WISATA | 01 APR 2024

7 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Seru

Ngabuburit menjadi salah satu aktivitas favorit yang banyak dilakukan oleh masyarakat di bulan Ramadhan. Momen ketika menunggu saat berbuka ini menjadi lebih seru jika dilakukan di tempat-tempat yang unik sambil melakukan berbagai macam aktivitas. Buat Anda yang sedang mencari tempat ngabuburit di Surabaya, ada banyak rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi lho! 

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Surabaya

  1. Surabaya North Quay

Sumber: instagram.com/lianaarahmah

Anda ingin mengisi momen ngabuburit sambil menikmati pemandangan laut senja yang indah? Surabaya North Quay bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pulau Madura yang terlihat dari kejauhan. Salah satu fasilitas di Surabaya North Quay adalah food court dengan pilihan menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati saat waktu berbuka puasa tiba.

  1. Masjid Nasional Al-Akbar

Sumber: instagram.com/vinnasword

Di bulan Ramadhan, Masjid Nasional Al-Akbar selalu penuh sesak oleh pengunjung. Warga Surabaya banyak menghabiskan waktu menjelang berbuka di sekitar kawasan masjid, baik itu untuk beribadah, berburu takjil, hingga berfoto dengan latar belakang arsitektur masjid yang megah. Selama bulan puasa, Anda bisa menemukan beragam jenis takjil, perlengkapan beribadah, hingga souvenir yang dijajakan di sepanjang jalan.

  1. Kawasan Masjid Sunan Ampel

Sumber: instagram.com/masjidinfo.id

Kawasan Sunan Ampel merupakan destinasi wisata religi populer yang ada di Surabaya. Terlebih di bulan Ramadhan, tempat ini menjadi semakin ramai dikunjungi umat muslim yang ingin mengisi waktu menjelang berbuka puasa.

Masjid Sunan Ampel termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia yang sudah dibangun pada tahun 1421. Selain untuk beribadah, kawasan Masjid Sunan Ampel dipenuhi oleh penjual takjil. Tidak hanya itu, banyak juga penjual souvenir hingga peralatan ibadah yang bisa ditemukan. 

  1. Taman Bungkul

Sumber: instagram.com/airwavesofficial

Rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya adalah Taman Bungkul. Taman yang berlokasi di tengah kota ini sangat cocok dijadikan pilihan tempat untuk berkumpul bersama keluarga atau sahabat untuk menunggu saat berbuka. Terdapat banyak fasilitas yang bisa menunjang aktivitas yang ingin dilakukan, misalnya seperti kursi-kursi yang tersebar di seluruh taman, area jogging, dan WiFi gratis.

Anda bisa bersantai di taman ini sambil menikmati keindahan senja di Kota Pahlawan. Tentunya Anda juga bisa berburu takjil di Taman Bungkul, karena di bulan Ramadhan ada banyak penjual yang memenuhi tempat ini untuk menawarkan makanan lezat untuk Anda berbuka puasa.

  1. Pantai Kenjeran

Sumber: instagram.com/deni_setiawan_39

Pemandangan matahari terbenam dari pesisir pantai tidak akan pernah bikin bosan. Di Pantai Kenjeran, Anda dapat menikmati pemandangan yang satu ini. Keberadaan Jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan Madura semakin menambah estetika kawasan ini. Selain menyaksikan sunset yang cantik, sederet pilihan menu takjil pun siap untuk memanjakan perut Anda saat berbuka. Selain itu, Anda juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah, kemudian menyantapnya di salah satu gazebo yang ada di tepi pantai.

  1. Wisata Perahu Kalimas

Sumber: instagram.com/_epita.10

Satu lagi tempat ngabuburit yang bisa Anda tuju untuk menikmati momen jelang berbuka. Di Wisata Perahu Kalimas, Anda akan diajak menyusuri Sungai Kalimas di atas perahu sambil menyaksikan jalanan kota Surabaya yang sibuk. Ditambah dengan cantiknya suasana senja, momen ini sangat layak diabadikan dalam foto yang estetik.

  1. Alun-Alun Surabaya

Sumber: instagram.com/nmtm510

Terakhir ada Alun-Alun Surabaya, tempat untuk bersantai selepas beraktivitas untuk ngabuburit di sore hari. Anda bisa berburu takjil di food court yang ada di dalam kompleks alun-alun. Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.