taman tersebut.


Meski buka 24 Jam, taman ini ramai dikunjungi pengunjung saat akhir pekan. Saat pagi, taman ini bisa menjadi lokasi berolahraga secara santai. Sedangkan saat malam, lampu-lampu nan cantik menghiasi air mancur dan sekitar lokasi lainnya.


Meski tergolong masih baru, taman ini merupakan destinasi wisata populer khususnya bagi warga Surabaya. Pasalnya, area taman tengah kota ini memiliki tampilan yang sangat asri dan rapi. Terlebih ada air mancur yang akan terang menyala saat malam hari menjadi daya tarik tersendiri.


Air mancur dengan gaya arsitektur modern kontemporer menjadi ikon utama dari taman ini. Kombinasi lampu sorot warna-warni dinyalakan di sekitar air mancur, sehingga air mancur ini akan tampak sangat mempesona.


Terletak di dekat wisata Kota Tua Surabaya, tampilan taman yang hijau nan asri tentu menawarkan daya tarik yang berbeda dari objek wisata terdekat. Taman ini menyuguhkan kawasan hijau yang terawat penuh dengan tanaman segar dan indah, membuat suasana lebih sejuk.


Fasilitas-fasilitas pendukung juga turut menambah kenyamanan para pengunjung di sini. Meski luasannya tidak cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah menikmati fasilitas-fasilitas, seperti; playground mini untuk anak, pusat kebugaran outdoor, dll.

Biaya-Biaya Masuk Taman Pelangi Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya menyediakan taman beserta fasilitasnya untuk umum. Siapapun boleh memanfaatkan taman untuk keperluan hiburan dan rekreasi. Jadi, untuk menggunakan semua fasilitas Taman Pelangi, Kamu tidak dipungut biaya masuk. Kemudian, untuk bisa menikmati WIFI dan juga keindahan lampu di monumen ini, tidak dibebankan biaya sepeser pun.


Namun, khusus untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dibebankan retribusi parkir. Tarif parkir untuk jenis kendaraan sepeda motor dan mobil pun berbeda, dan masih sangat terjangkau. Berikut informasinya:

Retribusi

Tarif

Tiket Masuk

Gratis

Parkir Motor

Rp 3.000 per Kendaraan

Parkir Mobil

Rp 5.000 per Kendaraan


Daya Tarik Taman Pelangi Surabaya


  • Bersantai di Taman yang Asri

Kota Surabaya terkenal dengan kota yang panas dan macet di jam-jam tertentu. Taman Pelangi bisa menjadi salah satu lokasi alternatif, jika Kamu ingin merasakan suasana yang sejuk dan berudara bersih. Terdapat banyak pohon berdaun rindang dan serta desain tata letak yang elok dilihat oleh mata.


Kamu bisa merasakan suasana yang tenang disini. Area taman yang dominan warna hijau akan secara otomatis membuat pikiran dan tubuh menjadi nyaman. Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan berbagai macam kegiatan positif, misal; membaca buku, berolahraga, atau sekedar duduk santai dengan mata memandangi area taman.


Kegiatan lain yang sangat menarik adalah menikmati keindahan taman sambil ditemani camilan lezat. Lapis Kukus Pahlawan bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dinikmati sebagai camilan. Lapis Kukus Pahlawan merupakan kue lapis khas Surabaya yang lembut, lezat, dan juga khas. Camilan lezat ini sangat mudah dibeli baik secara online atau dengan mengunjungi outlet secara langsung.


  • Kolam dengan Lampu Dekoratif yang Indah

Selanjutnya, terdapat semacam monumen dengan susunan kolam besar serta 31 batang besi menjulang membentuk lengkungan yang indah. Batang besi berwarna putih tersebut mengalirkan air hingga ke dalam kolam. Kombinasi pencahayaan dan guyuran pancuran kolam menjadi sebuah daya pikat tersendiri. Inilah keunikan dari arsitektur bangunan taman yang menjadi ikon dari taman di Surabaya ini. Lokasi ini sangat cocok untuk Kamu yang hobi berfoto dan stok untuk kebutuhan konten sosmed mu.

Untuk bisa menikmati keindahan lampu dari monumen Taman Pelangi, Kamu bisa berkunjung mulai pukul 17.30 hingga 23.00 WIB ya Rek. Karena selepas waktu operasional, suasana taman akan lebih gelap dengan pencahayaan seperlunya saja.


  • Berolahraga di Kawasan Hijau


Sumber: Blog Yockisure


Untuk Kamu yang terbilang suka bangun pagi dan hobi berolahraga. Taman Pelangi Surabaya bisa menjadi pilihan ideal. Udara pagi yang masih segar membuat suasana taman sangat cocok untuk berolahraga santai seperti jogging, jalan santai, atau juga bersepeda ringan. Terlebih belum banyak pengunjung yang datang sehingga tempat ini masih terbilang sepi.

Kamu bisa memanfaatkan jogging track yang tersedia untuk berlari beberapa putaran. Suara gemericik air dari tengah taman akan menemani sehingga membuat Kamu semakin menikmati olahraga tersebut. Sore hari pun bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Melepas penat seusai bekerja dengan berolahraga santai. Udara tidak terlalu panas dan senja mentari akan menemanimu berlari mengelilingi kawasan Taman Pelangi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung

  • Kebersihan dan Hindari Pengrusakan

Pemerintah Kota Surabaya memberikan akses dan fasilitas gratis seperti Taman Pelang. Peningkatan kualitas hidup warga Surabaya sebagai prioritas Pemerintah Kota. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika pengunjung juga turut menjaga semua fasilitas yang ada. Laporkan segera ke pihak berwajib jika melihat pengunjung yang melakukan kegiatan vandalisme.


Orang tua juga bisa mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu menjaga kebersihan. Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah bentuk kegiatan edukasi yang baik bagi si kecil. Bagi yang mempunyai kegiatan merokok, pastikan jauh dari anak kecil. Dan yang lebih penting lagi adalah dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.


  • Keamanan dan Keselamatan

Dikarenakan Taman Pelangi merupakan ruang terbuka umum, pastikan selalu keamanan dan keselamatan keluargamu. Pertama, pantau selalu pergerakan si buah hati. Mereka bebas bergerak dan bermain dimana saja. Namun, orang tua harus tetap memantau agar bebas dari hal-hal yang berbahaya.


Kedua, CakMin menyarankan agar selalu memastikan barang bawaan tetap pada kondisi aman. Segala potensi kegiatan pencurian bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Pencurian sering terjadi karena faktor kelalaian dari pemilik. Dan yang terakhir, jika terjadi potensi pelecehan baik seksual atau bukan, langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib.


Jadi, jika Kamu mencari tempat rekreasi keluarga yang singkat dan terjangkau, Taman Pelangi Surabaya adalah pilihan yang tepat. Dengan berbagai jenis fasilitas yang ditawarkan dan keunggulannya, Kamu pasti akan membuat kenangan tak terlupakan bersama keluarga di sini. Seusai bersantai, jangan lupa untuk mencicipi Lapis Kukus Pahlawan yo Rek! Camilan lezat ini sangat mudah dibeli baik secara online atau dengan mengunjungi outlet secara langsung.