WISATA | 27 MAY 2024

8 Tempat Jogging Surabaya, Cocok Buat Olahraga di Akhir Pekan

Akhir pekan nanti Anda masih di Surabaya dan ingin mencari tempat olahraga? Coba yuk 10 tempat jogging Surabaya yang asyik ini. 

Selain mendapat manfaat dari olahraga, Anda juga bisa sambil menikmati keindahan Surabaya di pagi hari. Sst, sebagian besar tempat jogging ini juga gratis, lho! Penasaran? 

1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Sumber: instagram.com/marshandapf_


Ups! Jogging di kebun binatang? Kenapa tidak? Kebun Binatang Surabaya juga memiliki trek jogging, lho. Jadi sambil berolahraga, Anda bisa melihat-lihat koleksi satwa KBS. Asyik, kan?

Anda tidak akan kepanasan berolahraga di sini karena suasananya rindang dan sejuk. Terlebih, bisa berolahraga bersama keluarga juga. 

Kabar gembira lain, KBS tidak hanya memiliki koleksi satwa, tetapi juga aneka tumbuhan langka. Salah satunya Cannonball Tree asal Amerika Selatan yang memiliki buah sebesar meriam!

  • Lokasi:Jl. Setail No. 1, Darmo, Surabaya

  • HTM: Rp15.000

2. Lapangan THOR

Sumber: instagram.com/lovesuroboyo


Bukan, ini bukan Thor yang kemana-mana membawa palu besar. Nama THOR adalah singkatan dari Tot Heil Onzer Ribbenkast dan merupakan lapangan bola tertua di Surabaya.

Di pagi dan sore hari, warga ramai berolahraga di sini. Jogging, senam, bulutangkis, dan bela diri adalah favorit warga.

Sekadar info, lintasan lari lapangan ini sudah standar internasional, lho. Selain itu, ini juga lapangan latihan resmi Persebaya Surabaya.

  • Lokasi: Jl. Indragiri, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya 

  • HTM: gratis

3. Taman Sejarah 

Sumber: instagram.com/heru_susmanto


Ini dia adalah tempat jogging Surabaya yang mengajak Anda menikmati suasana Surabaya tempo dulu.

Taman Sejarah adalah taman tertua di Surabaya dan memiliki nuansa klasik yang kental. Dikelilingi bangunan bersejarah, Anda akan mendapat pengalaman jogging yang berbeda di tempat ini.

Sambil berolahraga, bisa melihat pemandangan estetik di Surabaya. Anda juga bisa menikmati selasar air mancur, berbagai spot foto yang instagramable, bahkan ada pangung pertunjukan juga.

  • Lokasi: Jl. Taman Jayengrono No.2-4, Krembangan Sel, Surabaya

  • HTM: Gratis

4. Lapangan Bogowonto

Sumber: instagram.com/explorenjajan


Jogging track di lapangan ini berbahan sintetis dan nyaman digunakan. Lokasinya dekat dengan lapangan THOR dan tidak kalah menyenangkan lho berlari di sini.

Biasanya masyarakat menggunakan Lapangan Bogowonto untuk jogging di pagi dan sore hari. Jika Anda tipe yang serius berlari untuk kebugaran, tempat jogging Surabaya ini patut jadi pilihan.

  • Lokasi: Jl. Bogowonto

  • HTM: Gratis

5. CFD Jalan Darmo

Sumber: instagram.com/endangsrimoelatsih


Surabaya juga memiliki CFD di hari Minggu pagi, lho. Ada beberapa titik, dan salah satunya di Jalan Darmo di sekitar Taman Bungkul.

Biasanya CFD berlangsung pukul 06.00-09.00 pagi dan selain jogging, Anda juga bisa bersepeda santai. Lelah jogging, tinggal melipir ke Taman Bungkul untuk menikmati aneka kuliner khas Surabaya.  

  • Lokasi: CFD Jalan Darmo Surabaya

  • HTM: gratis

6. Masjid Nasional Al Akbar

Sumber: instagram.com/dio.bramasto


Masjid ini memiliki kawasan outdoor yang luas dan bisa digunakan untuk jogging ringan. Walaupun tidak ada track khusus, tetapi berlari santai mengitari masjid juga mengasyikkan.

Umumnya warga Surabaya berolahraga di sini pada hari Minggu pagi. Karena di saat yang sama kawasan di sekitar masjid juga memiliki pasar tumpah.

Jadi setelah berolahraga, Anda bisa sekalian mencoba pengalaman berbelanja di pasar tradisional. 

  • Lokasi: Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 1 Pagesangan

  • HTM: gratis

7. Taman Flora Bratang

Sumber: instagram.com/0hsajin_a


Jika Anda sedang berlokasi tidak jauh dari Terminal Bratang, bisa mencoba jogging di taman ini. Taman Bratang adalah salah satu tempat jogging Surabaya favorit dengan aneka jenis pepohonan rindang.

Dengan suasana teduh dan lintasan jogging yang terawat, sangat menyenangkan berlari pagi atau sore di sini. Sebaiknya jangan jogging terlalu sore karena di malam hari taman ini sangat gelap. 

  • Lokasi: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Surabaya

  • HTM: gratis

8. Alun-Alun Surabaya

Sumber: instagram.com/nmtm0510


Nah, ini adalah tempat jogging Surabaya yang paling ramai walaupun baru diresmikan tanggal 17 Agustus 2020 lalu. Desain tamannya kekinian, dengan latar gedung peninggalan zaman kolonial.

Anda bisa mencoba jogging di pagi dan sore hari. Lalu kalau masih ada waktu, silakan mengunjungi ruang bawah tanahnya yang memiliki galeri seni atau ke arena bermain skateboard.

  • Lokasi: Alun-Alun Surabaya Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin

  • HTM: gratis

Nah, dari sepuluh pilihan tempat jogging Surabaya di atas, mana yang Anda pilih? Dimanapun itu, pasti akan membawa pengalaman baru bagi Anda selama di Kota Pahlawan. Selamat berolahraga!