WISATA | 08 MAR 2024

5 Tempat Wisata Alam di Surabaya untuk Melepas Penat

Di sela-sela aktivitas yang padat dan kesibukan yang seolah tiada habisnya, sesekali Anda perlu melepas penat dan mencari ketenangan di alam. Untungnya, tidak sulit menemukan tempat wisata alam di Surabaya untuk Anda menyegarkan pikiran. Deretan tempat wisata berikut ini punya pemandangan indah dan menawan, siap untuk memanjakan mata Anda!

Rekomendasi Wisata Alam di Surabaya

  1. Surabaya North Quay

Sumber: instagram.com/aslisuroboyo

Ingin bersantai di sore hari sambil menyaksikan matahari tenggelam di lautan? Pemandangan estetik ini bisa Anda dapatkan di Surabaya North Quay (SNQ). Destinasi wisata yang berada di dalam kompleks pelabuhan ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan tenang, jauh dari kebisingan kota. Anda bisa berjalan di sepanjang dermaga sambil menikmati angin bertiup sepoi-sepoi dan melihat panorama laut nan indah. Karena suasana yang masih alami dan cantik, Surabaya North Quay juga sering dikunjungi mereka yang suka hunting foto.

  • Alamat: Pelabuhan Tanjung Perak, Jalan Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan, Kota Surabaya.

  • Jam buka: Selasa-Kamis, 12.00-19.00 WIB.


  1. Hutan Bambu Keputih

Sumber: instagram.com/aranobu_anime

Tidak jauh dari pusat kota Surabaya, ada Hutan Bambu Keputih yang memberikan keteduhan dari cuaca Surabaya yang panas. Seperti namanya, kawasan ini dipenuhi oleh tanaman bambu yang tumbuh subur dan menciptakan suasana yang asri. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri area hutan kota yang cukup luas ini. Tidak hanya itu, Hutan Bambu Keputih juga punya sejumlah spot foto favorit para pengunjung yang ingin menghasilkan foto instagramable.

  • Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam.


  1. Hutan Kota Pakal

Sumber: instagram.com/fifinmaidarina

Berikutnya ada Hutan Kota Pakal, destinasi wisata alam di Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Di sini Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang masih asri, berbeda dengan pusat kota Surabaya yang dipenuhi gedung-gedung tinggi.

Hutan Kota Pakal berada di area seluas 6 hektar, menjadi tempat tumbuhnya lebih dari 60 jenis tanaman. Tidak heran, hutan ini juga berfungsi sebagai penyaring udara dan pemasok oksigen untuk kota Surabaya. Selain pepohonan, di kawasan hutan ini juga ada beberapa tambak ikan dan kebun untuk urban farming. Nuansa hijau dan menyejukkan di hutan kota ini akan seketika menyegarkan pikiran Anda yang lelah akibat aktivitas yang padat.

  • Alamat: Sidorejo, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari, 06.00-17.00 WIB.


  1. Taman Flora Bratang

Sumber: instagram.com/valensiaamelia

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi wisata alam yang ada di pinggiran kota, Taman Flora atau Kebun Bibit bisa jadi pilihan yang tepat. Taman botani yang satu ini lokasinya berada di tengah kota, tepat di pinggir jalan raya. Meskipun demikian, suasananya tetap asri dan tanaman yang ada di sini tumbuh subur kok! 

Di Taman Flora Anda bisa melihat berbagai macam tanaman bunga langka dan eksotis yang jarang ditemukan di tempat lain. Selain itu ada juga sejumlah satwa seperti burung dan rusa yang dirawat di sini dan bisa berinteraksi dengan pengunjung.

  • Alamat: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam.


  1. Taman Prestasi

Sumber: instagram.com/yudi_trist

Satu lagi wisata alam yang ada di pusat kota Surabaya, yakni Taman Prestasi. Taman kota yang luas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam ikan, taman bermain, hingga wisata perahu melintasi Sungai Kalimas. Taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama di akhir pekan.

  • Alamat: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya.

  • Jam buka: Setiap hari, 06.00-21.00 WIB.

Itu dia berbagai rekomendasi wisata alam di Surabaya yang bisa Anda kunjungi. Mendatangi tempat-tempat dengan nuansa alam akan membuat Anda merasakan kedamaian dan ketenangan di tengah kota yang sibuk, sekaligus membantu melepaskan stres dan penat.