WISATA | 06 JUN 2024

Taman Safari Prigen: Jam Buka, Harga Tiket, dan Aktivitas Menarik

Sedang menikmati wisata Malang dan ingin petualangan mendebarkan? Yuk ke Taman Safari Prigen yang seru, indah, dan pasti menyenangkan. 

Taman safari ini dikenal juga dengan nama Taman Safari Pasuruan. Terletak di Lereng Gunung Arjuno dengan luas 350 hektar dan memiliki 2.500 koleksi satwa dari berbagai penjuru dunia.

Jadi, apa saja petualangan seru di taman safari yang satu ini?Yuk, kita lihat lebih lengkap dalam artikel ini.

Aktivitas Seru di Taman Safari Prigen

Sumber: instagram.com/lynasya


Taman Safari Pasuruan memiliki berbagai wahana dan zona khusus dengan berbagai atraksi. Mulai dari pertunjukan hewan, sirkus, wahana bermain, water park, bahkan berinteraksi langsung dengan satwa.

Kandang dan wilayah hewan di taman safari dibedakan menjadi beberapa zona secara tematik. Jadi, akan memudahkan Anda dan keluarga berkunjung dan mengenali mereka.  Ada Baby Zoo yang berisi hewan-hewan akuatik, burung dan reptil. Lalu ada Australiana dimana si kecil bisa berinteraksi dengan kanguru, wombat, koala, dll.

Jika ingin melihat seluruh satwa dan memberi makan, Anda bisa mengendarai mobil melintasi Safari Adventure. Tetapi, jangan memberi hewan karnivora makan di sini, ya. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dari atas truk khusus yang disediakan Taman Safari Prigen. Truk yang sudah dimodifikasi ini memiliki jeruji kuat berbentuk kandang berkapasitas 16 orang.

Sumber: instagram.com/gizkhadinda


Akan ada dua petugas yang mendampingi selagi Anda bebas memberi makan pada hewan-hewan buas seperti beruang, singa, dan harimau. 

Apakah keseruannya sudah selesai? Tentu saja belum. Jelajahi wahana bermain yang seru dan segarkan diri di water park bersama keluarga. 

Kemudian Anda juga bisa melihat aneka pertunjukan seperti Temple of Terror, Dolphin Show, Elephant Story, Tiger Show, Mysterious Jungle, serta pertunjukan anjing, kuda, dan burung-burung.

Untuk Anda penyuka paintball, ada di wahana Special Experience. Sementara jika ingin mengendarai gajah, kunjungi wahana Elephant Journey. Jelajahi seluruh pertunjukan dan wahana dengan nyaman, karena taman ini memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari masjid, toilet yang bersih dan banyak, restoran, camping ground, bahkan hotel. 

Harga Tiket

Harga tiket Taman Safari Prigen atau Taman Safari Pasuruan ini sangat terjangkau, lho. Apalagi jika dibandingkan dengan semua keseruan yang menanti di sana, worth it banget!

Ada dua jenis tiket, yaitu reguler dan tiket premium dengan fasilitas yang lebih lengkap. Agar lebih mudah, berikut adalah harga tiket beserta fasilitasnya.

Waktu

Tiket dewasa

Tiket anak-anak (1-6 tahun)

Fasilitas

Keterangan


Weekend


Rp145.000


Rp115.000

  • Safari Adventure

  • Aquatic Land

  • Baby Zoo

  • 4 Animal Presentation

  • Australiana Zone

  • Wahana Permainan




Reguler


Weekday


Rp135.000


Rp110.000



Weekend



Rp200.000



Rp135.000

  • Baby Zoo

  • Aquatic Land

  • Australiana Zone

  • 4 Animal Presentation

  • Wahana Permainan

  • Interactive Living Museum

  • Safari Water World

  • Temple of Terror

  • Dolphin Show

  • 1x Foto Satwa

  • Safari Adventure





Premium



Weekday



Rp185.000



Rp120.000

Sebagai catatan, tiket yang sudah dibeli tidak bisa diuangkan kembali atau dibatalkan, ya. Satu tiket hanya berlaku untuk satu orang, dan Anda bisa mencetaknya atau menunjukkan tiket mobile di loket.

Lokasi dan Jam Buka

Sumber: instagram.com/lusy_ananta


Taman Safari Pasuruan ini buka setiap hari, dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Anda dan keluarga bisa datang sejak pagi agar punya banyak waktu menjelajahi seluruh wahana yang ada di sana.

Walaupun lokasinya di lereng gunung, tetap mudah kok mencapainya menggunakan kendaraan pribadi, bus, bahkan ojek. Anda bisa memulai titik keberangkatan dari Surabaya, Malang, atau Pasuruan.

Jika dari Pasuruan, jaraknya hanya 36 km atau 45 menit dengan mobil pribadi. Ambil jalur ke Wonorejo, lalu setelah tiba di Pandaan, ambil jalur ke Prigen. Jika sedang menikmati wisata Malang dan ingin berangkat dari kota tersebut, lintasi jalan tol Malang-Surabaya dan keluar di pintu Tol Pandaan. Lalu ikuti papan petunjuk ke taman safari.

Sedangkan jika naik bus dari Surabaya, ambil jalur ke Terminal Purbaya. Lalu ganti bus ke Malang dan turun di Prigen, tepat di pintu gerbang taman safari. Dari sana ada ojek ke dalam taman.

Tips Berkunjung ke Taman Safari Prigen

Sumber: instagram.com/grandinnasurabaya


Karena Taman Safari Prigen bukan kebun binatang biasa, sebelum datang ke sana pastikan Anda dan keluarga mengikuti tips di bawah ini, ya. Agar liburan lebih nyaman dan aman.

Cek kondisi fisik Anda dan keluarga

Ini adalah hal yang paling penting. Pastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat dan fit. Apalagi taman ini cukup luas, jadi perlu stamina yang sehat agar bisa menjelajah semua wahananya.

Cek kondisi kendaraan

Seperti di taman safari lainnya, Anda dan keluarga akan berkendara berkeliling wahana. Nah, jangan sampai mobil mogok di kawasan karnivora. Atau malah tidak kuat mengarungi jalan yang sedikit ekstrim.

Beli tiket online

Tiket taman safari ini memang bisa dibeli di lokasi, tetapi jauh lebih mudah membelinya secara online di ticket.safariprigen.com. 

Satu kartu identitas (KTP/KITAS/Kartu Pelajar) berlaku untuk satu tiket. Maka, jangan lupa membawa identitas saat masuk, ya.

Nah, agar tidak ketinggalan pertunjukan dan tahu apa saja acara spesial yang sedang berlangsung di sini, cek juga melalui menu Schedules dan Show and Activity di situs yang sama.

Patuhi peraturan taman safari

Agar petualangan di taman safari ini lancar dan aman, patuhi seluruh peraturan yang ada. Baik yang terlihat di papan petunjuk, maupun yang disampaikan oleh para petugas.

Misalnya, saat di wahana karnivora jangan membuka jendela dan menjulurkan tangan atau kepala. Lalu, saat memberi makan hewan jinak, jangan turun dari mobil karena bisa mengganggu hewan dan pengunjung lain. 

Seru sekali bukan, berwisata sambil berpetualang di Taman Safari Prigen? Segera jadwalkan kunjungan ke sana, ya. Sampai jumpa!