WISATA | 09 NOV 2023

Taman Surya, Tempat Wisata Kumpul Keluarga di Surabaya: Harga, Jam Buka dan Lokasi

Halo Rek, kali ini CakMin ingin memberikan pilihan rekreasi singkat tanpa ribet dan bisa dibilang tanpa bujet. Taman Balai Kota Surabaya atau juga dikenal sebagai Taman Surya. Taman ini adalah taman resmi pemerintah kota, tak jarang menjadi lokasi penerimaan tamu, upacara, dan lain sebagainya. Sejak diresmikan oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada 31 Mei 2023, Taman Surya bertambah fungsi sebagai tempat wisata keluarga. 


Selamat datang di Taman Surya Surabaya, tempat rekreasi keluarga yang nyaman dan aman! Siapa yang tidak suka berlibur bersama keluarga? Jika Kamu mencari destinasi mudah dan murah untuk dijangkau, Taman Surya Surabaya adalah pilihan yang bijak. Berikut informasi lengkap hasil penelusuran CakMin.

Alamat, Jam Operasional & Tiket Masuk


  • Alamat:

Jl. Taman Surya, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60272

Alamatnya mudah dijangkau, dan Kamu dapat menggunakan aplikasi peta favoritmu untuk menemukan rutenya.


  • Jam Operasional:

Taman Surya Surabaya buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 21.00 malam.
Pukul 06.00 hingga 07.30 WIB, biasanya digunakan untuk kegiatan senam atau berolahraga. Pada pukul 07.30 hingga 18.00 WIB pada hari Senin s/d Jum’at, fasilitas taman ini tutup untuk sementara. Waktu tersebut merupakan jam bekerja di lingkungan Pemerintah Kota. Pengunjung bisa menggunakan semua fasilitas taman mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

  • Tiket Masuk:

Tidak perlu khawatir, akses ke Taman Surya Surabaya bisa dibilang gratis. Kamu mungkin hanya dibebankan untuk parkir demi kepentingan keamanan kendaraanmu.

Kegiatan Seru dan Ragam Fasilitas di Taman Surya


  1. Kandang Burung

Taman Surya mempunyai beberapa kandang burung dengan aneka jenis burung di dalamnya. Fasilitas ini sangat baik untuk anak-anak kecil yang ingin mengenal berbagai jenis burung. Tidak ada hanya itu, yang pasti kandang burung tersebut juga terawat dan sangat dijaga kebersihannya. Jadi, kandang burung ini terbilang aman dijadikan ruang bermain dan belajar bagi si buah hati tercinta.


Sumber: Kompascom


  1. Air Mancur Yang Indah

Selain kandang burung, air mancur yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan keluarga yang membawa anak kecil. Banyak testimoni dari masyarakat yang suka akan air mancur ini. Pastikan si buah hati tidak bermain air secara berlebihan bahkan hingga tercebur ya. Fasilitas yang indah seharusnya tetap dijaga dan dirawat, jadi Kamu juga bisa mengajari si buah hati akan hal tersebut.

  1. Ruang Terbuka Hijau

Kota Surabaya terkenal dengan taman dan zona hijaunya. Taman Surya pun menyajikan suasana ruang terbuka hijau yang elok dinikmati mata. Suasana kota Surabaya yang cenderung panas dan macet di kala jam kerja, tidak terasa sama sekali. Saat akhir pekan, Kamu bisa menjadikan Taman Surya sebagai tempat rekreasi singkat bersama keluarga.


Sumber: Kumparan


  1. Kegiatan Edukasi

Taman Surya Surabaya juga menawarkan kegiatan edukasi yang bermanfaat. Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk mengenal lebih banyak tentang alam dan lingkungan sekitar melalui program-program edukasi yang diselenggarakan di taman ini.


  1. Tempat Nongkrong Asyik & WIFI Gratis dan Colokan

Selain ruang terbuka hijau yang sejuk, Taman Surya juga memberikan fasilitas nongkrong yang asyik. Tidak hanya itu, terdapat koneksi WIFI Gratis serta colokan di beberapa sudut lokasi. Fasilitas ini sangat berguna untuk Kamu yang butuh inspirasi disaat akhir pekan. Atau untuk Kamu yang tetap bekerja di saat akhir pekan sebagai pekerja lepas. Baik seorang diri atau bekerja bersama tim, semua bisa dilakukan di Taman Surya ini.


  1. Live Music

Di saat akhir pekan, Taman Surya biasanya menyajikan kegiatan Live Music. Musisi-musisi lokal Surabaya sering mengisi kegiatan tersebut. Hiburan seperti ini sangat disukai masyarakat pada umumnya. Tak jarang pula pengunjung menyumbangkan suaranya dan ikut tampil untuk mengisi acara.

  1. Aneka Kuliner ala UMKM Surabaya

Tidak perlu pusing membawa bekal dari rumah. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan yang lezat nan terbilang nyaman di kantong. Jika Kamu merasa lapar setelah bermain, jangan khawatir. Taman Surya Surabaya memiliki beragam pilihan makanan dan minuman enak. Kamu dapat menikmati makanan ringan, makanan cepat saji, atau hidangan khas lokal. Terdapat banyak pilihan dalam satu lokasi. Satu hal yang pasti adalah pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat yang sudah disiapkan.


  1. Lahan Parkir Luas dan Aman

Tidak perlu khawatir akan kendaraan pribadimu. Taman Surya memfasilitasi pengunjung dengan tempat parkir yang luas dan pastinya aman. Saran dari CakMin, untuk tetap simpan helm atau barang berharga lainnya pada posisi yang aman. Karena di setiap tempat keramaian, pasti terdapat pula potensi terjadinya pencurian. Tetap waspada di segala situasi adalah kuncinya.


  1. Keamanan Terjaga

Pemerintah Kota bekerja sama dengan Satpol PP Pariwisata, siap menjaga lokasi ini. Jadi Kamu tidak perlu khawatir lagi. Fasilitas keamanan seperti ini akan menurunkan potensi tindak kejahatan di lokasi Taman Surya. Keamanan keluarga adalah prioritas utama.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

  1. Keamanan dan Keselamatan

Dikarenakan Taman Surya merupakan ruang terbuka umum, pastikan selalu keamanan dan keselamatan keluargamu. Pertama, pantau selalu pergerakan si buah hati. Mereka bebas bergerak dan bermain dimana saja. Namun, orang tua harus tetap memantau agar bebas dari hal-hal yang berbahaya.

Kedua, CakMin menyarankan agar selalu memastikan barang bawaan tetap pada kondisi aman. Segala potensi kegiatan pencurian bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Pencurian sering terjadi karena faktor kelalaian dari pemilik. Dan yang terakhir, jika terjadi potensi pelecehan baik seksual atau bukan, langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib.


  1. Kebersihan dan Hindari Pengrusakan

Pemerintah Kota Surabaya memberikan akses dan fasilitas gratis yaitu Taman Surya, demi kebaikan masyarakat. Peningkatan kualitas hidup warga Surabaya sebagai prioritas Pemerintah Kota. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika pengunjung juga turut menjaga semua fasilitas yang ada. Laporkan segera ke pihak berwajib jika melihat pengunjung yang melakukan kegiatan vandalisme.

Orang tua juga bisa mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu menjaga kebersihan. Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah bentuk kegiatan edukasi yang baik bagi si kecil. Bagi yang mempunyai kegiatan merokok, pastikan jauh dari anak kecil. Dan yang lebih penting lagi adalah dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.


Jadi, jika Kamu mencari tempat rekreasi keluarga yang singkat dan terjangkau, Taman Surya Surabaya adalah pilihan yang ideal. Dengan berbagai jenis fasilitas yang ditawarkan dan keunggulannya, Kamu pasti akan membuat kenangan tak terlupakan bersama keluarga di sini. Seusai bersantai, jangan lupa untuk mencicipi Lapis Kukus Pahlawan yo Rek! Camilan lezat ini sangat mudah dibeli baik secara online atau dengan mengunjungi outlet secara langsung.